Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa dengan Game Edukatif pada Program Kampus Mengajar 8 di SMKS Dharma Bhakti Ady

Authors

Kevin Ronald Sragarta , Riris Sugianto , Lalu Jaswadi Putera

DOI:

10.29303/darmadiksani.v5i1.6262

Published:

2025-06-11

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Edisi Juni

Keywords:

Kampus Mengajar, Media Interaktif, Metode Pembelajaran, Numerasi

Articles

Downloads

How to Cite

Sragarta, K. R., Sugianto, R., & Putera, L. J. (2025). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa dengan Game Edukatif pada Program Kampus Mengajar 8 di SMKS Dharma Bhakti Ady. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 5(1), 132–143. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i1.6262

Abstract

Program Kampus Mengajar termasuk program asistensi mengajar di satuan pendidikan yang berperan sebagai mitra yang membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah penugasan. Berkaitan dengan hal tersebut, keterampilan dasar mengajar perlu dikuasai mahasiswa peserta Kampus Mengajar untuk dapat memberikan dampak pada siswa terutama peningkatan kemampuan numerasi. Kegiatan ini bertujuan mengidentifikasi dan memetakan evaluasi program kerja dari metode pembelajaran yang dilakukan selama penugasan. Upaya yang digunakan dalam kegiatan asistensi ini menggunakan metode asistensi tindakan kelas yang dilakukan tim kampus mengajar dengan guru dengan cara melakukan tes berupa pre-test dan post-test pada siswa. Tim kampus mengajar bekerja sama bersama guru untuk menaikkan kemampuan numerasi siswa dengan menggunakan metode pembelajaran interaktif yang telah dirancang yaitu; Implementasi Game Numerasi (Kahoot), Permainan Teka-Teki Silang Numerasi, Implementasi Ular Tangga Numerasi dan Penguatan Matematika (Kuis Ketuk Magic). Hasil yang didapat setelah program berlangsung terdapat kenaikan hasil belajar berdasarkan pre-test dan post-test Asesmen Kompetensi Minimum yang semula 15% menjadi 19%. Hal ini menyatakan bentuk keberhasilan hasil metode pembelajaran yang cukup efektif yang telah berlangsung selama 3 bulan pembelajaran.

Author Biographies

Kevin Ronald Sragarta, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia

Riris Sugianto, Universitas Teknologi Mataram, Mataram, Indonesia

Lalu Jaswadi Putera, English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.