SOSIALISASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM UNTUK PENGEMBANGAN AGROWISATA DI DESA SEPAKEK KECAMATAN PRINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH NUSA TENGGARA BARAT

  • Ni Luh Tumben Telaga Sari Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Sahrun Nizan Program Studi Sosiologi, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Wahyudi Al Anshori Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Komang Slamet Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Deni Pathurrozi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Intan Komala Dewi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Rahma Firdausi Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Dilla Rismayanti Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Amy Rizki Nur’aini Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Detya Aztiza Putri Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Mataram

Abstract

Pemanfaatan digital marketing di Desa Sepakek Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah merupakan salah satu upaya dalam pemasaran produk UMKM untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Masalah yang dihadapi dalam pemasaran dan pengembangan adalah rendahnya pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran dengan menggunakan sosial media dan teknologi informasi lainnya untuk meningkatkan  fungsi pemasaran tradisional menjadi pemasaran modern  untuk. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 17 juli 2023 bertempat di Aula Kantor Desa Sepakek Pringgarata, Lombok Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha mikro kecil menegah (UMKM) desa Sepakek dalam pengembangan, pemasaran, dan pengemasan produk dengan pemanfaatan teknologi dan pengaplikasikan digital marketing kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) desa Sepakek. Kegiatan ini dilaksanakan melalui presentasi materi oleh dinas perindustrian mengenai pengemasan yang layak dan menarik, sesi tanya jawab serta diskusi kelompok. Penyelenggaraan pelatihan serta penyuluhan teknologi informasi dan komunikasi seperti pemanfaatan digital marketing dan pengemasan produk yang menarik untuk meningkatkan beserta memperluas jangkauan pemasaran serta penjualan produk. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah pengetahuan pelaku usaha kecil mikro menengah (UMKM) dalam penggunaan teknologi berupa jejaring sosial media dan keterampilan dalam membuat kemasaran yang menarik. Pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha mikro kecil menengah ( UMKM) meningkat mulai dari yang tidak mengetahui jenis sosial media yang dapat digunakan untuk kegiatan pemasaran produk menjadi tahu sehingga dapat langsung mencoba untuk menggunakan aplikasi yang telah disiapkan untuk pemasaran produk masyarakat. Meningkatnya pengetahuan serta keterampilan pelaku usaha kecil menengah (UMKM) juga dipicu karena pelaku usaha sudah memiliki smart phone yang dapat digunakan untuk pemasaran produk. Sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Secara umum pemanfaat digital marketing sangat bagus untuk peningkatan penjualan serta pembuatan desain kemasan yang lebih menarik

References

Fadilah Nur, (2020). Pengertian Konsep dan Strategi Pemasaran Syari’ah, Jurnal Salimiya, 1(2), 2721-7078.
Jeffry, Nyimas Artina,(2023). Analisis Rencana Usaha Mr. Style Barbershop Dengan Konsep Layanan Booking Appointment Berbasis Digital Di Kota Palembang, Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen 4(2), 114-119.
Sunarsi Denok, (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tanggerang, Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis 21(1), 7-13.
Lestari Barorah, Arni Utamaingsih, Siti Nurbaya, Becik Gati Anjari & Mahmudatul Himma, (2023). Perancangan Label Kemasan Produk Olahan Gerit Duwet Polinema Tortilla Chips Sevagai Media Promosi, Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 28(1), 2549-1555
Sundari Yollanda Utari, Muh Ansia Hidayatullah, Fauziah Fiardilla, (2023). Pengaruh Teknik Pengemasan Jenis Kemasan dan Kondisi Penyimpanan Terhadap Sifat dan Organoleptik Pada Buah Apel, Jurnal Penelitian UPR: Kaharati 3(1), 17-23.
Dewi Risma Putri, Luh Putu Trisna Damayanti, Komang Ayu Nocianitri, (2022). Pengaruh Jenis Kemasan Terhadap Karakteristik Cookies Ampas Tahu Selama Penyimpanan, Jurnal Ilmu dan Teknologi Pangan 11(2), 261-271.
Wardhani Khrisna Anindya, Arina Nuraliza Romas, (2021). Analisis Strategi Digital Marketing di Masa Pandemi Covid-19, Journal of Research in Business and Economics, 4(1), 2655- 1519.
Basnet Dhoz Shelby, (2022). Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Dalam Penyelenggaraan Event Inacraft, Journal of Tourism and economic, 5(1), 2622-4631.
Andriani Dewi, (2023). Prospek Usaha Kecil Menengah (UMK), Bantuan UMKM
Savitri Nur Salsa Anava, Ahmad Ulil Albab Al Umar, Ana Fitriani, Muammar Taufiqi Lutfi Mustofa, Yusvita Nena Arinta, (2020). Dampak dan Stratego Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Masa Pandemi dan Era New Normal, 1(7), 1433-1437.
Raule Djaenny Raule,Rieneke L.E. Sela,ST,MT & Sonny Tilaar, (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Agrowisata Salak Pulau Tagulandang Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Jurnal Spasial, 7(3), 2442-3262.
Lestari Khodijah Siti, M. Rizky Kadafi, Tari Jatnika, Ayoeningsih Dyah Woelandhary, Ida Susanti, (2023). Workshop Reesain Kemasan Produk UMKM “Ayam Bakekok”, Jurnal PPS UNG, 3(2).
Simangunsong Ammelia Nina, Dila Ayu Wardani, Aryabimo Reksapramudya, Muhammad Iqbal Arrahman Sari Wulandari, (2023). Peran Pertumbuhan Ekonomi Dalam Menunjang Kesejahteraan Masyarakat, Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(5), 1289 – 1298.
Published
2023-11-01
How to Cite
Sari, N. L. T. T., Nizan, S., Anshori, W. A., Slamet, K., Pathurrozi, D., Dewi, I. K., Firdausi, R., Rismayanti, D., Nur’aini, A. R., & Putri, D. A. (2023). SOSIALISASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM UNTUK PENGEMBANGAN AGROWISATA DI DESA SEPAKEK KECAMATAN PRINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH NUSA TENGGARA BARAT. Jurnal Wicara Desa, 1(5), 797-803. https://doi.org/10.29303/wicara.v1i4.3447