Main Article Content

Erna Wahyu Setianingsih Erna
Rifatul Hanifah
Hasna Huwaidah
Laila Kholisa Azzahra
Ade Gunawan
Hendri Hermawan Adinugraha

Abstract

ABSTRAK
Di zaman sekarang remaja dituntut untuk bisa melakukan segala hal, baik itu sesuai kemampuan maupun tidak. Dengan belajar dan mempelajari suatu hal membuat semuanya dapat terselesaikan. Seperti mempelajari akuntansi yang dapat menambah pemahaman, pengetahuan, serta dapat memudahkan kita jika ingin bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan keuangan, seperti menjadi seorang yang bekerja di bank, menjadi kasir, pekerja yang bekerja di perusahaan yang berfokus terhadap akuntansi dan lain sebagainya. Pengenalan akuntansi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal remaja untuk mengenal lebih mendalam tentang akuntansi. Tujuan dari pelaksanaan ini adalah untuk memperkenalkan akuntansi kepada remaja di desa Bojong, serta mengubah mindset remaja tentang sulitnya akuntansi, serta memberikan pemahaman terkait akuntansi. Metode kegiatan ini menggunakaan pendekatan pendampingan dimana remaja yang ada di kos Deny Jaya di berikan pendampingan mengenai pemahaman tentang akuntansi serta di berikan soal-soal yang berkaitan dengan akuntansi dimana mereka di perkenalkan dan di ajari bagaimana cara menjurnal, mengidentifikasi dan lain sebagainya. Dari pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa 100% dari peserta, 75% peserta telah memahami pemaparan materi yang telah diberikan, dan 25% peserta cukup memahami dan 0% peserta tidak paham.
 
ABSTRACT
In today's era, teenagers are expected to be able to do everything, whether within their capabilities or not. By learning and studying various subjects, everything can be accomplished. For example, studying accounting can enhance understanding, knowledge, and facilitate our employment prospects in finance-related companies, such as working in a bank, becoming a cashier, or being employed in a company focused on accounting, and many others. This introduction to accounting community service program was intended to serve as an initial step for teenagers to delve deeper into the field. The purpose of this implementation was to introduce accounting to teenagers in Bojong village, while also changing their mindset about the perceived difficulty of accounting and providing them with a comprehensive understanding of the subject. This program adopts a mentoring approach, where local teenagers residing at Deny Jaya boarding house are provided with guidance on accounting principles and given related exercises. They were introduced to and taught how to journal, identify, and perform other related tasks. Based on the team’s evaluation, it can be concluded that 100% of the participants showed understanding, with 75% having grasped the presented material, while 25% demonstrated sufficient comprehension, and 0% having difficulty in understanding the materials.

Article Details

How to Cite
Erna, E. W. S., Hanifah, R., Huwaidah, H., Azzahra, L. K., Gunawan, A., & Adinugraha, H. H. (2022). Pendampingan Pengenalan Akuntansi pada Remaja di Desa Bojong. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 2(2), 126-132. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i2.1981