ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 3 TERONG TAWAH TAHUN AJARAN 2020/2021

Penulis

  • Rosidah Rosidah Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Lalu Hamdian Affandi PGSD FKIP UNRAM
  • Awal Nur Kholifatur Rosyidah PGSD FKIP UNRAM

DOI:

https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.439

Kata Kunci:

Kesulitan Belajar Matematika, Operasi Hitung Pecahan, Matematika SD

Abstrak

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern. Kenyataan yang ada di lapangan bahwa kegiatan pembelajaran matematika memiliki tingkat kesulitan belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pelajaran lainnya terutama pada materi operasi hitung pecahan. Hal ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung, kurangnya minat dan perhatian siswa terhadap pembelajaran matematika dan juga metode pembelajaran masih menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika pada materi operasi hitung pecahan dan upaya perbaikan yang dilakukan oleh guru kelas III SDN 3 Terong Tawah untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di SDN 3 Terong Tawah dengan subjek penelitian yaitu 6 siswa kelas III yang mengalami kesulitan belajar matematika dan yang memperoleh nilai dibawah KKM.Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik materi operasi hitung pecahan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Interactive Analysis Metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kesulitan belajar pada materi operasi hitung pecahan.  Jenis kesulitan matematika yang dialami siswa yaitu kesulitan membaca dan memahami maksud soal, kesulitan dalam memahami konsep matematika pada materi operasi hitung pecahan, dan siswa kesulitan dalam keterampilan proses menegerjakan soal operasi hitung pecahan. Upaya perbaikan yang digunakan oleh guru dengan mengadakan bimbingan belajar khusus, melakukan pengulangan kembali materi yang belum dipahami dan dilakukan perbaikan atau remedial terhadap siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM.

Referensi

Jamaris, Martin. 2015. Kesulitan Belajar: Perspekti, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Makmun, Abin Syamsuddin. 2009. Psikologi Kependidikan (Perangkat Sistem Pengarahan Modul). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mudjito. 2010. Model Bahan Ajar Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar, Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan Nasional.

Prasetyawan, Galeh Dwi. 2016. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Congkrang Mutilan Magelang.

Sutarto & Syafruddin. 2013. Desain Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Samudra Biru

Tyas, Mulyangsih Ni’mah. 2016. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV SDN di Kecamatan Ungaran Barat. Sumedang.

Diterbitkan

2022-06-18

Cara Mengutip

Rosidah, R., Affandi, L. H. ., & Rosyidah , A. N. K. . (2022). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 3 TERONG TAWAH TAHUN AJARAN 2020/2021. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 3(1), 28–38. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.439

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama