Pelatihan Strategi Sukses Lulus Program Profesi Guru (PPG) bagi Guru-Guru dan Calon Guru di Kabupaten Lombok Tengah

Authors

Syaiful Musaddat , Siti Rohana Hariana Intiana , Eka Junaidi , Murahim Murahim , Lalu Ali Wardana

Published:

2024-12-15

Issue:

Vol. 4 No. 2 (2024): Edisi Desember

Keywords:

Calon Guru, Guru, Program PPG, Strategi Sukses

Articles

Downloads

How to Cite

Musaddat, S., Intiana, S. R. H., Junaidi, E., Murahim, M., & Wardana, L. A. (2024). Pelatihan Strategi Sukses Lulus Program Profesi Guru (PPG) bagi Guru-Guru dan Calon Guru di Kabupaten Lombok Tengah . Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 4(2), 114–122. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/darmadiksani/article/view/5980

Abstract

Pengabdian yang berjudul “Pelatihan Strategi Sukses Lulus Program Profesi Guru (PPG) bagi Guru-guru dan Calon Guru di Kabupaten Lombok Tengah” ini dilatarbelakangi kenyataan bahwa masih tingginya angka ketidaklulusan peserta PPG dari NTB khususnya peserta dari Kabupaten Lombok Tengah. Tujuan khusus pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada peserta tentang strategi sukses PPG dan melatih peserta menerapkan strategi sukses PPG. Peserta pelatihan ini adalah guru-guru dan calon guru di Kabupaten Lombok Tengah. Penyampaian materi dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, pemodelan dan penugasan/latihan mengerjakan soal-soal PPG. Analisis hasil pelatihan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kesiapan guru-guru dan calon guru di Kabupaten Lombok Tengah dalam menghadapi PPG. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa keberhasilan kegiatan pengabdian ini mencapai 90%. Hal ini tergambar pada: (1) Indikator yang dilaksanakan oleh semua peserta 3 indikator (30%), yang dilaksanakan oleh sebagian besar peserta 6 indikator (60%), dan yang dilaksanakan oleh sebagian kecil peserta 1 indikator (10%); (2) Nilai rerata keberhasilan kegiatan adalah 75; dan (3) Indikator keberhasilan yang tercapai (T), yakni dilaksanakan oleh semua peserta dan atau sebagian besar peserta adalah 9 indikator (90%), sisanya 1 indikator (10%) tidak tercapai (TT), yakni dilaksanakan oleh sebagian kecil peserta. Di samping itu, hampir semua peserta memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan pengabdian ini. Hal ini terlihat dari antusiasme dan partisipasi aktif mereka mengikuti rangkaian kegiatan dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

Author Biographies

Syaiful Musaddat, {"en_US":"Universitas Mataram"}

Siti Rohana Hariana Intiana, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Eka Junaidi, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Murahim Murahim, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Lalu Ali Wardana, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.