Sosialisasi Hasil Penelitian tentang Faktor Pemicu Emosi Positif dan Negatif Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tesis di Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Authors

Muhammad Amin , Nawawi Nawawi , Mahyuni Mahyuni , Lalu Thohir

DOI:

10.29303/darmadiksani.v3i2.3694

Published:

2023-12-16

Issue:

Vol. 3 No. 2 (2023): Edisi Desember

Keywords:

Faktor Pemicu Emosi;, Emosi Positif dan Negatif Mahasiswa;, Penyelesaian Tesis

Articles

Downloads

How to Cite

Amin, M., Nawawi, N., Mahyuni, M., & Thohir, L. (2023). Sosialisasi Hasil Penelitian tentang Faktor Pemicu Emosi Positif dan Negatif Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tesis di Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 3(2), 69–78. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v3i2.3694

Abstract

ABSTRAK Emosi diketahui berdampak langsung atau tidak langsung pada kesehatan manusia secara umum, terhadap kinerja seseorang, capaian pembelajaran, termasuk juga motivasi dalam melakukan sesuatu. Dalam konteks studi pascasarjana, hal yang sering menjadi penyebab lambatnya mahasiswa menyelesaikan studi adalah tidak cepat tuntasnya penelitian dan penulisan tesis mereka. Penelitian-penelitian yang telah dilakukan tentang penyebab lambatnya penyelesaian tugas akhir berupa tesis ini adalah karena sering munculnya pemicu emosi negatif oleh pihak-pihak yang secara langsung terlibat kegiatan akademik di kampus, yang selanjutnya berdampak pada kelancaran pengerjaan tugas dimaksud. Lebih khusus lagi, penelitian yang dilakukan tim pengabdian ini baru saja menyelesaikan penelitian yang mengidentifikasi faktor-faktor pemicu emosi mahasiswa selama mengerjakan tesis dan bagaimana pengaruhnya terhadap pengerjaan tesis mereka.  Tentu kegiatan ini akan sangat penting untuk memberikan informasi kepada pihak terkait, yang selanjutnya akan menimbulkan kesadaran untuk dapat membantu mencegah timbulnya emosi negatif dan membantu munculnya emosi positif mahasiswa yang nantinya mempercepat selesainya tugas akhir mahasiswa di program Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Disamping  kontribusi pragmatis bagi mahasiwa di Program Studi tempat pengabdian ini dilakukan, luaran lain yang diharapkan adalah terdiseminasinya program pengabdian ini pada jurnal nasional  atau prosiding  internasional.   ABSTRACT Emotions are known to have a direct or indirect impact on human health in general, affecting an individual's overall performance, learning achievements, and motivation in various activities. In the context of postgraduate studies, a common factor contributing to students' delayed completion is the slow progress of their research and thesis writing. Research on the reasons for the sluggish completion of final tasks, such as theses, reveals that a significant cause is the frequent emergence of negative emotional triggers from those directly involved in academic activities on campus, subsequently disrupting the smooth progress of these tasks. More specifically, a recent study conducted by this service team has just wrapped up research identifying the emotional triggers experienced by students while working on their theses and how these triggers influence the progress of their thesis work. This endeavor is crucial for providing information to relevant parties, fostering awareness, and helping to prevent the occurrence of negative emotions while promoting the emergence of positive emotions among students. This, in turn, expedites the completion of students' final tasks in the Master's Program in English Education. In addition to the practical benefits for students in the Program where this service is conducted, another expected outcome is the dissemination of this service program in national journals or international proceedings.

Author Biographies

Muhammad Amin, English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Nawawi Nawawi, English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Mahyuni Mahyuni, English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Lalu Thohir, English Education Program, FKIP, University of Mataram, Indonesia

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 

You may also start an advanced similarity search for this article.