Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Volume Bangun Ruang bagi Guru SD Gugus III Gunungsari
DOI:
https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i1.1338Kata Kunci:
Alat peraga, Media pembelajaran Matematika, Volume bangun ruangAbstrak
ABSTRAK Kurangnya penggunaan alat bantu/ media dalam pembelajaran, mendorong tim pengabdian untuk melakukan kegiatan pelatihan bagi guru-guru SD pelajaran matematika Gugus III Gunungsari, Lombok Barat. Fokus pelatihan adalah pembuatan dan penggunaan alat peraga volume bangun ruang. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan penyampaian materi, dilanjutkan dengan demonstrasi dan pembuatan alat peraga, serta evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam membuat dan menggunakan alat peraga volume bangun ruang meningkat. ABSTRACT The lack of teachers’ interest in using teaching media for mathematics learning encouraged the community service team to conduct a professional development for elementary school mathematics teachers in Cluster III Gunungsari, West Lombok Regency. The community service aims to coach elementary school mathematics teachers to be able to make an instructional media for solid volume learning material. The coaching started with the presentation, demonstration, making the teaching aids, and evaluation. The results show that the coaching has improved the teachers’ knowledge and skills in making and using the solid volume visual aids.Unduhan
Diterbitkan
2022-06-26
Cara Mengutip
Hayati, L., Subarinah, S., Baidowi, B., Kurniati, N., & Arjudin, A. (2022). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Volume Bangun Ruang bagi Guru SD Gugus III Gunungsari. DARMADIKSANI, 2(1), 101–107. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i1.1338
Terbitan
Bagian
Articles