Pengaruh Pemahaman Bahasa Indonesia dan Literasi Pada Pembelajaran Sains Sebagai Alat Komunikasi Ilmiah Berbasis Literatur

Authors

  • Mayfa Dwi Arvi Universitas Negeri Medan
  • Ika Febriana Universitas Negeri Medan
  • Nuha Febry Anisa Universitas Negeri Medan
  • Tiwi Cahyani Marpaung Universitas Negeri Medan
  • Indah Maysaroh Siagian Universitas Negeri Medan
  • Irene Paulina Napitupulu Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6383

Keywords:

Literasi sains, bahasa Indonesia, komunikasi

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh pemahaman bahasa bahasa Indonesia dan literasi sebagai alat komunikasi ilmiah, khususnya pada pembelajaran sains. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan eksplorasi, dengan fokus pada analisis moto berbagai literatur terkait. Penelitian teoritis dilakukan pada tiga aspek utama yaitu (1) Bahasa Indonesia dalam konteks ilmiah. (2) Pembelajaran sains dan literasi yang berfokus pada pendekatan strategi pembelajaran sains. (3) Analisis dampak pemahaman bahasa Indonesia dalam pembelajaran sains. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam penulisan karya tulis ilmiah secara benar masih jauh dari yang diharapkan karena banyaknya dijumpai kesalahan dalam pemakaiannya. Kemampuan literasi sains peserta didik di Indonesia tergolong rendah. Selama tujuh kali keikutsertaan dalam asesmen PISA, Indonesia selalu berada pada sepuluh peringkat terbawah dari sejumlah negara partisipan lainnya, bahkan skor literasi sains peserta didik Indonesia tahun 2018 mengalami penurunan dibandingkan tahun 2015. Menanamkan kesadaran, mengasah kemampuan dalam memahami bahasa Indonesia yang baik dan benar sejak dini, dapat meningkatkan kemampuan literasi dan menulis generasi muda Indonesia menjadi semakin baik hingga mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dari sebelumnya.

References

Aniyah, A. A. N., Siahaan, F. I., Nurkhofifah, I., & Febriana, I. (2024). Analisis Keanekaragaman Biologi dalam Konteks Penggunaan Bahasa Indonesia: Upaya Peningkatan Literasi Sains di Kalangan Pelajar. Jurnal Biologi, 1(3), 1-7.

Daniah, D. (2020). Pentingnya inkuiri ilmiah pada praktikum dalam pembelajaran IPA untuk peningkatan literasi sains mahasiswa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1).

Dianto, I. (2019). Penulisan Ilmiah Murni dan Populer (Teori dan Praktik). Al-Mau'izhah: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5 (1), 85–101. Diambil dari http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/AlMauizhah/article/view/1690

Ecca, S., & Hanafi, M. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa: Fokus Pada Slow Learner Di Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12(1), 81-93.

Fauzah & Sundary, L. (2024). Studio Analisis Perkembangan Bahasa Indonesia di Era Digital. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(3), 11295-11303.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116.

Hasana, H. (2022). Fungsi Dan Peran Bahasa Indonesia Dalam Penulisan Ilmiah. Jurnal Literasiologi, 8 (4). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i4.391

Hidayat, P. (2014). Pentingnya Konsep Dasar Sains Pada Pendidikan Tingkat Sdmi Dalam Mengejar Kemajuan Teknologi. Al Bidayah, 6(2), 273-289.

Irwan, A. P. (2020). Analisis kemampuan literasi sains pesrta didik ditinjau dari kemampuan menyelesaikan soal fisika di SMAN 2 Bulukumba. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(3), 319149.

Jufrida, J., Basuki, F. R., Pangestu, M. D., & Prasetya, N. A. D. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ipa Dan Literasi Sains Di Smp Negeri 1 Muaro Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(02), 31-38.

Kusumaningrum, K. (2019). Publikasi Dan Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah Berdasarkan Gaya Selingkung. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1–7.

Monika, D., Watini, S., & Ardana, A. (2024). Peran program kelas dalam membina literasi sains pada anak usia dini. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(2), 176-187.

Naila, M. A., Azizah, S. N., & Lubis, F. (2024). Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar pada Proses Belajar Mengajar Kelas 11 IPA 5 SMAN 5 Medan. Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 1(2), 557-563.

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya literasi sains pada pembelajaran IPA SMP abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24-29.

Revita, Y., Marsidin, S., & Sulastri, S. (2023). Peran bahasa dalam penerapan ilmu pengetahuan. Journal on Education, 5(2), 2981-2987.

Riswandani, M. A., & Safrina, N. P. (2024). Melatih Kemampuan Komunikasi Ilmiah Melalui Pembelajaran Inkuiri Dengan Strategi Argument Mapping. In Proceeding Seminar Nasional IPA (pp. 332-339).

Sinyanyuri, S., Utomo, E., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2022). Literasi sains dan asesmen kompetensi minimum (AKM): Integrasi bahasa dalam pendidikan sains. Jurnal Basicedu, 6(1), 1331-1340.

Siregar, M. A., Andini, N. P., Gukguk, N. J. R., Gaol, R. A. M. L., Silaen, M., Febrina, I. (2024). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Baku dalam Konteks Rumpun Biologi: Upaya Meningkatkan Keterbacaan dan Konsistensi Terminologi Ilmiah. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni (JISHS), 2(3), 393-402

Sitanggang, N. D. H., Sanjayanti, A., Aqil, D. I., & Widiyaputra, F. (2024). Peran Literasi Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP. Warta Dharmawangsa, 18(2), 580-589.

Sukardi, A. (2020). Literasi sains dan materi pembelajaran bahasa Indonesia. Universitas Islam Malang.

Susetyo, S., Basuki, R., & Noermanzah, N. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan Melalui Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat , 2 (1), 28–34. https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.35

Yusmar, F., & Fadilah, RE (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13 (1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Downloads

Published

2025-03-29

How to Cite

Mayfa Dwi Arvi, Ika Febriana, Nuha Febry Anisa, Tiwi Cahyani Marpaung, Indah Maysaroh Siagian, & Irene Paulina Napitupulu. (2025). Pengaruh Pemahaman Bahasa Indonesia dan Literasi Pada Pembelajaran Sains Sebagai Alat Komunikasi Ilmiah Berbasis Literatur . Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 7(1), 260–268. https://doi.org/10.29303/kopula.v7i1.6383

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.