Pelatihan Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru-Guru di Lingkungan MAN Lombok Barat
Keywords:
Bahasa Inggris, Kolaboratif, Model Pembelajaran, PartisipatifAbstract
Pembelajaran yang bahasa Inggris yang efektif sebagaimana diharapkan dalam Education 4.0 adalah yang pembelajaran bahasa yang melibatkan siswa untuk berpartisipasi dan berkolaborasi dengan siswa lainnya di kelas secara lisan dan tulisan. Namun sebagian besar guru Bahasa Inggris mengajar menggunakan metode mengajar teacher-centered yang mengakibatkan siswa pasif dan enggan untuk berpartisipasi dan berkolaborasi dengan siswa lain. Berdasarkan hal tersebut kegiatan pengabdian pada masyarakat bertujuan: 1) untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif siswa dalam belajar melalui model pembelajaran kolaboratif dan partisipatif, 2) memecahkan salah satu permasalahan utama yang dihadapi guru-guru bahasa Inggris terkaiti rendahnya motivasi dan kemampuan siswa dalam berkolaborasi, berpikir kritis, berkreasi dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, dan (3) mengembangkan kerjasama antara Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNRAM dengan pemangku kepentingan terutama guru-guru Bahasa Inggris di lingkungan MAN Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah dengan presentasi untuk menyampaikan informasi tentang pembelajaran kolaboratif dan partisipatif pemberian model, dan praktik atau latihan terbimbing dan mandiri. Jumlah peserta kegiatan yaitu 30 orang guru di lingkungan MAN Lombok Barat. Luaran kegiatan ini adalah artikel yang diterbitkan pada jurnal Paper akan diterbitkan di Jurnal Pengabdian Darma Diksani.Downloads
Published
2024-12-15
How to Cite
Lestari, Y. B., Yusra, K., Susanti, N. W. M., Nawawi, N., & Muhaimi, L. (2024). Pelatihan Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru-Guru di Lingkungan MAN Lombok Barat. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 4(2), 106–113. Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/darmadiksani/article/view/5946
Issue
Section
Articles