Korelasi antara Self-Awareness dengan Prestasi Belajar Remaja Usia 14-15 Tahun

Authors

Fatmasari Fatmasari , Anas Ahmadi

DOI:

10.29303/kopula.v6i2.5257

Published:

2024-10-06

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Oktober

Keywords:

self-awareness, prestasi belajar, remaja usia 14–15

Articles

Downloads

How to Cite

Fatmasari, F., & Ahmadi, A. (2024). Korelasi antara Self-Awareness dengan Prestasi Belajar Remaja Usia 14-15 Tahun. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 6(2), 203–215. https://doi.org/10.29303/kopula.v6i2.5257

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan antara self-awareness dengan prestasi belajar remaja usia 14–15 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan angket, observasi, dan tes tertulis. Angket digunakan untuk mengumpulkan data  kondisi self-awareness. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas belajar. Sementara itu, tes tertulis digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar. Subjek dalam penelitian adalah 30 peserta didik kelas IX-D SMPN 12 Surabaya. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa self-awareness, dengan kelima aspeknya, berkorelasi secara signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas IX-D SMP Negeri 12 Surabaya pada materi paragraf teks deskripsi secara holistik: (1) aspek menyadari emosi diri dan memahami kelebihan serta kekurangan diri berpengaruh terhadap prestasi belajar pada aspek kognitif; (2) aspek kemampuan reflektif dan pembentukan identitas diri yang terbuka berpengaruh terhadap prestasi belajar pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik; serta (3) aspek kepercayaan diri berpengaruh terhadap prestasi belajar pada aspek afektif dan psikomotorik. Kata kunci: self-awareness, prestasi belajar, remaja usia 14–15

References

Achdiyat, M., & Warhamni, S. (2018). Sikap Cara Belajar dan Prestasi Belajar. FAKTOR: Jurnali Ilmiah Kependidikan, 5(1), 49–58. https://core.ac.uk/download/pdf/236193871.pdf

Afiani, N. (2016). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(2), 1–13. https://core.ac.uk/download/pdf/236197698.pdf

Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra. Graniti.

Ahmadi, A. (2019). Reader’s Response and Learning Writing Psychological Perspective. Journal of Art & Humanities, 8(7), 11–15. http://dx.doi.org/10.18533/journal.v8i9.1710

Alfath, A.M. (2015). Pengaruh Motivasi, Lingkungan dan Disiplin terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 19 Banda Aceh. Jurnal Visipena, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.46244/visipena.v6i1.344

Alviansyah, S., dkk. (2022). Pengaruh Kesadaran Diri terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal PAI Raden Fatah, 4(3), 227–238. https://doi.org/10.19109/pairf.v4i3.7789

Amrozi, S.R. (2019). Pemikiran Daniel Goleman dalam Bingkai Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Al’Adalah, 22(2), 105–116. https://doi.org/10.35719/aladalah.v22i2.15

Andriani, A. (2014). Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) Dalam Peningkatan Prestasi Belajar. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 86–99. https://ejournal.staimta.ac.id/index.php/edukasi/article/view/58

Ariananda, E.S., dkk. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Siswa di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233–238. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3805

Astuti, J.P., dkk. (2019). Hubungan Kesadaran Diri dengan Flow Akademik pada Siswa di Daerah Lahan Gambut. Jurnal Kognisia, 2(2), 68–74. https://doi.org/10.20527/jk.v2i2.1659

Batubara, J.R.L. (2010). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Seri Pediatri, 12(1), 21–29. https://www.saripediatri.org/index.php/sari-pediatri/article/viewFile/540/476

Chairunnisa, C. (2022). Hubungan Kesadaran Diri dengan Kedisiplinan pada Remaja di Panti Asuhan Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17362

Dewi, L.S., dkk. (2020). Korelasi ntara Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 429–435. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29965

Effendi, M.F., dkk. (2019). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kesadaran Diri pada Siswa SMPN 8 Banjarmasin. Jurnal Kognisia, 2(1), 61–65. https://doi.org/10.20527/jk.v2i1.1609

Fatmawaty, R. (2017). Memahami Psikologi Remaja. REFORMA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.30736/rfma.v6i2.33

Fauziah, F. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester Ii Bimbingan Konseling Uin Ar-Raniry. Jurnal Edukasi (Media Kajian Bimbingan Konseling), 1(1), 90–98. http://dx.doi.org/10.22373/je.v1i1.320

Goleman, D. (2001). Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terjemahan. Gramedia Pustaka Utama..

