Sosialisasi Hasil Penelitian Aktivitas Pembelajaran dan Asesmen Pemicu Emosi Positif dan Emosi Negatif Mahasiswa
Keywords:
Emosi Mahasiswa, Kegiatan Pembelajaran, Program MagisterAbstract
Emosi diketahui berimplikasi pada kesejateraan manusia secara umum, termasuk motivasi dan produktifitas seseorang. Dalam dunia pendidikan emosi berpengaruh terhadap proses mengikuti pembelajaran dan juga capaian pembelajaran, Oleh karenanya sangat penting bagi semua yang terlibat dalam kegiatan pendidikan untuk berusaha memunculkan sebanyak-banyaknya pemicu emosi positif dan mempertahankannya dan menghindarkan pemicu emosi negatif. Emosi yang positif akan sangat pontensial menjadi pemicu tumbuhnya motivasi dan kinerja yang maksimal bagi semua dalam melakukan tugasnya. Melihat pentingnya peran emosi dalam proses pembelajaran, dipandang perlu melakukan sosialisasi hasil penelitian tahun 2023 tentang faktor pemicu emosi positif dan negatif dalam hubungannya dengan aktivitas dan asesmen pembelajaran Dari penelitian tersebut ditemukan banyak informasi tentang respon mahasiswa secara emosi terhadapdan jenis asesmen yang dilakukan dan diterapkan selama ini: apa saja yang menjadi pemicu munculnya emosi positif dan negatif mahasiswa di dua kegiatan belajar mengajar tersebut. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dua kali, kepada participant yang berbeda dan pada waktu yang berbeda pula. Kegiatan pertama dilakukan kepada mahasiwa semester III dan semester I dan baru setelahnya dilakukan kepada para dosen staf penagajr di Program Studi. Ketika kegiatan PkM dilakukan ke mahasiswa, mereka diberikan kuesioner seperti yang diberikan kepada partisipan penelitian di tahun sebelumnya. Hal ini dlakukan untuk mengetahui persepsi mereka terhadap jenis aktifitas pembelajaran dan jenis asesmen dari sudut emosi yang ditimbulkan. Secara umum tidak ada perbedaan temuan antara hasil penelitian dengan persepsi mahasiswa terhadap aktifitas pembelajaran dan jenis asesmen memicu emosi positif kecuali pada jenis asesmen sit-in examination.Downloads
Published
2024-12-15
How to Cite
Amin, M., Mahyuni, M., Thohir, L., & Basri, A. H. (2024). Sosialisasi Hasil Penelitian Aktivitas Pembelajaran dan Asesmen Pemicu Emosi Positif dan Emosi Negatif Mahasiswa . Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 4(2), 13–24. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/darmadiksani/article/view/5973
Issue
Section
Articles