UPAYA PERLUASAN PANGSA PASAR PRODUK UMKM KELOMPOK TENUN GUMESA DI DESA GIRI TEMBESI MELALUI DIGITAL MARKETING DAN INOVASI KEMASAN

  • Arda Yomi Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Yogik Dwianto Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poliitik, Universitas Mataram
  • Zausan Maulia Lestari Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • M. Shagiar Maulana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Insan Mulia Karunia Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • Sri Ayu Fitrianingsih Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Lestin Eliana Himi Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poliitik, Universitas Mataram
  • Baiq Nada Subhiandari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Ummi Raehanatul Salwa Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Mayada Dwi Rejeki P. Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
Kata Kunci: KKN, Digital, Marketing, Inovasi, Kemasan

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan implementasi dan konkretisasi dari pengabidan kepada masyarakat yang merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui kegiatan KKN Pengabdian Masyarakat Desa (PMD) di Desa Giri Tembesi, diharapkan akan ada transfer ilmu yang berkaitan dengan digital marketing dan inovasi kemasan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat desa tentang pentingnya digital marketing dan inovasi kemasan untuk memperluas potensi pasar produk UMKM di Desa. Untuk membangkitkan kesadaran tersebut dilakukan upaya-upaya yang terstruktur berupa, penyuluhan atau sosialisasi, hingga pendampingan langsung terhadap salah satu UMKM yakni Kelompok Tenun Dharma Yasa. Hasil kegiatan tersebut menunjukkan adanya peningkatan pemahaman pelaku UMKM akan pentingnya digital marketing dan inovasi kemasan.

Referensi

Ardiyanto A. 2018. Analisis Penggunaan Media Sosial dalam Pengembangan UMKM di Desa Kemasan Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali. Skripsi. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Surakarta.

Astuti M, Agni Rizkita Amanda R A. 2020. Pengantar Manajemen Pemasaran. Deepublish

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2023. apjii.or.id, https://survei.apjii.or.id, di akses 17 Juli 2023

Belch, George E., Belch, Michal, A. 2009. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective, 8th Edition. New York: Pearson Education.

Dikria, O & Sri W. 2016. Pengaruh Literasi keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. JPE Volume 9, Nomor 2

DJKN Kementerian Keuangan. 2020. UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html, di akses pada 1 Juli 2023.

Dinda D., Gunawan A. I., Najib, M.,F. 2021. Perancangan Aktivitas Pemasaran UMKM Percetakan Melalui Media Katalog. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 8 No. 1

Fernanda, Adista B. 2021. Manfaat Dan Pentingnya Digitalisasi Di Era Saat Ini. http://www.digitalbisa.id/artikel/manfaat-dan-pentingnya-digitalisasi-era- saat-ini-wxf4f, di akses 18 Agustus 2023

Thomas L. Wheelen Hunger and J. David Hunger .2008. Strategic Management and Business Policy. New Jersey : Prentice Hall Internasional.

Kotler, P. & Keller, K. L. 2016. Marketing Manajemen Edisi 15 Global Edition . England: Pearson Education Limited

Mukhsin. 2019. Manfaat Penerapan Marketing Online Menggunakan E-Commerce dan Media Sosial Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Teknokom Vol. 2 No. 1.

Mangifera, Pramesti, & Dewi. 2016. Efektifitas katalog sebagai media promosi bagi pengembangan UMKM di Kabupaten Sragen. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 43-47.

Njoto T. 2016. Pengaruh Desain Kemasan, Cita Rasa, Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bumi Anugerah. Performa : Jurnal Manajemen dan Start-Up Bismis Volume 1, Nomor 4.

Schiffman, L.G. & Wisenblit, J.L. 2015. Consumer Behavior Edisi 11 Global Edition. England : Pearson Education

T. Yeri. 2020. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pemasaran Minuman Di Banjarbaru, FISIPOL Uniska-bjm: https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwifte2LzOWAAxUT7zgGHUqTCFQQFnoECA4QAQ&url=http%3A%2F%2Feprints.uniska-bjm.ac.id%2F2001%2F1%2FARTIKEL%2520YERI%2520TRI%2520KURNIANTO%2520NPM%252016110062.pdf&usg=AOvVaw1SXziHg1R6EOeOTzk7T_dq&opi=89978449, di akses 18 Agustus 2023

Vocke P, Paulus K, Imelda O. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas, Promosi Dan Keunikan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Souvenir Amanda Collection. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol. 15 No. 15.

Diterbitkan
2023-08-30