Main Article Content

Lailatus Laila
Ustatik Ustatik
Abdulloh Husnan Habibi
Ahmad Taqiyuddin
Teguh Prasetyo
Wisnu Mahendri

Abstract

ABSTRAK Membaca Al-Qur’an adalah suatu pekerjaan yang mulia, bernilai ibadah dan siapa yang membacanya akan mendapat pahala kebaikan dari setiap hurufnya. Hal ini disandarkan pada sebuah hadis. Namun daripada itu terdapat sebuah aturan dalam tata cara membaca al-qur’an dengan baik dan benar dalam rangka memuliakan Al-Qur’an. Aturan yang dimaksud adalah ilmu tajwid. Fenomena yang sekarang terjadi di masyarakat adalah terdapat Sebagian orang yang membaca Al-Qur’an namun kurang dalam menerapkan kaidah tajwid. Hal ini didasari kurangnya pengetahuan tentang ilmu tajwid serta praktiknya dalam membaca Al-Qur’an. Sehingga tujuan dari program kemitraan masyarakat adalah untuk mengenalkan dan mengajarkan ilmu tajwid kepada masyarakat khususnya santri TPQ yang menjadi mitra. Untuk mencapai kegiatan yang direncanakan ini dilakukan melalui tahapan sebagai berikut : 1. koordinasi bersama mitra, 2, penyusunan materi, 3. Pelaksanaan kegiatan, 4. Pembelajaran dan praktek. Hasil yang didapat dari program kemitraan ini menghasilkan produk buku saku tajwid ringkas berisi materi dasar ilmu tajwid. Dengan desain yang sederhana para santri lebih mudah dalam mempelajari ilmu tajwid. Sehingga pemahaman santri mengenai ilmu tajwid dasar semakin meningkat.
 
ABSTRACT
Reading the Qur'an is a noble pursuit, seen as a form of worship, and those who engage in it stand to receive blessings for every letter they read. This belief is rooted in a hadith. However, a prevalent issue in society is that some individuals read the Qur'an without adhering to the principles of tajweed, a set of rules designed to honor the sacred text. This discrepancy often arises from a lack of knowledge about tajweed and its practical application in Qur'an recitation. Hence, the aim of this community partnership program was to acquaint and educate the community, particularly the students of Al-Quran Education Center who were studying about the science of tajweed (how to recite the Qur’an). To achieve this, our team followed a structured approach: 1. Coordinating with our partners, 2. Developing instructional materials, 3. Executing the learning activities, and 4. Facilitating learning and practical exercises. The outcomes that we achieved involve creating a concise tajweed pocketbook containing fundamental principles, designed in a straightforward manner to make it easier for students to grasp the intricacies of tajweed. This design ultimately enhances their understanding of the basic tenets.

Article Details

How to Cite
Laila, L., Ustatik, U., Habibi, A. H., Taqiyuddin, A., Prasetyo, T., & Mahendri, W. (2023). Pembelajaran dan Praktek Ilmu Tajwid untuk Santri TPQ di Desa Sumbersari Megaluh. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 3(2), 1-10. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v3i2.3402