Main Article Content

Adinda Safira
M. Harish Maulidi
Ahmad Junaidi

Abstract

ABSTRAK
Kegiatan pengabdian masyarakat ini berbentuk Volunteering Project dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram di yayasan Subulussalam Al-Khairiyah NW desa Serage. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan mitra di mana sebagian besar anak-anak usia sekolah di desa Serage mengalami masalah kurangnya kemampuan berbahasa Inggris. Kegiatan ini menerapkan metode pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan dengan media yang menarik yang dilakukan tidak hanya di dalam kelas namun juga di alam atau luar kelas. Kegiatan ini menerapkan 3 tahapan yakni persiapan, kegiatan inti dan evaluasi program. Evaluasi program, selain observasi dan hasil unjuk kerja siswa, juga melibatkan guru di mana mereka diminta pendapatnya terkait hasil pelaksanaan program. Kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat baik dan antusiasme yang tinggi dari siswa dan guru (masyarakat). Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan perbendaharaan kata dan minat serta motivasi dari siswa-siswi . Tidak hanya itu, sekolah merasa terbantu dari sisi administrasi pelaksanaan pendidikan. Diharapkan kegiatan ini dapat terus dilanjutkan mengingat dampak-dampak positifnya terhadap masyarakat khususnya para siswa, guru, dan pihak sekolah/yayasan.
 
 
ABSTRACT
The Student Association of the English Education Study Program (HMPS) at the University of Mataram's Faculty of Teacher Training and Education recently carried out a community service in the form of Volunteering Project. The project was hosted at the Subulussalam Al-Khairiyah NW Foundation in Serage village. The goal was to address the language proficiency challenges faced by many school-age children in the Serage village. This community service employed an enjoyable English language learning approach, using engaging media both inside and outside the classroom settings. The project was organized into three phases: preparation, main activities, and evaluation. In addition to assessing students' performance, the evaluation included seeking input from teachers to gauge their perspectives on the program's outcomes. The project received a positive response and high enthusiasm from students, teachers, and parents. The outcomes revealed an enhancement in students' vocabulary, along with increased interest and motivation. Furthermore, the board of foundation found administrative support through this initiative. With these positive impacts in mind, it is anticipated that this community service effort will continue to benefit the community, especially students, teachers, and the foundation.

Article Details

How to Cite
Safira, A., Maulidi, M. H., & Junaidi, A. (2023). Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak-Anak Melalui Volunteering Project HMPS Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mataram di Yayasan Subulussalam Al-Khairiyah NW Desa Serage. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 3(2), 113-122. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v3i2.3728