PENGARUH METODE MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 12 AMPENAN TAHUN AJARAN 2021
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.84Kata Kunci:
Talking Stick, IPA, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SDN 12 Ampenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Research dengan desain penelitian Pre-Experimental Design tipe one group pretest-posttet Design.. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD dengan jumlah 24 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample dengan jumlah sampel 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan jenis paired sample t-test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) hasil belajar IPA peserta didik bernilai sama yaitu 0,000 pada taraf signifikansi 5% dengan jumlah N=22. Nilai sig.(2-tailed) tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode Talking Stick terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SDN 12 Ampenan Tahun Ajaran 2021.Referensi
Bundu, Patta. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Dalam Pembelajaran Sains. Jakarta : Depdiknas.
Faradita, M. N. (2018). Pengaruh metode pembelajaran type talking stick terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas 4 sekolah dasar. Jurnal Bidang pendidikan dasar, 2(1A), 47-58.
Hasrudin, F., & Asrul, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 94-102.
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurulhayati. (2002). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.
Sugiyono. (2018). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta: Pustaka Prestasi.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, (online), via : (https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6), diakes 20 Oktober 2021.