Kebijakan Sekolah dalam Penguatan Karakter Peserta Didik Berdasarkan Nilai Islam di SMAN 1 Praya

Authors

  • Rodiyatul Adawiyah
  • Ebi Sariwati
  • Rizkan Kamilah
  • Marsya Kurnia Widiasry
  • Mutiara Ulfah
  • Suriati Zulfa
  • Laelatun Nisak
  • Agus Kurnia University of Mataram image/svg+xml

Keywords:

Pendidikan Karakter, Kebijakan Sekolah, Nilai Islam, Akhlak Mulia, Pembiasaan Religius

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pergeseran nilai moral di kalangan peserta didik yang menuntut sekolah untuk memperkuat pendidikan karakter berbasis nilai Islam. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kebijakan sekolah dalam membentuk akhlak mulia siswa di SMAN 1 Praya serta menilai dampaknya terhadap sikap dan perilaku peserta didik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara terhadap tenaga pendidik dan siswa, serta analisis deskriptif terhadap kebijakan yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan sekolah berupa program pembiasaan religius seperti membawa dan membaca Al-Qur’an, pembacaan Asmaul Husna, salat berjamaah, kegiatan IMTAQ, serta kewajiban berpakaian sesuai syariat memberikan pengaruh positif terhadap kedisiplinan, tanggung jawab, dan sikap saling menghormati. Pembiasaan ini secara bertahap membentuk karakter siswa yang religius, disiplin, dan berakhlak mulia. Kesimpulannya, kebijakan sekolah yang konsisten dan partisipatif efektif dalam memperkuat pendidikan karakter berbasis Islam. Rekomendasi penelitian menekankan perlunya evaluasi berkelanjutan, keterlibatan aktif siswa, serta pengembangan kegiatan ekstrakurikuler religius untuk memperkuat pembinaan karakter secara holistik.

Downloads

Published

2025-11-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Kebijakan Sekolah dalam Penguatan Karakter Peserta Didik Berdasarkan Nilai Islam di SMAN 1 Praya. (2025). SILA, 1(1), 51-60. https://journal.unram.ac.id/index.php/sila/article/view/8858

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)