Strategi Percepatan Literasi Kritis dalam Bahasa Inggris pada Santriwati MTs Mu'allimat NWDI Pancor Melalui Kemitraan Perguruan Tinggi, Badan Otonom, dan Madrasah

Authors

  • Ahmad Zamzam English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia
  • Ahmad Junaidi English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia
  • Lalu Jaswadi Putera English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-4127-6447
  • Dewi Satria Elmiana English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia
  • Lia Safitri English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia
  • Annisa Isdiana Rizqiani English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia
  • Hajriana Arfah Universitas Hamzanwadi
  • Muh. Ramli Universitas Hamzanwadi
  • Udin Udin English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia
  • Husnul Lail English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Keywords:

Extended Learning Oppotunity, Kemitraan, Kesempatan Belajar yang Diperluas, Literasi Kritis

Abstract

Literasi kiritis merupakan kebutuhan dasar dalam kehidupan akademik dan interaksi sosial pada era globalisasi informasi dan komunikasi dewasa ini. Melalui aktivitas literasi kiritis dengan bahan ajar yang di sekitar peserta didik, bapak/ibu guru dapat merancang pengalaman belajar (learning experiences) yang interaktif lintas mata pelajaran. Sebagai salah satu kata kunci dari rumusan tujuan Pendidikan Nasional, kritis dan kreatif dapat diwujudkan melalui lintas mata pelajaran, termasuk dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dengan melibatkan mahasiswa yang tergabung dalam English Speaking Club, guru mata pelajaran Bahasa Inggris, guru pembina asrama santri, dan beberapa orang santri, kesempatan belajar (learning opportunity) yang lebih luas dapat diciptakan untuk memfasilitasi kesuksesan pemerolehan bahasa Inggris seiring dengan perkembangan literasi santri di MTs Mu’allimat NWDI Pancor. Pendekatan pengabdian ini dilaksanakan melalui workshop. Kegiatan workshop ini diselenggarakan secara bauran (blended) minimal 32 jam. Target luaran wajib pengabdian ini adalah artikel yang dipublikasikan pada jurnal nasional (accepted), publikasi di sosial media. Adapun luaran tambahan, yakni naskah program dan surat pernyataan pemaanfaatan produk oleh pihak pengelaola asrama santriwati MTs Mu’allimat NWDI Pancor dalam hal pengembangan budaya asrama dalam percepatan literasi kritis sebagai kegiatan santri di luar jam sekolah.

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Zamzam, A., Junaidi, A., Putera, L. J., Elmiana, D. S., Safitri, L., Rizqiani, A. I., … Lail, H. (2024). Strategi Percepatan Literasi Kritis dalam Bahasa Inggris pada Santriwati MTs Mu’allimat NWDI Pancor Melalui Kemitraan Perguruan Tinggi, Badan Otonom, dan Madrasah. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 4(2), 1–12. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/darmadiksani/article/view/5356

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.