PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 1 TELAGAWARU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Miftahurrahman Miftahurrahman Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Nurul Kemala Dewi PGSD FKIP UNRAM
  • Muhammad Liwa Ilhamdi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.62

Keywords:

Pengaruh Model Pembelajaran, Think Talk Write, ,IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar IPA pada materi Kenampakan Permukaan Bumi siswa kelas III SDN 1 Telagawaru tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dalam penelitian ini subjek dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen 71 lebih besar dari kelas control 63.71 dan hasil uji t menunjukkan bahwa t hit 2.1>ttabel1.6 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 1 Telagawaru tahun pelajaran 2020-2021.

References

Abdullah Sani, Ridwan. 2015. Inovasi Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Abdullah, 1998. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CF Pustaka Setia
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jihad, Asepdanharis, abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Muhadi, 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Shira Media
Muslich, Masnur. 2011 Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Poltak Sinambela, Lijan. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2014. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D.
Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.
Sukardi, 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sulistyorini, 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Yokyakarta: Tiara Wacana. 2007
Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sutrisno, Hadi. 2015. Statistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyatno, 2009. Menjelajah Pemmbelajaran Inovaif. Siduarjo: Masmedia Buana Pustaka
Widoyoko, S. Eko Putro. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

20-12-2020

How to Cite

Miftahurrahman, M., Dewi, N. K., & Ilhamdi, M. L. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 1 TELAGAWARU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(2), 113–123. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.62