Main Article Content

Muhammad Abdullah Mahir Mallawi
Dwi Ulfa Nurdahlia

Abstract

Gaya belajar visual merupakan gaya belajar cenderung melihat, mengamati, dan sejenisnya. Kekuatan gaya belajar ini terletak pada indera penglihatan. Bagi orang yang memiliki gaya ini, mata adalah alat yang paling peka untuk menangkap setiap gejala atau stimulus belajar. Gaya belajar visual dimiliki oleh 15 peserta didik dari 20 peserta didik  (75% peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kandangan). Hal ini juga berdampak terhadap kemampuan analisis peserta didik dalam materi pembagian. Dari 75% peserta didik yang memiliki gaya belajar visual peserta didik yang memiliki kemampuan analisis sangat tinggi ada 53% (8 pesesrta didik), tinggi 33% (5 peserta didik), dan rendah ada 13% (2 peserta didik). Oleh karena itu peserta didik yang memiliki gaya belajar visual madrasah menerapkan pembelajaran yang sesuai agar kemampuan analisis yang dimiliki peserta didik semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh gaya belajar visual terhadap kemampuan analisis materi pembagian kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan pengisian kuisioner, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liniear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya belajar visual tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan analisis materi pembagian peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah.

Article Details

References
Farida, Ida. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Kemampuan Analisis Fungsi Trigonometri. Bekasi: Mikro Media Teknologi, 2022.

Fitri Rahmawati, dkk. Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press, 2017.

Gasong, Dina. Belajar dan Pembelajaran. Sleman: CV Budi Utama, 2018.

Hariyanto dan Suyono. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Hasanah, Risa Zakiatul. Gaya Belajar. Malang : Literasi Nusantara, 2021.

Winarti. “Kemampuan Berpikir Analisis dan Evaluasi dalam Mengerjakan Soal”. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran. Vol. 2 Nomor 1 Tahun 2017.

Wulandari, Andhita Desy. Aplikasi Statistika Parametrik dalam Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Feelicha, 2016.

Yusuf, Muri. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Zurnianti, Dwimei. Pengaruh Gaya Belajar Audio dan Visual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Kelas XI Peminatan MIPA MAN Barito Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan Tahun 2019.