Main Article Content

Amrullah
Muhammad Fadjri
Sahuddin
Lalu Nurtaat

Abstract

ABSTRAK
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu mengatasi sebagian masalah yang dihadapi oleh dosen-dosen dalam kaitannya dengan merancang tugas-tugas efektif. Masalah utama mitra adalah: (1) bagaimana melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif, (2) bagaimana menyusun tugas-tugas mata kuliah yang mengarah pada peningkatan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi yang lancar berbahasa Inggris, dan (3) bagaimana langkah-langkah pelaksanaan tugas-tugas yang telah disiapkan agar mencapai tujuan pembelajaran yang direncanakan. Pelaksanaan PKM ini berhubungan dengan (1) keterampilan mengajar yang meliputi teori pembelajaran dan model-model pembelajaran kreatif-inovatif, (2) cara menyusun tugas-tugas mata kuliah yang mengarah pada peningkatan kemampuan mahasiswa dalam berkomunuikasi yang lancar berbahasa Inggris, dan (3) langkah-langkah pelaksanaan tugas-tugas yang telah disiapkan itu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa dosen-dosen memiliki motivasi yang besar dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka juga memperlihatkan antusiasme dan keaktifan yang tinggi untuk berbagi pengalaman mengajar menggunakan berbagai metode dalam upaya meningkatkan kemampuan presentasi mahasiswa dalam mata kuliah yang diajarkan.
 
ABSTRACT
This community service program aims at helping overcome some of the problems faced by lecturers in relation to designing effective assignments. The program partners' main problems are related to (1) how to implement active, creative, and innovative learning, (2) how to arrange course assignments that lead to improving students' ability to communicate fluently in English, and (3) steps for implementing the prepared tasks in order to produce the planned learning objectives. The implementation of this program is related to (1) teaching skills including learning theory and creative-innovative learning models, (2) arranging course assignments that lead to increasing students' ability to communicate fluently in English, and (3) creating effective ways for implementing the prepared tasks that are according to the learning objectives. The results indicate that the lecturers have strong motivation in participating in this program. This is shown by their in-class activity and enthusiasm in sharing their experiences in teaching with various methods used in order to improve students' presentation skills.

Article Details

How to Cite
Amrullah, Fadjri, M., Sahuddin, & Nurtaat, L. (2021). Sosialisasi Model Presentasi sebagai Alternatif dalam Pembiasaan Menyiapkan Diri Menghadapi Ujian Proposal dan Skripsi Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unram. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 1(2), 62-69. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v1i2.560