PENGARUH STRATEGI KWL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN 9 AMPENAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Penulis

  • Fitmi Kayanti Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Syaiful Musaddat PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.1192

Kata Kunci:

Strategi KWL, Membaca Pemahaman

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi KWL ( Know – Wan to Know – Learned ) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 9 Ampenan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 9 Ampenan sejumlah 107 orang, sampel yang digunakan adalah kelas IVA (kelas eksperimen) dan kelas IVB (kelas kontrol), melalui teknik pengambilan sampel secara purposive sampling, dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah strategi KWL ( Know – Wan to Know – Learned ) dan variabel terikat adalah kemampuan membaca pemahaman. Perhitungan analisis data uji hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara strategi KWL ( Know – Wan to Know – Learned ) dengan kemampuan membaca pemahaman dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 5.068 > 3.98.

Referensi

Aptiani, M. S. (2019). PENGARUH STRATEGI KWL (KNOW, WANT, LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V SD Muslimin Panyawungan 1 & 2) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Dahlani, A., & Rahman, R. (2016). Pengaruh Strategi Rap (Read–Ask–Paraphrase) Dan Strategi KWL (Know–Want To Know–Learned) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 11-25.

Diliana, A., Saputra, H. H., & Setiawan, H. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 57-65.

Edwin, L. D., Gunayasa, I. B., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Gunung Sari. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 10-18.

Fitriana, F., Karma, I. N., & Setiawan, H. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Strategi KWL (Know, Want, Learned) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Progres Pendidikan, 2(1), 35-40.

Inggriyani, F. & Aptiani, M. S. (2020). Pengaruh Strategi KWL (Know, Want, Learned) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik di Sekolah Dasar. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 2, September 2020 p-ISSN: 2620-5246, hal. 259-271.

Lestari, S., & Nora, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Dengan Strategi KWL di SD Negeri 24 Pincuran Gadang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3).

Musaddat, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Mataram: Universitas Mataram.

Rahim, Farida. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Wardani, D. K. Y. (2017). “Strategi K-W-L (Know-Want to Know-Learned) pada Kemampuan Membaca Pemahaman Anak Tunarungu Kelas V di SLB-B Karya Mulia Surabayaâ€. e-jurnal Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Surabaya. Terdapat di: ejournal.unesa.ac.id, diakses tanggal: 09 Agustus 2019.

Diterbitkan

2022-11-22

Cara Mengutip

Kayanti, F., Tahir, M., & Musaddat, S. (2022). PENGARUH STRATEGI KWL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN 9 AMPENAN TAHUN AJARAN 2019/2020. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 3(2), 161–167. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.1192

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama