PROSES PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONTESSORI PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK SISWA KELAS 1 SD
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.103Keywords:
MEDIA PEMBELAJARAN, MONTESSORI, PENJUMLAHAN DAN PENGURANGANAbstract
This study aims to determine the process of using the addition and subtraction montessori learning media on the addation and subtraction material for grade 1 elementary school students. This research is a descriptive qualitative study with 21 students as respondents consisting of 11 male and 10 female. Data obtained through the results of questionnaires, interviews, dan observations. Based on the results of the study, it shows that out of 21 students 19 student understand addition and subtraction material and cas use addition and subtraction board learning media very well difficuly understanding addation and subtraction material because these students experience slow learning.References
Anitah, S. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Arif S. Sadiman,dkk. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta:Rajawali Press.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran . Jakarta: Rajawali Pers.
Destrinneli. Pengembangan Media Konkrit Pada Pembelajaran Kelas III SD. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol. 3, No. 2, 2018.
Dewi, Sari dan Putri, Yolanda Aouldri. Stimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Matematika Montessori. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 4, No 1, 2020.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI no. 20 tahun 2003. Tentang system pendidikan nasional.
Jalinus N & Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Khoirunisa’, Siti. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian dengan Penggunaan Alat Peraga Montessori. Jurnal Ibtida’i. Vol. 5, No. 2, 2018.
Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mumtazah, Durotun & Rohmah, Lailatu. 2018. Implementasi Prinsip-prinsip Montessori dalam Pembelajaran AUD. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol. 3, No. 2, 2018.
Nugrahanta, Ari. Pengembangan Alat Peraga Matematika Berbasis Metode Montessori Papan Dakon Operasi Bilangan Bulat Untuk Siswa SD. Jurnal Penelitian. Vol XII, No. 2, 2016.
Permatasai, Rizky. Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Krian IV Sidoarjo. Jurnal PGSD. Vol. 2, No. 2, 2014.
Arif S. Sadiman,dkk. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta:Rajawali Press.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran . Jakarta: Rajawali Pers.
Destrinneli. Pengembangan Media Konkrit Pada Pembelajaran Kelas III SD. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol. 3, No. 2, 2018.
Dewi, Sari dan Putri, Yolanda Aouldri. Stimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Matematika Montessori. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 4, No 1, 2020.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI no. 20 tahun 2003. Tentang system pendidikan nasional.
Jalinus N & Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Khoirunisa’, Siti. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian dengan Penggunaan Alat Peraga Montessori. Jurnal Ibtida’i. Vol. 5, No. 2, 2018.
Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mumtazah, Durotun & Rohmah, Lailatu. 2018. Implementasi Prinsip-prinsip Montessori dalam Pembelajaran AUD. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol. 3, No. 2, 2018.
Nugrahanta, Ari. Pengembangan Alat Peraga Matematika Berbasis Metode Montessori Papan Dakon Operasi Bilangan Bulat Untuk Siswa SD. Jurnal Penelitian. Vol XII, No. 2, 2016.
Permatasai, Rizky. Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Krian IV Sidoarjo. Jurnal PGSD. Vol. 2, No. 2, 2014.
Downloads
Published
04-06-2021
How to Cite
Hartati, Y., Ilhamdi, M. L. ., & Khair, B. N. (2021). PROSES PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONTESSORI PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK SISWA KELAS 1 SD. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(1), 67–71. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.103
Issue
Section
Articles