Workshop dan Pendampingan Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Menunjang Flipped Learning untuk Guru-Guru Bahasa Inggris Kota Mataram
Keywords:
Flipped Learning Model, Pengajaran Bahasa Inggris, Pelatihan Guru, Pembelajaran Berpusat pada Siswa, Inovasi PendidikanAbstract
Kegiatan PkM ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model pembelajaran Flipped Learning (FLM) dalam upaya meningkatkan kualitas pengajaran Bahasa Inggris di kalangan guru-guru SMP di Kota Mataram. Melalui program pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan lokakarya dan pendampingan, guru-guru dilatih untuk mengembangkan modul ajar yang inovatif dan sesuai dengan prinsip FLM. FLM adalah model pembelajaran yang membalikkan peran tradisional di kelas, di mana aktivitas pembelajaran utama dilakukan di luar kelas, sementara waktu di kelas digunakan untuk diskusi interaktif dan pembelajaran aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan mengimplementasikan modul ajar berbasis FLM. Selain itu, guru-guru yang terlibat melaporkan peningkatan keterlibatan siswa dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menyoroti potensi FLM sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta memberikan rekomendasi untuk implementasi FLM di sekolah-sekolah lain. Luaran dari kegiatan ini meliputi publikasi ilmiah pada jurnal pendidikan dan pengembangan platform Google Site sebagai media pendukung pembelajaran.Downloads
Published
2024-12-15
How to Cite
Saputra, A., Sujana, I. M., Eka, F., La Ode, A. H. M., & Ulumi, R. (2024). Workshop dan Pendampingan Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Menunjang Flipped Learning untuk Guru-Guru Bahasa Inggris Kota Mataram. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 4(2), 74–84. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/darmadiksani/article/view/5951
Issue
Section
Articles