Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Proses Berdasarkan Gaya Belajar pada Materi Teks Karya Fiksi Tingkat SMP

Authors

Fitri Nurlaela , Anas Ahmadi

DOI:

10.29303/kopula.v6i2.5439

Published:

2024-10-07

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Oktober

Keywords:

Gaya Belajar, Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi Proses, Teks Karya Fiksi.

Articles

Downloads

How to Cite

Nurlaela, F., & Ahmadi, A. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Proses Berdasarkan Gaya Belajar pada Materi Teks Karya Fiksi Tingkat SMP. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 6(2), 226–238. https://doi.org/10.29303/kopula.v6i2.5439

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi proses berdasarkan gaya belajar peserta didik pada materi teks karya fiksi di kelas VIII-D SMP Negeri 36 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini peserta didik kelas VIII-D SMP Negeri 36 Surabaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar pengamatan sebagai pengumpulan datanya, lembar kerja selama proses pembelajaran, dan bukti dokumentasi berupa foto kegiatan pembelajaran. Sumber data penelitian ini pendidik selaku peneliti. Instrumen penelitian ini berupa lembar kerja hasil belajar, lembar observasi, dan bukti dokumentasi selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil implementasi pembelajaran berdiferensiasi proses berdasarkan gaya belajar, nilai peserta didik selama proses pembelajaran memiliki kenaikan yang cukup signifikan. Nilai rata-rata yang diperoleh sebelum pelaksanaan implementasi berkisar 75-80. Namun, setelah pelaksanaan impementasi nilai rata-rata peserta didik menjadi 90-95. Peserta didik kelas VIII-D memiliki gaya belajar yang beragam seperti visual, auditori, dan kinestetik. Kata kunci: Gaya Belajar, Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi Proses, Teks Karya Fiksi. Abstract This study aims to describe the implementation of differentiated learning process based on students' learning styles on fictional text material in class VIII-D of SMP Negeri 36 Surabaya. This research method uses a qualitative descriptive research type. The object of this research is students of class VIII-D of SMP Negeri 36 Surabaya. The data collection technique in this study uses observation sheets as data collection, worksheets during the learning process, and documentary evidence in the form of photos of learning activities. The data source for this study is the educator as the researcher. The research instruments are in the form of learning outcome worksheets, observation sheets, and documentary evidence during the learning process. Based on the results of the implementation of differentiated learning process based on learning styles, students' scores during the learning process have increased quite significantly. The average score obtained before the implementation ranged from 75-80. However, after the implementation, the average score of students became 90-95. Students in class VIII-D have various learning styles such as visual, auditory, and kinesthetic. Keywords: Learning Style, Implementation, Differentiated Learning Process, Fiction Text.

References

hmadi, A. 2019. Metode Penelitian Sastra. Gresik:Graniti.

Ambarita, J., & Simanullang, P.S. 2023. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Jawa Barat: Penerbit Adab

Ambarita, J., & Simanullang, P. S. 2023. Pengantar Pembelajaran Berdiferensiasi. Jawa Barat: Penerbit Adab

Asnawi, dkk. 2023. Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar dan Tes Diagnostik: Membangun Pembelajaran Berdiferensiasi yang Efektif dan Inklusif. Yogyakarta: Deepublish Digital

Damayanti, E., Ahmadi, A. 2022. Pemberontakan Budaya Patriaki dalam Novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo: Kajian Antropologi Feminisme Henrietta L. Moore. Bapala. Volume 9(2), 84-97. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/45301/38408

Damayanti, dkk. (2023). “Kajian Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Oleh Guru Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Di UPT SMP Negeri 14 Gresik”. Jurnal UNESA. Volume 3(3), 118-129. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55512/45118

Emiliani, dkk. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Pendekatan TaRL. Global Journal Teaching Profesional. Volume 2(4), 2830-0866. https://doi.org/10.35458/jtp.v2i4.935

