Makna Denotatif dan Konotatif Lagu ”Bergema Sampai Selamanya” oleh Nadhif Basalamah dalam Kajian Semantik

Authors

  • Nur Aulia UIN Ponorogo
  • Avida Alfi Atuzzahro UIN Ponorogo
  • Dinar Thahira Handatika UIN Ponorogo
  • Anisa Yogi Noviana UIN Ponorogo
  • Ulul Fadli Zakiyatul Badriyah UIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v7i2.8008

Keywords:

makna denotatif, makna konotatif, semantik, lirik lagu, roland barthes

Abstract

Lirik lagu merupakan bentuk ekspresi sastra yang sarat makna dan dapat dianalisis secara semantik untuk mengungkap nilai-nilai emosional serta budaya yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji makna denotatif dan konotatif pada lirik lagu “Bergema Sampai Selamanya” karya Nadhif Basalamah dengan pendekatan semiotik Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan data utama berupa lirik lagu yang dianalisis berdasarkan teori dua lapis makna: denotatif sebagai makna literal dan konotatif sebagai makna kultural yang dibentuk oleh konteks sosial. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan telaah literatur, sedangkan analisis dilakukan dengan mengidentifikasi representasi makna pada setiap bait lagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lirik lagu ini menggambarkan pengalaman kebersamaan, keintiman emosional, serta kesadaran akan kefanaan secara denotatif, dan pada saat yang sama menyiratkan makna konotatif berupa relasi yang tulus, sederhana, serta penuh refleksi terhadap waktu dan kehidupan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa lirik lagu tidak hanya bersifat estetis, tetapi juga menjadi medium representasi budaya dan sosial yang menggambarkan relasi emosional dalam masyarakat kontemporer.

References

Antika, T. R., Ningsih, N., & Sastika, I. (2020). Analisis Makna Denotasi, Konotasi, Mitos pada Lagu “Lathi” Karya Weird Genius. Asas: Jurnal Sastra, 9(2). https://doi.org/10.24114/ajs.v9i2.20582

Dayu, B. S. A., & Syadli, M. R. (2023). Memahami Konsep Semiotika Ferdinand De Saussure dalam Komunikasi. Lantera: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(2). https://doi.org/10.30999/lantera.v1i2.2774

Efendi, E., Siregar, I. M., & Harahap, R. R. (2023). Semiotika Tanda dan Makna. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(1), 154–163. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i1.3329

Handayani, S. (2021). Analisis Makna Konotasi pada Karya Desain Komunikasi Visual. Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.30812/sasak.v3i1.1145

Hartini, S., & Astuti, C. W. (2021). Gaya Bahasa Lirik Lagu dalam Album Jadi Aku Sebentar Saja. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(2).

Hasan, M. F. R., Prastyo, R. E., Rozuli, A. I., Cahyati, M., & Khuluq, M. H. (2025). Menguak Paradoks Moral: Telaah Nilai Moral dalam Lirik Lagu Ghibah Karya Rhoma Irama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 14(2). http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i2.13754

Lestari, T. W. & Akhmad Fatoni. (2025). Kajian Semiotik Pertunjukan Drama “Sudah Gila” Karya Chairil Anwar. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6163

Muhammad Ryan & Dwi Wahyu Candra Dewi. (2025). Makna Denotasi dan Konotasi dalam Lirik Lagu Garam Dan Madu (Sakit Dadaku) Karya Tenxi, Naykilla, & Jemsii (Kajian Semiotika Roland Barthes). Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(3). https://doi.org/10.61132/semantik.v3i3.1961

Nasution, A. H., Aldzakhiroh, N., Nopriansyah, B., & Hasan, N. (2024). Analisis Makna Denotatif dan Konotatif pada Lirik Lagu “Dialog Hati” Karya Nadzira Shafa. Jurnal Metamorfosa, 12(1). https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v12i1.2375

Nofia, V. S. S., & Bustam, M. R. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Sampul Buku Five Little Pigs Karya Agatha Christie. Mahadaya: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 2(2). https://doi.org/10.34010/mhd.v2i2.7795

Pranata, J. R., & Deni, I. F. (2024). Analisis Semiotika Makna Spiritual pada Lirik Lagu Jiwa yang Bersedih Karya Ghea Indrawari. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 8(1). https://doi.org/10.38043/jids.v8i1.5313

Saputra, R., Hasanah, N., Kamaludin, Azis, M., Putra, M. A., & Armayadi, Y. (2024). Peran Seni dalam Mempertahankan Identitas Budaya Lokal di Era Modern. Besaung : Jurnal Seni Desain dan Budaya, 9(2). https://doi.org/10.36982/jsdb.v9i2.4044

Sari, I. K. (2024). Analisis makna konotasi dan denotasi pada lirik lagu “Ada Gajah Dibalik Batu” karya band Wali. Dikbastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 6(2). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v6i2.33541

Shirleen, J. P., Puspitasari, A., & Hijriah, A. (2023). Analisis Lagu Bertema Akuntansi “Galang Rambu Anarki” dalam Perspektif Semiotika Roland Barthes. Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan, 3(2). https://doi.org/10.61696/juwira.v3i2.151

Sinaga, Y. C., Cyntia, S., Komariah, S., & Barus, F. L. (2021). Analisis Makna Denotasi dan Konotasi pada Lirik Lagu “Celengan Rindu” Karya Fiersa Besari. Metabasa: Jurnal Bahasa Sastra dan Pembelajaran 3(1). https://doi.org/10.37058/mbsi.v3i1.3510

Windu Tri Mukherna, Chandra Chandra, & Inggria Kharisma. (2025). Analisis Kemampuan Memahami Makna Konotasi dan Denotasi pada Siswa Kelas VI SD. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2). https://doi.org/10.61132/semantik.v3i2.1645

Downloads

Published

2025-09-02

How to Cite

Aulia, N., Avida Alfi Atuzzahro, Dinar Thahira Handatika, Anisa Yogi Noviana, & Ulul Fadli Zakiyatul Badriyah. (2025). Makna Denotatif dan Konotatif Lagu ”Bergema Sampai Selamanya” oleh Nadhif Basalamah dalam Kajian Semantik. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(2), 524–533. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i2.8008

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.