Main Article Content

Resta Triana
Asrin Asrin
Itsna Oktaviyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran mind mapping di sekolah, untuk mengetahui kesulitan penerapan metode pembelajaran mind mapping di sekolah, untuk mengetahui kelebihan penerapan metode pembelajaran mind mapping di sekolah, untuk mengetahui kekurangan penerapan metode pembelajaran mind mapping disekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas tinggi diSDN 2 Wakul dan SDN Gerintuk. Metode pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk  memperoleh data yang berkaitan dengan penerapan metode pembelajaran mind mapping, Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menunjangbukti dari penelitian. Data yang diperoleh kemudian di analisis bagaimana pelaksanaan penerapan metode pembelajaran mind mapping, kesulitan penerapan pelaksanaan metode pembelajaran mind mapping, kelebihan penerapan metode pembelajaran mind mapping, kekurangan penerapan metode pembelajaran mind mapping.Maka dari data yang di dapatkan, dapat disimpulkan bahwa  metodepembelajaran mind mapping baik digunakan di sekolah.

Article Details

How to Cite
Triana, R., Asrin, A., & Oktaviyanti, I. (2021). ANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI SDN 2 WAKUL DAN SDN GERINTUK. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(1), 11-18. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.96
References
Arifin, Imron. (1996). Penelitian Kualitatif. Malang: Kalimasada Press.
Bahri, Syaiful. (2006). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Buzan, Toni. (2004). Memahami Peta Pikiran. Batam Centre: Interaksana.
__________. (2012). Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (peta pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Siswa SMP. Infinity Journa, 3(2), 164-173.
Ayuniar, D., Affandi, L. H., & Setiawan, H. (2021). Upaya Guru Dalam Mengajarkan Keterampilan Membaca Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid-19 SDN Gugus IV Kecamatan Pujut. Progres Pendidikan, 2(1), 26-30.
Firdaus, W. (2010). Uji coba Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Sekilas (Skimming). Proceedings of the 4th International Conference On Teacher Education, 358.
Hamzah, B & Nurdin. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Iftania. (2011). Pelaksanaan model Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikam Kwarganegaraan SMA Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal.Skripsi S1. Universiitas Negeri Semarang
Kurniasih Imas, Berlin Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Khairunnisa, K., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk PPKN Jenjang Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 9-19.
Septina, L. D., & Istiningsih, S. (2020). Analisis Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Oleh Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 41 Ampenan. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(2), 85-89.
Maesaroh, Siti. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan: Vol. no 1.
Moleong, Lexy J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV, Remaja.
_____________. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz Media: Yogyakarta.
Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Warseno, Agus, dkk. (2011). Super Learning Praktik Belajar Mengajar yang Serba Efekti dan Mencerdaskan. Diva Press. Jogjakarta.