PERANAN MAHASISWA KKN DALAM MEMAJUKAN UMKM DI ERA GLOBALISASI MELALUI PEMBUATAN WEBSITE, AKUN MEDIA SOSIAL PEMASARAN

Penulis

Andika wisnu Wijaya , tomi kuniawan , Fauziah Fauziah , Wanda juita , Wiwid awaliatun

DOI:

10.29303/wicara.v2i5.5534

Diterbitkan:

2024-10-29

Terbitan:

Vol 2 No 5 (2024): Jurnal Wicara Desa

Kata Kunci:

Startegi Pemasaran, UMKM, Digitalisasi

Articles

Unduhan

Cara Mengutip

Wijaya, A. wisnu, kuniawan, tomi, Fauziah, F., juita, W., & awaliatun, W. (2024). PERANAN MAHASISWA KKN DALAM MEMAJUKAN UMKM DI ERA GLOBALISASI MELALUI PEMBUATAN WEBSITE, AKUN MEDIA SOSIAL PEMASARAN. Jurnal Wicara, 2(5), 421–431. https://doi.org/10.29303/wicara.v2i5.5534

Abstrak

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Lewirato, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, berfokus pada pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di era digital.  Penelitian ini menitikberatkan pada  meningkatkan visibilitas dan jangkauan pasar UMKM melalui strategi pemasaran digital, seperti penggunaan media sosial, WhatsApp, Instagram, Facebook, dan Twitter (X). Program ini didasari oleh data yang menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi digital seperti Website, WhatsApp, Instagram, Facebook, dan TikTok meningkat signifikan di Indonesia.  Dengan demikian,  pemanfaatan platform digital menjadi sangat penting bagi UMKM untuk menjangkau konsumen potensial. Metode yang digunakan dalam program ini meliputi sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan pembuatan akun media sosial.  Hasilnya menunjukkan peningkatan penjualan, visibilitas, dan pengetahuan tentang digitalisasi bagi pelaku UMKM.  Tantangan yang dihadapi meliputi akses internet terbatas, kesulitan menggunakan teknologi, dan kurangnya modal. Saran yang diberikan meliputi perluasan akses internet, program pelatihan berkelanjutan, dukungan modal, dan pengembangan infrastruktur digital.  Program ini diharapkan dapat menjadi model bagi program KKN lainnya dalam membantu UMKM menghadapi tantangan di era globalisasi.

Referensi

Anastasya, A. (2023). Data Umkm, Jumlah Dan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Indonesia. Ukmindonesia.Id. Https://Ukmindonesia.Id/Baca-Deskripsi-Posts/Data-Umkm-Jumlah-Dan-Pertumbuhan-Usaha-Mikro-Kecil-Dan-Menengah-Di-Indonesia

Bruce, E., Shurong, Z., Ying, D., Yaqi, M., Amoah, J., & Egala, S. B. (2023). The Effect of Digital Marketing Adoption on SMEs Sustainable Growth: Empirical Evidence from Ghana. Sustainability, 15 (6), 4760. https://doi.org/10.339 0/su15064760

Budiman, A. W., Setiawan, A., & Nugroho, S. (2023). Pengembangan Sistem Layanan Informasi Berbasis Web dengan Memanfaatkan AI Pada ChatGPT. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(4), 592-602.

Bukit, F. R. A., AS, G. G., Irvan, I., & Fahmi, F. (2019). Pembuatan Website Katalog Produk UMKM Untuk Pengembangan Pemasaran dan Promosi Produk Kuliner. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 229-236.

Darnis, F., & Azdy, R. A. (2019). Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi (e-Commerce) sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Desa Pedado. Sindimas, 1(1), 275-278.

Iqbal, M. (2021). "Peran Website dalam Peningkatan Informasi Publik." Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 14(2), 112-125

Kurniawati, E., Idris, I., Handayati, P., & Osman, S. (2021). Digital transformation of MSMEs in Indonesia during the pandemic. Entrepreneurship and Sustainability Issues, 9 (2), 316 – 331. https://doi.org/10.9770/jesi.2021.9.2 (21)

Mahmood, I. P. (2018). 7 key challenges for the future of ASEAN. World Economic Forum. https://www.weforum.org/agenda /2018/08/7 - challenges - to - business - in - the - asean - region - and - how - to - solve - them/

Mohamad Azhar, N. A. Z., & Mohd Shakil, N. S. (2021). The Intervention of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Malaysia’ s Digital Economy. Global Business and Management Research: An International Journal, 13(4), 312–322

Mulyana, D. (2019). "Sosialisasi dalam Perspektif Komunikasi: Studi Teoritis dan Implementasi di Indonesia." Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), 127-144.

Nurhaidah, & Musa, M. I. (2015). Dampak Pengaruh Globalisasi bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3), 1-14.

OECD. (2017). Going Digital: Making the Transformation Work for Growth and Well - Being. In OECD Publishing. https://www.oecd.org/mcm/docu ments/C - MIN - 2017 - 4 EN.pdf

Sari, Rafika, et al. "Pemberdayaan Masyarakat UMKM di Era Digital Melalui Kegiatan KKN Desa Sitiwinangun." Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO) 3.1 (2023): 84-95.

Soekanto, S. (2020). "Sosiologi: Suatu Pengantar." Jurnal Sosiologi Indonesia, 10(1), 1-15.

Tambunan, C. R. (2023). Kontribusi Umkm Dalam Perekonomian Indonesia. Kementerian Keuangan Ri. Https://Djpb.Kemenkeu.Go.Id/Kppn/Lubuksikaping/Id/Data-Publikasi/Artikel/3134-Kontribusi-Umkm-Dalam-Perekonomian-Indonesia.Html

Indrawati, A., Wati, A. P., Martha, J. A., & Fransiska, N. A. (2020). Digital Marketing: Edulitera.

Wijoyo, H., Vensuri, H., Musnaini, M., Widiyanti, W., Sunarsi, D., Haudi, H., ... & Rizka Akbar, I. (2020). Digitalisasi umkm.

Widiastuti, N. (2021). Ekonomi Digital Di Indonesia, Peluang Dan Strategi.

Biografi Penulis

Andika wisnu Wijaya, Universitas Mataram

tomi kuniawan, Universitas Mataram

Fauziah Fauziah, Universitas Mataram

Wanda juita, Universitas Mataram

Wiwid awaliatun, Universitas Mataram

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.