IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DI SDN 30 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021

Penulis

Gendis Shoha Zakhia , Muhammad Tahir , Baiq Niswatul Khair

DOI:

10.29303/pendas.v3i1.443

Diterbitkan:

2022-06-20

Terbitan:

Vol 3 No 1 (2022): Juni 2022

Kata Kunci:

critical thinking skill, elementary school student, science subject

Articles

Cara Mengutip

Zakhia, G. S., Tahir, M., & Khair, B. N. (2022). IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DI SDN 30 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 3(1), 39–48. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.443

Abstrak

Pada era abad ke-21 ini terjadi perubahan yang sangat besar yang disebut revolusi industri 4.0. Era ini sangat membutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, sehingga dibutuhkan kemampuan berpikir kritis di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN 30 Mataram tahun 2020/2021 untuk dapat bersaing dan terjun langsung ke dalam revolusi industri 4.0. Penelitian ini memperhatikan 6 aspek berpikir kritis, seperti focus, reason, inference, situation, clarity dan overview. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 30 Mataram. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 25,71% siswa yang memperoleh hasil dengan kategori sangat baik, 40,00% siswa memperoleh hasil dengan kategori baik, 22,86% siswa memperoleh hasil dengan kategori cukup dan siswa yang memperoleh hasil kategori kurang sebesar 11,43%.

Referensi

Djali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Doang, W., Gunayasa, I. B. K., & Setiawan, H. (2022). Hubungan Budaya Membaca dengan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di SDN 3 Lenek Daya Tahun 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 579-584.

Khofiyah, H. N., & Santoso, A. (2019). Pengaruh model discovery learning berbantuan media benda nyata terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61-67.

Lailaturrahmah, E., Tahir, M., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Retensi dan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Peserta Didik SD. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 1(1), 1-11.

Liberna, H. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Formatif Vol 2(3). (https://lib.unnes.ac.id/25326/1/4101412091.pdf diakses tanggal 20 Februari 2021)

Ridho, Shofwan. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. (https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/194/pdf diakses tanggal 15 April 2021).

Risnawati, A., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat SDN Wora. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 109-115.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Surya, Muhammad. (2003). Teori-Teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Syamsuar, dkk. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan.

Zain, U. N. I., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 71-74.

Biografi Penulis

Gendis Shoha Zakhia, Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram

Muhammad Tahir, Universitas Mataram

Baiq Niswatul Khair, Universitas Mataram