Pengaruh Gaya Belajar Visual Terhadap Kemampuan Analisis Materi Pembagian Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kandangan Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

Muhammad Abdullah Mahir Mallawi , Dwi Ulfa Nurdahlia

DOI:

10.29303/kopula.v6i1.3633

Published:

2024-03-26

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2024): Maret

Keywords:

Gaya Belajar Visual, Kemampuan Analisis, Pembagian

Articles

Downloads

How to Cite

Mahir Mallawi, M. A., & Nurdahlia, D. U. . (2024). Pengaruh Gaya Belajar Visual Terhadap Kemampuan Analisis Materi Pembagian Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kandangan Tahun Pelajaran 2023/2024. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 6(1), 70–78. https://doi.org/10.29303/kopula.v6i1.3633

Abstract

Gaya belajar visual merupakan gaya belajar cenderung melihat, mengamati, dan sejenisnya. Kekuatan gaya belajar ini terletak pada indera penglihatan. Bagi orang yang memiliki gaya ini, mata adalah alat yang paling peka untuk menangkap setiap gejala atau stimulus belajar. Gaya belajar visual dimiliki oleh 15 peserta didik dari 20 peserta didik  (75% peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kandangan). Hal ini juga berdampak terhadap kemampuan analisis peserta didik dalam materi pembagian. Dari 75% peserta didik yang memiliki gaya belajar visual peserta didik yang memiliki kemampuan analisis sangat tinggi ada 53% (8 pesesrta didik), tinggi 33% (5 peserta didik), dan rendah ada 13% (2 peserta didik). Oleh karena itu peserta didik yang memiliki gaya belajar visual madrasah menerapkan pembelajaran yang sesuai agar kemampuan analisis yang dimiliki peserta didik semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh gaya belajar visual terhadap kemampuan analisis materi pembagian kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan pengisian kuisioner, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liniear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya belajar visual tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan analisis materi pembagian peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah.

References

Farida, Ida. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Kemampuan Analisis Fungsi Trigonometri. Bekasi: Mikro Media Teknologi, 2022.

Fitri Rahmawati, dkk. Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press, 2017.

Gasong, Dina. Belajar dan Pembelajaran. Sleman: CV Budi Utama, 2018.

Hariyanto dan Suyono. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Hasanah, Risa Zakiatul. Gaya Belajar. Malang : Literasi Nusantara, 2021.

Winarti. “Kemampuan Berpikir Analisis dan Evaluasi dalam Mengerjakan Soal”. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran. Vol. 2 Nomor 1 Tahun 2017.

Wulandari, Andhita Desy. Aplikasi Statistika Parametrik dalam Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Feelicha, 2016.

Yusuf, Muri. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Zurnianti, Dwimei. Pengaruh Gaya Belajar Audio dan Visual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Kelas XI Peminatan MIPA MAN Barito Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan Tahun 2019.

Author Biographies

Muhammad Abdullah Mahir Mallawi, IAIN Ponorogo

Dwi Ulfa Nurdahlia, IAIN Ponorogo

License

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.