MENINGKATKAN DAN MEMPROMOSIKAN UMKM MELALUI PRODUK KERIPIK TALAS DI DESA BUWUN SEJATI KECAMATAN NARMADA LOMBOK BARAT

  • Santi Farmasari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Ahmad Naufal Akbar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Aenalia Aenalia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Ana Pariha Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Baiq Reghina Fidya Nazofha Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Emi Apriana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Era Meizaton Elfiza Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Fitriani Fitriani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Lili Suryani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Muhammad Rizal Amin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Safira Fauzi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
Kata Kunci: micro small medium enterprises (MSME), economic, taro

Abstrak

UMKM di definisakan sebagai Usaha dagang yang pengelolaannya ditangani oleh orang atau badan usaha dengan lingkup kecil atau mikro umumnya . Para ahli mengidentifikasi perusahaan mikro, kecil, dan menengah sebagai usaha kecil yang membantu memajukan ekonomi negara.Pertumbuhan Perekonomian suatu negara atau daerah, khususnya Indonesia, sangat bergantung pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Desa Buwun Sejati merupakan salah satu dari 21 desa yang berada di Kecamatan Narmada. Desa Buwun Sejati memiliki luas wilayah 213,08 Hektar dengan jumlah penduduk 4.403 jiwa yang terdiri dari laki-laki 2.220 jiwa dan perempuan 2.183 jiwa dengan jumlah kepala keluarga 1.368 KK. Atas pertimbangan tersebut KKN Desapreneur Desa buwun sejati berupaya untuk memfasilitasi kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan mengajukan kegiatan yang bisa di lakukan oleh masyarakat sekitar yaitu dengan mengembangkan produk UMKM Keripik Talas, sehingga mampu meningkatkan perekonomian warga desa Buwun Sejati.

Referensi

Arrizal, N. Z., & Sofyantoro, S. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Masa Pandemi Melalui Digitalisasi. Birokrasi Pancasila : Jurnal Pemerintahan, Pembangunan, Dan Inovasi Daerah, 2(1), 39–48. http://jurnal.madiunkab.go.id/index.php/bp%0APemberdayaan.

Data Reportal. (2020). Digital 2020 Indonesia. Retrieved fromhttps://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia.

Dewi, S. R., Sriyono, S., & Sumartik, S. (2021). Pendampingan dan Penguatan UMKM Desa Kenongo Melalui Branding dan Legalitas Produk Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 95–101. https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.5267.

Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto, M. (2022). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1452.

Hayati, I. (2020). Penguatan Manajemen Keuangan Syariah Bagi Umkm Dengan Menggunakan Metode Door To Door Di Desa Kotasan. Ihtiyath : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 3(2), 180–191. https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v3i2.1783.

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2014). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran untuk manajemen, pembangunan, dan pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Malonda, P. M., Moniharapon, S., Loindong, S. J. R., Swot, A., Menentukan, D., Pemasaran, S., & Rumah, P. (2019). MAKAN BAKSO BAPER JOGJA SWOT ANALYSIS IN DETERMINING MARKETING STRATEGIES AT THE JOGJA BAPER Jurnal EMBA Vol . 7 No . 3 Juli 2019 , Hal . 3827 - 3836. 7(3), 3827–3836.

Muh. Zubair, Fikri, Tegar Humam Rafii, Sepriadi MW, Muhamad Faizi Rahman, I Nengah Suardika, Nurul Fikria Sagitarini, Nisfi Sya’bani Karima, Nanda Meilani Putri, Baiq Mila Angriani, Sarmila, & Erna Widiarty. (2022). Pemanfaatan Hasil Sumber Daya Tani Sebagai Inovasi Cabai di Desa Nyiur Tebel Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 305–309. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1478.

Prabowo, H. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Menuju Koperasi Berbasis It. Maqdis:Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 3, 17–30. https://doi.org/https://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/maqdis/article/view/152.

Purnaningrum, E., Masnuah, M., & Hanifah, H. Z. (2018). Pengembangan Pemasaran Oline dan Pengemasan Produk Berperan Terhadap Hasil Daya Jual. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2, 29–34.

Sianturi, R. D. (2020). Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. 1(1), 45–50.

Suryapranatha, D. (2022). PELATIHAN MANAJEMEN SDM MENINGKATKAN KINERJA UMKM DESA KERTASARI. 2507–2515.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66. www.depkop.go.id.

Yuli Rahmini Suci. (2008). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. UU No. 20 Tahun 2008, 1, 1–31.

Diterbitkan
2023-02-20