ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBUATAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 GUGUS 1 KECAMATAN GERUNG
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.104Keywords:
kesulitan guru, rencana pelaksanaan pembelajaran, kurikulum 2013Abstract
This research aims to describe the difficulty of teachers in making the 2013 Curriculum Implementation Plan (RPP) in Group 1, Gerung District. This research is a qualitative descriptive study. Informants were selected by purposive sampling technique. Data obtained through the results of a questionnaire, structured interviews, observation and documentation. Based on the results of this study, it shows that teachers still have difficulties in making the RPP Curriculum components in 2013. There are several notes obtained from the results of the analysis, namely: learning strategies (24.64%), time allocation (27.05%), basic competence (13,52%), indicators of competency achievement (62.32%), learning objectives (53.62%), learning materials (9.06%), learning approaches and models (54.59%), learning media (59.42%) ), Learning steps (62.32%), learning resources (20.29%) and assessments (46.38%). Based on the results of the research conducted, it can be concluded that the teacher has difficulty making learning steps, learning approaches and models, competency achievement indicators, learning objectives, learning media and assessment.References
Ariesca, Y., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Berbasis Online Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Progres Pendidikan, 2(1), 20-25.
Ernawati, dkk. 2017. Analisis Kesulitan Guru Dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol.5, No.2, hlm. 49-56.
Ibnu Badar, Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kunandar. 2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Group. Vol 1.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kurniawan. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Kurniawati, Nur. 2018. Analisis Kesulitan Guru IPA Biologi Dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran IPA Biologi MTS Negeri Kelara Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.
Normawati, N. 2016. Pemanfaatan Komputer dalam Pembelajaran di SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 23(5):239-250.
Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.
Septina, L. D., & Istiningsih, S. (2020). Analisis Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Oleh Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 41 Ampenan. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(2), 85-89.
Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Affandi, L. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2020). Analisis Kendala Guru Di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Suwandani, Rona A. 2020. Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Di SDN Gugus 1 Kecamatan Janapria. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia,Vol. 2, No. 1, hal. 24-30.
Widyastono, Herry.2014. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiyana. 2013. Pengaruh Pengetahuan KTSP dan Pendidikan terhadap Kemampuan Menyusun RPP Guru SDN Jatiyoso Tahun 2011/2012. Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol.1, No. 2,
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Widodo, Ari dkk. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI PR.
Ernawati, dkk. 2017. Analisis Kesulitan Guru Dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol.5, No.2, hlm. 49-56.
Ibnu Badar, Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kunandar. 2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Group. Vol 1.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kurniawan. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Kurniawati, Nur. 2018. Analisis Kesulitan Guru IPA Biologi Dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran IPA Biologi MTS Negeri Kelara Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.
Normawati, N. 2016. Pemanfaatan Komputer dalam Pembelajaran di SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 23(5):239-250.
Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.
Septina, L. D., & Istiningsih, S. (2020). Analisis Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Oleh Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 41 Ampenan. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(2), 85-89.
Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Affandi, L. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2020). Analisis Kendala Guru Di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Suwandani, Rona A. 2020. Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Di SDN Gugus 1 Kecamatan Janapria. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia,Vol. 2, No. 1, hal. 24-30.
Widyastono, Herry.2014. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiyana. 2013. Pengaruh Pengetahuan KTSP dan Pendidikan terhadap Kemampuan Menyusun RPP Guru SDN Jatiyoso Tahun 2011/2012. Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol.1, No. 2,
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Widodo, Ari dkk. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI PR.
Downloads
Published
04-06-2021
How to Cite
Wulantari, V., Ermiana, I. ., & Oktaviyanti, I. (2021). ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBUATAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 GUGUS 1 KECAMATAN GERUNG. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(1), 72–81. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.104
Issue
Section
Articles