PENINGKATAN EKONOMI KREATIF MELALUI INOVASI KEMASAN PADA PRODUK SERBUK JAHE UMKM LOKAL DI DESA MEKAR BERSATU, KECAMATAN BATUKLIANG, KABUPATEN LOMBOK TENGAH, NTB
DOI:
10.29303/wicara.v2i4.5532Diterbitkan:
2024-12-07Terbitan:
Vol 2 No 4 (2024): Jurnal Wicara DesaKata Kunci:
Ekonomi Kreatif, Kemasan, UMKM, Serbuk Jahe, DesainArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Abstrak
Desa Mekar Bersatu yang merupakan sebuah desa kecil di Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah menghadapi beberapa tantangan yang salah satunya adalah dalam hal meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, desa ini juga memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan. UMKM merupakan salah satu solusi potensial untuk masalah ekonomi di desa tersebut. Salah satu UMKM yang potensial adalah UD. Mak Hani yang memproduksi serbuk jahe. Namun kualitas kemasan dan desain label kemasan yang kurang menarik menjadi hambatan utama. Untuk itu, mahasiswa KKN PMD Universitas Mataram di desa Mekar Bersatu memberikan solusi berupa pembaruan kemasan dan inovasi label kemasan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperbarui kemasan agar lebih praktis serta inovasi desain kemasan dengan memperbaiki desain kemasan guna meningkatkan nilai ekonomi serta ekonomi kreatif masyarakat desa khususnya UMKM. Kegiatan ini menempuh delapan tahapan yang diantaranya melibatkan beberapa metode seperti survey, wawancara, penentuan UMKM yang terlibat, analisis permasalahan, pemecahan permasalahan dengan analisis SWOT, hingga pelaksanaan solusi dan promosi produk. Hasil dari kegiatan ini ialah berupa produk serbuka jahe dengan kemasan baru yang lebih praktis dan menarik. Selain itu, hasil dari kegiatan ini ialah berupa label kemasan yang lebih menarik dan informatif. Sasaran dari program ini juga menerima dengan baik solusi yang diberikan. Kegiatan ini diharapkan dapat berlanjut dan dapat memberikan dampak positif berkelanjutan bagi ekonomi masyarakat setempat.Referensi
Aeni, R., Mulyana, T., & Adinasa, M. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Wedang Jahe Instan Jawaru di Kabupaten Garut. Jurnal Agribisnis dan Teknologi Pangan, 42-50.
Daeli, D., Simanjuntak, M., & Nasution, S. L. A. (2024). PENINGKATAN KUALITAS PRODUK UMKM KRIPIK UBI MELALUI PEMBUATAN LOGO DAN KEMASAN PADA UMKM DESA KAMPUNG DALAM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Anshara Madani (JPMAM), 2(1).
Fadillah, R. (2021). Inovasi Pengembangan UMKM Sate Ikan Mentigi Berbasis Ekonomi Kreatif (KKN Mas Di Desa Malaka Lombok Utara). Abdi Psikonomi, 124-130.
Jupri, A., Herlembang, B., Ariyansyah, M., Anggari, B., Rozi, T., & Prasdyai, E. (2021). Pendampingan Branding Packaging dan Digital Marketing pada Produk Umkm Keripik Talas di Lingkungan Bagek Longgek, Kelurahan Rakam. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 162-166.
Perwitasari, D., & TIm KKN Kecamatan Wonoasih. (2021). Branding Produk Label Kemasan Sebagai Upaya Pengembangan Daya Tarik Pemasaran Pada Umkm Rengginang Di Kelurahan Pakistaji Wonoasih Kota Probolinggo. Jurnal Abdi Panca Marga, 34-38.
Ramadan, D., & Priatna, B. (2023). Peningkatan Keterampilan Pembuatan Olahan Minuman Berbahan Dasar Jahe Sebagai Usaha Menguntungkan Pada Kelompok PKK Desa Gempol Karya. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 5662-5670.
Riyandari, B. (2020). Active Packaging: Sistem Pengemasan untuk Kualitas Pangan yang Lebih Baik. Mataram: Sanabilpublishing.
Yulieta, A., Sianturi, A., & Kurniawan, M. (2023). Strategi Pengembangan Umkm Home Industry Melalui Pendekatan Analisis Swot Di Kelurahan Nginden Jangkungan . Journal of Community Service, 176-186.