Makna Denotatif dan Konotatif Lagu ”Bergema Sampai Selamanya” oleh Nadhif Basalamah dalam Kajian Semantik

Authors

Nur Aulia , Avida Alfi Atuzzahro , Dinar Thahira Handatika , Anisa Yogi Noviana , Ulul Fadli Zakiyatul Badriyah

DOI:

10.29303/kopula.v7i2.8008

Published:

2025-09-02

Issue:

Vol. 7 No. 2 (2025): Oktober

Keywords:

makna denotatif, makna konotatif, semantik, lirik lagu, roland barthes

Articles

Downloads

How to Cite

Aulia, N., Avida Alfi Atuzzahro, Dinar Thahira Handatika, Anisa Yogi Noviana, & Ulul Fadli Zakiyatul Badriyah. (2025). Makna Denotatif dan Konotatif Lagu ”Bergema Sampai Selamanya” oleh Nadhif Basalamah dalam Kajian Semantik. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(2), 524–533. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i2.8008

Abstract

Lirik lagu merupakan bentuk ekspresi sastra yang sarat makna dan dapat dianalisis secara semantik untuk mengungkap nilai-nilai emosional serta budaya yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji makna denotatif dan konotatif pada lirik lagu “Bergema Sampai Selamanya” karya Nadhif Basalamah dengan pendekatan semiotik Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan data utama berupa lirik lagu yang dianalisis berdasarkan teori dua lapis makna: denotatif sebagai makna literal dan konotatif sebagai makna kultural yang dibentuk oleh konteks sosial. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan telaah literatur, sedangkan analisis dilakukan dengan mengidentifikasi representasi makna pada setiap bait lagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lirik lagu ini menggambarkan pengalaman kebersamaan, keintiman emosional, serta kesadaran akan kefanaan secara denotatif, dan pada saat yang sama menyiratkan makna konotatif berupa relasi yang tulus, sederhana, serta penuh refleksi terhadap waktu dan kehidupan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa lirik lagu tidak hanya bersifat estetis, tetapi juga menjadi medium representasi budaya dan sosial yang menggambarkan relasi emosional dalam masyarakat kontemporer.

References

Antika, T. R., Ningsih, N., & Sastika, I. (2020). Analisis Makna Denotasi, Konotasi, Mitos pada Lagu “Lathi” Karya Weird Genius. Asas: Jurnal Sastra, 9(2). https://doi.org/10.24114/ajs.v9i2.20582

Dayu, B. S. A., & Syadli, M. R. (2023). Memahami Konsep Semiotika Ferdinand De Saussure dalam Komunikasi. Lantera: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(2). https://doi.org/10.30999/lantera.v1i2.2774

Efendi, E., Siregar, I. M., & Harahap, R. R. (2023). Semiotika Tanda dan Makna. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(1), 154–163. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i1.3329

Handayani, S. (2021). Analisis Makna Konotasi pada Karya Desain Komunikasi Visual. Jurnal SASAK : Desain Visual dan Komunikasi, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.30812/sasak.v3i1.1145

Hartini, S., & Astuti, C. W. (2021). Gaya Bahasa Lirik Lagu dalam Album Jadi Aku Sebentar Saja. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(2).

Hasan, M. F. R., Prastyo, R. E., Rozuli, A. I., Cahyati, M., & Khuluq, M. H. (2025). Menguak Paradoks Moral: Telaah Nilai Moral dalam Lirik Lagu Ghibah Karya Rhoma Irama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 14(2). http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i2.13754

Lestari, T. W. & Akhmad Fatoni. (2025). Kajian Semiotik Pertunjukan Drama “Sudah Gila” Karya Chairil Anwar. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6163

Muhammad Ryan & Dwi Wahyu Candra Dewi. (2025). Makna Denotasi dan Konotasi dalam Lirik Lagu Garam Dan Madu (Sakit Dadaku) Karya Tenxi, Naykilla, & Jemsii (Kajian Semiotika Roland Barthes). Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(3). https://doi.org/10.61132/semantik.v3i3.1961

Nasution, A. H., Aldzakhiroh, N., Nopriansyah, B., & Hasan, N. (2024). Analisis Makna Denotatif dan Konotatif pada Lirik Lagu “Dialog Hati” Karya Nadzira Shafa. Jurnal Metamorfosa, 12(1). https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v12i1.2375

Nofia, V. S. S., & Bustam, M. R. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Sampul Buku Five Little Pigs Karya Agatha Christie. Mahadaya: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 2(2). https://doi.org/10.34010/mhd.v2i2.7795

Pranata, J. R., & Deni, I. F. (2024). Analisis Semiotika Makna Spiritual pada Lirik Lagu Jiwa yang Bersedih Karya Ghea Indrawari. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 8(1). https://doi.org/10.38043/jids.v8i1.5313

Saputra, R., Hasanah, N., Kamaludin, Azis, M., Putra, M. A., & Armayadi, Y. (2024). Peran Seni dalam Mempertahankan Identitas Budaya Lokal di Era Modern. Besaung : Jurnal Seni Desain dan Budaya, 9(2). https://doi.org/10.36982/jsdb.v9i2.4044

Sari, I. K. (2024). Analisis makna konotasi dan denotasi pada lirik lagu “Ada Gajah Dibalik Batu” karya band Wali. Dikbastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 6(2). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v6i2.33541

Shirleen, J. P., Puspitasari, A., & Hijriah, A. (2023). Analisis Lagu Bertema Akuntansi “Galang Rambu Anarki” dalam Perspektif Semiotika Roland Barthes. Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan, 3(2). https://doi.org/10.61696/juwira.v3i2.151

Sinaga, Y. C., Cyntia, S., Komariah, S., & Barus, F. L. (2021). Analisis Makna Denotasi dan Konotasi pada Lirik Lagu “Celengan Rindu” Karya Fiersa Besari. Metabasa: Jurnal Bahasa Sastra dan Pembelajaran 3(1). https://doi.org/10.37058/mbsi.v3i1.3510

Windu Tri Mukherna, Chandra Chandra, & Inggria Kharisma. (2025). Analisis Kemampuan Memahami Makna Konotasi dan Denotasi pada Siswa Kelas VI SD. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2). https://doi.org/10.61132/semantik.v3i2.1645

Author Biographies

Nur Aulia, UIN Ponorogo

Avida Alfi Atuzzahro, UIN Ponorogo

Dinar Thahira Handatika, UIN Ponorogo

Anisa Yogi Noviana, UIN Ponorogo

Ulul Fadli Zakiyatul Badriyah, UIN Ponorogo

License

Copyright (c) 2025 Nur Aulia, Avida Alfi Atuzzahro, Dinar Thahira Handatika, Anisa Yogi Noviana, Ulul Fadli Zakiyatul Badriyah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.