Hasamah, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press

Hasanah, U., dkk. (2024). “Implementasi Pendekatan dengan Model Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Buku Fiksi Pelajaran Bahasa Indonesia”.Jurnal Kiprah Pendidikan. Volume 3(1), 12-18. https://kpd.ejournal.unri.ac.id/index.php/kpd/article/view/215/107

Fauzia, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio. Volume 9(3), 1608-1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323

Febriana, R. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta Timur:Bumi Aksara

Juwita, & Abid, S. 2021. Teori Sastra. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing

Kusuma, O. D., & Luthfah, S. 2020. Program Pendidikan Guru Penggerak Indonesia Maju-Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Bediferensiasi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Labudasari, E. 2023. Kurikulum Merdeka Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Indonesia Emas Grup.

Lestari Gusfitri, Maya., Delfia, Elly. 2021. Bahasa Indonesia. Jakarta Selatan: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Masitoh, S. 2023. Meningkatnya Hasil Belajar Siswa dengan Strategi Komplementer melalui Motivasi Belajar. Jawa Barat: CV Mega Press Nusantara.

Maulani, G., dkk. 2023. Evaluasi Pembelajaran. Banten: Sada Kurnia Pustaka.

Marlina. 2020. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusi. Padang: Afifa Utama.

Moningka, C. 2022. Buku Ajar Mata Kuliah Inti Pembelajaran Sosial Emosional. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Nuridayanti. 2022. Mengembangkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Pendekatan Problem Posing. Jawa Tengah: Penerbit NEM

Nurgiyantoro, B. 2018. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Perdana, I. & Misnawati. 2021. Evaluasi Pembelajaran. Guepedia.

Priyatna, A. 2013. Pahami Gaya Belajar Anak!: Memaksimalkan Potensi Anak dengan Modifikasi Gaya Belajar

Putri, S. A. A., & Purwosaputro, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 8 Semarang. Volume 5(1), 2024. https://doi.org/10.55757/cejou.v5i1.419

Rahman, B. (2014). Refleksi Diri dan Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Paedagogia. Volume 17(1), 1026-4109. https://jurnal.uns.ac.id/paedagogia/article/download/36026/23217

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Shihab, S., & Komunita Guru Indonesia. 2021. Diferensiasi: Memahami Pelajar untuk Belajar Bermakna & Menyenangkan. Tangerang Selatan: Penerbit Literati.

Sesmiarni, Z., & Asi, R. S. 2023. Perencanaan Pembelajaran: Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media

Setiawan, B. 2024. Asesmen Psikologis. Jawa Tengah: PT Pena Persada Kerta Utama.

Setiawan, M. A. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Sigalingging, R. 2023. Pembelajaran Berdiferensiasi pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Bandung:Tata Akbar.

Suprayogi, M. N., & Ianah, A. 2022. Buku Ajar Mata Kuliah Pilihan Pembelajaran Berdiferensiasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI). Volume 1(2), 80-94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Swandewi, N. P. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Teks Fabel pada Siswa Kelas VII-H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan DEIKSIS. Volume 3(1), 2798-3730. https://doi.org/10.59789/deiksis.v3i1.54

Tom Linson, CA., (2001). How to Differentiate instruction in mixed-ability classrooms 2nd Ed

Wahyumiani, N. 2023. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: CV Bintang Semesta Media

Wawuru, Y, dkk. 2024. Komunikasi dan Seni Sastra. Bali: Penerbit Intelektual Manifes Media.

Wicaksono, A.2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Wulan, W., dkk. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Menggunakan Media Wordwall pada Pelajaran Biologi Kelas X. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. Volume 5(3), 633-643. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.929

Yuliana, A., dkk. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Aspek Proses dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN Pedurungan Kidul 01. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Volume 8(1), 2548-6950. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7362

Yuono, A. T. V. P., dkk. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II di SDN Klampok 1. Jurnal Pendidikan SEROJA. Volume 2(5), 282-288. https://doi.org/10.572349/seroja.v2i5.1305

Author Biographies

Fitri Nurlaela, Array

Anas Ahmadi, Universitas Negeri Surabaya

License

Copyright (c) 2024 Fitri Nurlaela, Anas Ahmadi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.