Goleman, D. (2007). Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Terjemahan. Gramedia Pustaka Umum

Halawa, F.A., & Fensi, F. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar dan Dampaknya terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 4(2), 98–111. http://dx.doi.org/10.30813/jpk.v4i2.2327

Hamzah, S.W. (2012). Aspek Pengembangan Peserta Didik (Kognitif, Afektif, Psikomotorik). Jurnal Dinamika Ilmu, 12(1). https://doi.org/10.21093/di.v12i1.56

Handayani, D., & Septhiani, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1352–1358. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.585

Hartika, N., & Mariana, F. (2019). Pengaruh Keaktifan Belajar & Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. PROGRESS: Jurnal Pendidikan, Akuntansi, dan Keuangan, 2(1), 57–71. https://doi.org/10.47080/progress.v2i1.490

Hidayatullaily, S., dkk. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar terhadap Disposisi Matematis pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (Ji-MR), 4(1), 112–119. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2831

Husnaini, M., dkk. (2024). Pembelajaran Sosial Emosional: Tinjauan Filsafat Humanisme terhadap Kebahagiaan dalam Pembelajaran. Journal of Education Research, 5(2), 1026–1036. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.887

Isroani, F., dkk. (2023). Psikologi Perkembangan. Mitra Cendekia Media.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A.M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Maitrianti, C. (2021). Hubungan antara Kecerdasan Intrapersonal dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291–305. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.8709

Nasution, N., dkk. (2023). Pengembangan Karakter Komunikatif dan Disiplin melalui Metode Culturally Responsive Teaching dengan Pembelajaran Sosial Emosional pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X-2 SMAN 1 Kalitidu. Journal on Education, 6(1), 2408–2420. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3262

Nisa, A.R., dkk. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan pada Aspek Kesadaran Diri Anak. Jurnal AUDHI, 4(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.696

Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Putri, M.T., & Ferry, D. (2024). Analisis Hubungan antara Self-Awareness dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(1), 54–66. https://mail.online-journal.unja.ac.id/biodik/article/download/31937/17768

Pratiwi, I.T., & Meilani, R.I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173–181. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Ranti, M.G., dkk. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–83. https://core.ac.uk/download/pdf/295416403.pdf

Riduwan, R., & Sunarto, S. (2011). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Alfabeta.

Rosita, O. (2018). Pengaruh Sikap Percaya Diri, Kecerdasan Emosional, dan Kedisiplinan

Belajar terhadap Prestasi Belajar IPA. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 41–46. https://core.ac.uk/download/pdf/230384378.pdf

Serpara, H., dkk. (2023). Pembelajaran Sosial Emosional SD Negeri 3 Seram Bagian Barat. German für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(2), 101–106. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.2.101-106

Setiawati, S., dkk. (2020). Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Kota Solok. PSYCHE 165 Journal, 13(1), 10–17. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i1.12

Sihotang, N., dkk. (2013). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Pencapaian Tugas Perkembangan Remaja Awal dalam Aspek Kemandirian Emosional (Studi Eksperimen di SMP Frater Padang). Jurnal Konselor, 2(4), 179–185. https://doi.org/10.24036/02013242898-0-00

Sulistyowati, D.W., dkk. (2021). Prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dipengaruhi kecerdasan emosional dan motivasi belajar (Studi di SMP Negeri Jakarta Barat). Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 116–129. https://doi.org/10.30998/herodotus.v4i2.8893

Suryabrata, S. (2014). Psikologi Pendidikan. CV Rajawali Pres.

Suryana, E., dkk. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah dan Implikasinya terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 1917–1928. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. MNC Publishing.

Yuzarion, Y., dkk. (2024). The Contribution of Self-Regulated Learning, Self-Awareness, and Spiritual Intelligence to Academic Achievement. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 29(1), 91–106. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol29.iss1.art6

Author Biographies

Fatmasari Fatmasari, a:1:{s:5:"en_US";s:27:"Universitas Negeri Surabaya";}

Anas Ahmadi, Universitas Negeri Surabaya

License

Copyright (c) 2024 Fatmasari Fatmasari, Anas Ahmadi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).