Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP

Authors

Nur Farida Maulidya , Dwi Ernawati , Titik Indarti

DOI:

10.29303/kopula.v6i2.5243

Published:

2024-10-06

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Oktober

Keywords:

Kata kunci: pendekatan kontekstual, keterampilan menulis, teks eksposisi, bahasa Indonesia.

Articles

Downloads

How to Cite

Maulidya, N. F., Ernawati , D., & Indarti , T. (2024). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 6(2), 187–202. https://doi.org/10.29303/kopula.v6i2.5243

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII-A di SMPN 51 Surabaya dengan rata-rata 74,3. Salah satu faktor penyebab adanya masalah tersebut adalah kurangnya pengetahuan atau informasi yang didapatkan siswa untuk mengembangkan ide dalam menulis dan menyunsun teks eksposisi. Alternatif yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut, yakni melalui konsep pendekatan kontekstual dalam pembelajaran dapat memahami materi dengan konteks dunia nyata atau kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi berdasrakan struktur dan kaidah kebahasaan teks melalui pendekatan kontekstual dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Indikator keberasilan tindakan adalah nilai persiswa di atas KKM (75), yakni minimal 76.  Subjek penelitian adalah tiga puluh siswa kelas VIII-A SMPN 51 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan nilai hasil tes menulis teks eksposisi. Teknik analisis menggunakan metode analisis deskriptif. Siklus PTK dilaksanakan dua kali. Hasil penelitian berupa peningkatan kemampuan keterampilan menulis yang terdapat dari hasil perolehan nilai tes pada siklus I dengan rata-rata 81,73, sedangkan pada siklus II dengan rata-rata 89,43. Hal ini menunjukan bahwa menerapkan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa. Kata kunci: pendekatan kontekstual, keterampilan menulis, teks eksposisi, bahasa Indonesia.      Abstract This research was motivated by the low level of ability to write exposition text of class VIII-A students at SMPN 51 Surabaya with an average of 74.3. One of the factors causing this problem is the lack of knowledge or information obtained by students to develop ideas in writing and composing exposition texts. Alternatives that can be done to solve these problems, namely through the concept of a contextual approach to learning, can understand the material in the context of the real world or students' daily lives. The purpose of this study is to improve the ability to write an exposition text based on the structure and rules of the text language through a contextual approach to Indonesian language learning. This research uses classroom action research. The indicator for the success of the action is the exact score above the KKM (75), which is at least 76. The research subjects were thirty students of class VIII-A of SMPN 51 Surabaya. The data was collected by means of observation and the test results in writing the exposition text. The analysis technique uses a descriptive analysis method. The PTK cycle is carried out twice. The result of the research is an increase in the ability of writing skills, which is from the results of the acquisition of  test scores in the first cycle with an average of 81.73, while in the second cycle with an average of 89.43. This shows that applying a contextual approach can improve students' ability to write exposition text. Keywords: contextual approach, writing skills, exposition text, Indonesian.

References

Afriani, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Cerpen Pada Siswa Kelas VII-C Melalui Model Pembelajaran Number Head Together dan Talking Stick serta Media Film Pendek di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2014/2015. 121–132.

Ahmadi, A. (2019). Metode penelitian sastra. Penerbit Graniti.

Barasmara Dewa. (2016). Keefektifan Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMPN 8 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma.

BSNP. (2007). Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh / Model Silabus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dewa, B. (2016). Keefektifan Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMPN 8 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016. Universitas Sanata Dharma.

Djajadi, Muhammad. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Kemmis, Stephen. McTaggart, Robin. (1988). The Action Research Planner. Deakin University.

Kristyanawati, Martanti Dwi, Sarwiji Suwandi, dan Muhammad Rohmadi. (2019). “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 9(2):192–202. doi: 10.24246/j.js.2019.v9.i2.p192-202.

Laksono, Kisyani dan Tatag YES. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Karya.

Muslich, Masnur. (2007). KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Naimah, N. (2019). Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa kelas VII. Universitas Negeri Semarang.

Nurjannah. (2017). “Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Sdn 1 Lalebbata Kelas vb Kecamatan Wara Kota Palopo.” Prosiding Seminar Nasional 03:299–306.

Susanti, Bekti. (2011). Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Siswa Kelas XI IPS SMA Sang Timur Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma.

Sauhenda, A. F. (2014). Penerapan Pendekatan Konektual dalam Meningkatkan Kemampuan Menuis Teks Berita Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(2), 40–51. https://doi.org/10.35724/mujolali.v

Susanti, E. (2016). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Memproduksi Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Skripsi, May, 31–48.

Triya, O. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Model Investigasi Kelompok Dengan Media Berita Dalam Surat Kabar Pada Siswa Kelas X-4 TKJ NU Ungaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015.

Wardarita, Ratu. (2010). Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Pendekatan Pembelajaran konstektual dan penalaran verbal. Yogyakarta: Pararaton

Muttaqin, S., Heryana, N., & Syambasril. (1981). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Pendekatan Saintifik dengan Metode Inkuri di MAN 2 Filail Pontianak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Supariyah. (2010). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Gunungjaya Tahun Pelajaran 2009/2010. In Laporan Penelitian tindakan Kelas (Vol. 9, Issue 1).

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Subana dan Sunarti. (2011). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia: Berbagai Pendekatan, Metode, Teknik dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Set

Author Biographies

Nur Farida Maulidya, a:1:{s:5:"en_US";s:27:"Universitas Negeri Surabaya";}

Dwi Ernawati , SMP Negeri 51 Surabaya

Titik Indarti , Universitas Negeri Surabaya

License

Copyright (c) 2024 Nur Farida Maulidya, Dwi Ernawati , Titik Indarti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.