Author Guidelines
Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerima artikel dengan ketentuan sebagai berikut.
- Artikel tidak pernah diterbitkan atau diterima untuk dipublikasikan atau sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal lain. Sehubungan dengan itu, penulis harus memastikan bahwa artikelnya orisinal dan bebas dari unsur plagiarisme.
- Jenis artikel yang diterima adalah artikel-artikel yang berisikan laporan hasil pengabdian bidang ilmu pendidikan, bahasa, sastra, sosial, dan humaniora. Namun tidak terbatas hanya pada bidang-bidang tersebut.
- Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia menggunakan bahasa Indonesia akademik atau bahasa Indonesia ragam baku serta menggunakan struktur dan komposisi penulisan yang akademik. Terkait istilah asing atau daerah maka ditulis dalam bentuk miring (Italics). Upayakan menggunakan padanan dalam bahasa Indonesia lalu menambahkan istilah asing/daerah dalam kurung.
- Struktur artikel adalah sebagai berikut:
- Judul (maksimal 15 kata)
- Nama pengarang (tanpa gelar akademik) disertai alamat email dan nama institusi.
- Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (maksimal 250 kata) yang berisikan
- pokok permasalahan,
- tujuan kegiatan,
- metode kegiatan,
- hasil, dan
- kesimpulan
- Kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (3-6 kata/frasa singkat)
- Pendahuluan terdiri dari uraian analisis situasi, permasalahan mitra dan solusi yang ditawarkan, kerangka pemikiran dan/atau aspek teoretis yang mendukung pemilihan program kegiatan, dan tujuan serta manfaat kegiatan.
- Metode Kegiatan berisi uraian metode pendekatan yang ditawarkan; uraian prosedur kerja penyelesaian persoalan mitra; waktu, lokasi, dan peserta kegiatan; serta instrumen pelaksanaan kegiatan atau alat ukur yang digunakan untuk mencapai target kegiatan
- Hasil Kegiatan dan Pembahasan mengandung pemaparan tentang hasil pelaksanaan kegiatan, hasil evaluasi kegiatan berupa persentase ketercapaian kegiatan dan keaktifan partisipasi mitra/masyarakat sasaran, luaran yang dihasilkan disertai foto-foto kegiatan yang representatif, dan implikasi tindak lanjut kegiatan.
- Kesimpulan dan Saran.
- Ucapan Terima Kasih (jika ada).
- Daftar Pustaka. Pustaka yang dicantumkan dalam daftar pustaka harus merupakan sitasi dalam tubuh tulisan dan diupayakan pustaka terbaru (10 tahun terakhir). Demikian pula sebaliknya, sitasi yang muncul dalam tubuh tulisan harus dicantumkan dalam daftar pustaka. Daftar pustaka minimal terdiri dari 10 referensi dengan rincian berasal dari jurnal ilmiah (80%) dan sumber-sumber lain (20%) seperti dari buku, tesis, dan sumber internet. Penulisan daftar pustaka menggunakan aturan American Psychological Association (APA) Style. Daftar pustaka yang dicantumkan adalah pustaka dengan nama penulis dan judul valid. Untuk sumber jurnal harus menyediakan link DOI aktif (bukan error) dan dapat diakses. Untuk lebih mudahnya, penulis dapat mencari kutipan yang diinginkan dari Google Scholar melalui https://scholar.google.com/, lalu mengklik tanda kutip [“] dan meng-copy paste kutipan yang diinginkan sesuai gaya APA. Sebaiknya penulisan kutipan menggunakan aplikasi manajemen referensi bawaan Microsoft Word atau aplikasi khusus seperti Mendeley, Zotero, EndNote, dan lainnya. Pustaka ditulis berurutan sesuai abjad dari A-Z seperti berikut (data kutipan diambil dari Google Scholar).
- Agar kualitas artikel Anda terjaga, penting kiranya mengutip referensi dari sumber-sumber yang valid, yang terpublikasi secara daring dan dapat diakses secara terbuka.
Contoh penulisan pustaka dari jurnal:
Amin, M. (2015). What makes teachers of EFL professional or unprofessional. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(4), 294-303.
Contoh penulisan pustaka dari buku:
Mastuti, R., Maulana, S., Iqbal, M., Faried, A. I., Arpan, A., Hasibuan, A. F. H., ... & Vinolina, N. S. (2020). Teaching from home: Dari belajar merdeka menuju merdeka belajar. Yayasan Kita Menulis.
Contoh penulisan pustaka dari kumpulan makalah (proceeding):
Thohir, L., Nawawi, N., Amin, M., & Putera, L. J. (2020, August). The Effectiveness of Question-Generation Strategy on Improving the Undergraduate Students’ Reading Ability. In 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019) (pp. 73-76). Atlantis Press.
Contoh penulisan pustaka dari internet:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajarâ. (2019). (Online). Retrieved at https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/. Verified on 10 February 2021).