Linguistik Kontrastif Kosakata Bahasa Melayu dan Bahasa Indonesia dalam Serial “Puteri Limau”
DOI:
10.29303/kopula.v7i2.7136Diterbitkan:
2025-07-22Terbitan:
Vol 7 No 2 (2025): OktoberKata Kunci:
kosakata, serial animasi, bentuk dan maknaArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk analisis kontrastif perbandingan bahasa berupa 1) pemahaman yang bentuknya berbeda tapi maknanya sama antara bahasa Indonesia dan bahasa Malaysia 2) pemahaman yang bentuknya mirip dan maknanya sama antara bahasa Indonesia dan bahasa Malaysia 3) pemahaman yang bentuk sama dan maknanya sama antara bahasa Indonesia dan bahasa Malaysia yang terjadi dalam serial animasi Malaysia “Puteri Limau” di kanal YouTube Aksara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data teknik simak dan katat. Teknik analisis data dalam penelitian ini, menggunakan teknik pengumpulan pemetaan perbedaan unsur-unsur kebahasaan. Dari hasil penelitian ini, ditemukan sebanyak 53 data analisis kontrastif perbandingan bahasa bahasa yang diantaranya terdiri dari 25 pemahaman yang bentuknya berbeda tetapi maknanya sama. 25 pengertian yang bentuknya mirip tapi maknanya sama. 3 pengertian yang bentuknya sama dan maknanya sama. Penelitian ini sejalan dengan teori Lado terkait analisis kontrastif yang membandingkan dua bahasa untuk mencari perbedaan, persamaan dan persamaan.Referensi
Asmarita, A., Dedi, F. S., & Rohana, R. (2022). Analisis Kontrastif Kosakata Bahasa Indonesia Dan Bahasa Malaysia Pada Film Animasi Upin Dan Ipin 3 Episode Tahun 2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 1-14.
Dama, S. (2015). Proses Morfologis Kata Benda dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Gorontalo (Suatu Analisis Kontrastif). Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 4(5).
Ediwarman, E. E., & Syahwardi, S. F. (2023). Analisis Kontrastif Kosakata Bahasa Indonesia Dan Bahasa Malaysia Dalam Film Animasi Pada Zaman Dahulu. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(2), 193 202.
Firdausi, A. (2023). Pilih Film di Netflix Kedua Perbedaan Series dan Serial. Diakses dari https://seleb.tempo.co pada tanggal 21 Mei 2025.
Lado, R. (1957) Linguistik lintas budaya: Linguistik terapan dan guru bahasa. University of Michigan Press, Ann Arbor.
Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Marissa. Taufik, S., & Dian, M. (2022). Film Animasi Dampak Penggunaan Gadget Berlebihan SD N 57 OKU Menggunakan Adobe Flash CS6. Jurnal Teknik Informatika Mahakarya (JTIM), 5(1), 53-56.
Nurdiniawati. (2020). Penggunaan Media Flash Cards Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Dan Bahasa Arab. Al-Af'idah Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Arab 4 (1), 35-50.
Rosli, N. Z., Rusli, N. F. M., Jobar, N. A., & Zakaria, N. (2021). Kemahiran Bertutur Bahasa Melayu oleh Murid Cina: Teori Analisis Kontrastif: Speaking Skills in Malay Language by Chinese Student: Contrastive Analysis Theory. LSP International Journal, 8(1), 35-55.
Simamora, S. A., Cahyani, I., & Kurniawan, K. (2021). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur melalui Penerapan Model Cipro (Citizen Prosedur) Berbantuan Video Youtube.
Sudaryanto. (2015) Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University.
Yasbiati., Oyon, H., & Fitriani, F. (2017). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Sunda Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di Tk Pgri Cibeureum. Jurnal Paud Agapedia 1 (1), 20-29.
Biografi Penulis
Vidya Anannidra, Universitas Suktan Ageng Tirtayasa
Dhiah Fatma Pratiwi, Universitas Suktan Ageng Tirtayasa
Odien Rosidin, Universitas Suktan Ageng Tirtayasa
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Vidya Anannidra, Dhiah Fatma Pratiwi, Odien Rosidin

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).