PEMBERDAYAAN UMKM DAN PENINGKATAN VALUE ADDED (NILAI TAMBAH) PRODUK TEMPE MELALUI INOVASI OLAHAN TEMPE UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA KEROYA

  • Khaerul Akbar Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Aenuddin Jaelani Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Bondan Muhammad Alambana Program Studi Pendidikan Pancasila, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Mataram
  • Sofa Selviana Athuri Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Devi Wahyuni Cahyani Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Ria Arianti Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Mataram
  • Annisa Maylani Program Studi Pendidikan Pancasila, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Mataram
  • Fildzah Azmatun Hasanah Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Mataram
  • Irya Riswana Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • Muhammad Wansyah Suwito Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • Agustono Setiawan Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
Keywords: UMKM, Pemberdayaan, Pendampingan, Inovasi, Cokelat Tempe, Nilai Tambah

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) have an important role in the country's economic development. Even though UMKM make a large contribution and are the backbone of the national economy, they face many problems, including: 1) Not having a business license, 2) Low knowledge on how to run a business, 3) Not using digital marketing to increase sales, 4) Not doing business branding, and 5) Lack of product innovation. This is also a problem UMKM in Keroya Village which makes the community's economy not increase. So it is necessary to empower UMKM and assistance in carrying out product innovations to be able to improve the community's economy. With regard to the description above, an experiment was carried out in innovating processed tempe products, namely making tempeh chocolate. Making this product innovation aims to improve Value Added of tempe products in Keroya Village. It is hoped that through the empowerment of UMKM and innovation of tempeh chocolate products, it can help UMKM in Keroya Village to further develop in the future and the product of tempeh chocolate in Keroya Village can be recognized by the wider community so that it can improve the community's economy.

References

Agusti, Vicky N., Kinanti, R., Vanessa, C., & Prully Stanislous ,O. (2022). Keripik Tempe Sagu dan Pembinaan UMKM Kelurahan Kupang Krajan Kecamatan Sawahan Surabaya. KARYA UNGGUL : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 292-293.

Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020), Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bertahan pada kondisi pandemik covid 19 di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), Vol. 6 No. 2, pp. 139-146.

Florita, A., Jumiati, J., & Mubarak, A. (2019). Pembinaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Oleh Dinas koperasi Dan UMKM Kota Padang. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 1(1), 143-153,

Hamid, R. S., & Ikbal, M. (2017), Analisis Dampak Kepercayaan pada Penggunaan Media Pemasaran Online (E-Commerce) yang Diadopsi oleh UMKM: Perspektif Model DeLone & McLean, Jurnal Manajemen Teknologi, Vol. 16 No. 3, pp. 310- 337.

Mudjiarto. (2019). Model pembinaan UMKM Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara (Kasus Mitra Binaan Wilayah Jakarta, Bogor). Ikraith Ekonomika, 2(2), 105-112.

Pakpahan, A. K. (2020), Covid-19 dan implikasi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah, Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, (Edisi Khusus), pp. 59-64.

Subagyo & Hery, Purnomo. (2022). Manajemen UMKM. Bandung: Media Sains Indonesia dan Penulis.

Suhardiyah, M., et al. (2020). Legalisasi Dan Pengelolaan Usaha Pada UMKM. Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 45–53

Ukkas, I. (2017), Strategi dan Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), BERKEMAJUAN: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT, Vol. 1 No. 1, pp. 24-27

Yohanna, L. (2016). Upaya Peningkatan Usaha Masyarakat Melalui Pengurusan Perizinan Usaha dan Merek. Jurnal Surya : Seri Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 73-78

Published
2023-02-20
How to Cite
Akbar, K., Jaelani, A., Alambana, B. M., Athuri, S. S., Cahyani, D. W., Arianti, R., Maylani, A., Hasanah, F. A., Riswana, I., Suwito, M. W., & Setiawan, A. (2023). PEMBERDAYAAN UMKM DAN PENINGKATAN VALUE ADDED (NILAI TAMBAH) PRODUK TEMPE MELALUI INOVASI OLAHAN TEMPE UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA KEROYA. Jurnal Wicara Desa, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.29303/wicara.v1i1.2384