ANALISIS FAKTOR KESULITAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SDN 05 AMPENAN

Penulis

  • Miftahul Jannah Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Nurul Kemala Dewi PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Itsna Oktaviyanti PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.100

Kata Kunci:

Teacher difficualty factor, Lesson Plan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor kesulitan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SDN 05 Ampenan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian  deskriptif naratif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman yang terdiri atas, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh guru dalam menyusun dan mengembangkan beberapa komponen RPP  diantaranya: (1) merumuskan indikator pencapaian kompetensi, (2) menentukan model dan metode pembelajaran, (3) menentukan media pembelajaran dan (4) penilaian. Beberapa bentuk kesulitan tersebut dipengaruhi karena beberapa faktor antara lain: (1) pemahaman guru dalam menyusun RPP, (2) kemampuan guru dalam menggunakan IT, (3) ketersediaan waktu, (4) karakteristik siswa.

Referensi

Afianti, D., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di Sdn 7 Woja Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 203–213.
Ariesca, Y., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Berbasis Online Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Progres Pendidikan, 2(1), 20-25.
Dirman dan Juarsih, Cicih, 2014. Pengembangan Kurikulum (Dallam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ernawati. 2017. “Analisi Kesulitan Guru dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kota Banda Aceh.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesia Journal of Science Education) Vol.5, No.2, hlm 49-56, 2017.
Kinasih, Arum Mawar. 2017. Problematika Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran di SD Muhammadiyah 14 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurfatimah, Affandi, L. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SDN 07 Sila Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 145–154.
Palobo, Markus dan Tembang, Yonarlianto. Analisis Kesulitan Guru dalam Impementasi Kurikulum 2013 di Kota Merauke. Sebatik 1410-3737.
Permendikbud No. 65 Tahun 2013 dan No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Septina, L. D., & Istiningsih, S. (2020). Analisis Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Oleh Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 41 Ampenan. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(2), 85-89.
Suwandani, Rona A. 2020. Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Guru Dallam Melaksanakan Penilaian Autentik Di SDN Gugus 1 Kecamatan Janapria. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, Vol. 2, No. 1, hal 24-30.
Uno, Hamzah. 2008. Profesi Kepribadian: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Diterbitkan

2021-06-04

Cara Mengutip

Jannah, M., Dewi, N. K., & Oktaviyanti, I. (2021). ANALISIS FAKTOR KESULITAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SDN 05 AMPENAN. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(1), 42–50. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.100

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama