PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP RETENSI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA PESERTA DIDIK SD

Authors

  • Etika Lailaturrahmah Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Awal Nur Kholifatur Rosyidah PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.49

Keywords:

Problem Base Learning, Retensi, Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh PBL terhadap retensi dan kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik kelas V di SD Gugus 4 Mataram. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V yang berjumlah 51, terdiri dari 22 peserta didik pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model PBL, dan 29 peserta didik pada kelas kontrol yang diberikan perlakukan dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes tulis, untuk mengukur retensi tes tulis berbentuk pilihan ganda dan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis tes tulis berbentuk uraian. Analisis data yang digunakan yaitu uji t sampel independen berbantuan program analisis statistik SPSS 21.0 for Windows. Rata-rata nilai retensi kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 67.72, begitu juga dengan nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu sebesar 51.63. Hasil analisis statistik menunjukkan nilai signifikansi pengaruh perlakuan terhadap retensi sebesar 0.000, sedangkan nilai signifikansi pengaruh perlakuan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 0.004. Jadi dapat disimpulkan bahwa; a) Model PBL berpengaruh terhadap retensi IPA peserta didik kelas V, b) model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik kelas V.

References

Amrullah, K dan Suwarjo, S. 2018. The Effectiveness of the Cooperative Problem-Based Learning in Improving the Elementary School Students’ Critical Thinking Skills and Interpersonal Intelligence. Jurnal Prima Edukasi. Volume 6 (1), Hal. 66-77. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/11253.
Anyagh, I.P. 2006. Effect of Formula Approach on Student’s Achievment and Retention in Algebra. Unpublished Master’s Thesis. Benue State University.
Arends, R.I. 2012. Learningto Teach. New York: McGraw-Hill.
Budiningsih, C.A. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Campbell, D.T dan Stanley, J.C. 1963. Experimental and Quasi Experimental Design for Research. Chicago: Rand Mc Nally College Publishing Company.
Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Eggen, P dan Kauchak, Don. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir, Edisi 6. Jakarta: PT Indeks.
Handriani, L.S., Harjono, A dan Doyan, A. 2015. Pengaruh Model Pembelajaaran Inkuiri Terstruktur dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Volume 1 (3), Hal. 210-220. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/261.
Rose, C. 2007. Super Acclerated Learning: Revolusi belajar Cepat Abad 21 Berdasarkan Riset
Terbaru Para Ilmuan. Bandung: Jabal.

Downloads

Published

20-06-2020

How to Cite

Lailaturrahmah, E. ., Tahir, M. ., & Rosyidah, A. N. K. . (2020). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP RETENSI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA PESERTA DIDIK SD. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.49

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)