Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi

Authors

Viona Sepahira , Eka Rahmawati , Fawaz Taqi Nasrulloh , Iis Lisnawati

DOI:

10.29303/kopula.v7i2.6806

Published:

2025-05-24

Issue:

Vol. 7 No. 2 (2025): Oktober

Keywords:

efikasi diri, minat akademik, mahasiswa, survei

Articles

Downloads

How to Cite

Viona Sepahira, Eka Rahmawati, Fawaz Taqi Nasrulloh, & Iis Lisnawati. (2025). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(2), 7–18. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i2.6806

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran efikasi diri sebagai faktor utama  yang  memengaruhi minat akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Efikasi diri  adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuannya untuk dapat mengorganisasikan dan melakukan tindakan yang diperlukan guna mewujudkan tujuan tertentu. Minat akademik merupakan suatu kecenderungan yang ada dalam diri individu.  Penelitian ini menggunakan metode survei, dimana data dikumpulkan melalui distribusi angket kepada mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa efikasi diri mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia tingkat tinggi dan minat akademiknya pun berada pada kategori yang sama. Dari hasil ini menunjukkan bahwa efikasi diri sangat berpengaruh terhadap minat akademik mahasiswa.   Kata kunci: efikasi diri, minat akademik, mahasiswa, survei.

References

Aje, A. U., Suryani, L., & Tute, K. J. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Pendidiokan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Tahun Akademik 2018/2019 Universitas Flores Ende, NTT. JIM UPB Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 1–6. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jim

Amir, H. (2020). Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri dan Manajemen Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Unversitas Bengkulu. Manajer Pendidikan, 10(4), 336–342.

Azkiyah, Z., Kartiko, A., & Mitra Zuana, M. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Dan Promosi Terhadap Minat Siswa Baru Di Madrasah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 290–303. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.538

Fatimah, S., Manuardi, A. R., & Meilani, R. (2021). Tingkat Efikasi Diri Performa Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Perspektif Dimensi Bandura. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 4(1), 25. https://doi.org/10.24235/prophetic.v4i1.8753

Mahmudi, M. H., & Suroso, S. (2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 183–194. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.382

Mawaddah, H. (2021). Analisis Efikasi Diri pada Mahasiswa Psikologi Unimal. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(2), 19. https://doi.org/10.29103/jpt.v2i2.3633

Musyarrofah, L. A. (2022). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Minat Belajar Peserta Didik Bina Insan Cendekia ( Bic ) Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. 1–123.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.

Rosali, E. S., Darmawan, D., & Ningsih, M. P. (2021). Kajian Efikasi Diri Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19. Journal of Geography Education Universitas Siliwangi (GEODUCATION), 2(2), 1–8.

Salim, F., & Fakhrurrozi, M. (2020). Academic Self-Efficacy and Resilience on Undergraduate Students. Jurnal Psikologi, 16 No 2, 175–187. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/view/9718/pdf

Saraswati, A., & Ratnaningsih, I. Z. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas Xi Smk N 11 Semarang. Jurnal EMPATI, 5(3), 430–434. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15364

Simbolon, N. (2013). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19.

Utami, W. D., Rahma, S. B., & Anggraini, I. A. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23–28. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index%0ATerampil:

Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 386–391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667

Author Biographies

Viona Sepahira, Universitas Siliwangi

Eka Rahmawati, Universitas Siliwangi

License

Copyright (c) 2025 Viona Sepahira, Eka Rahmawati, Fawaz Taqi Nasrulloh, Iis Lisnawati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).