ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS V SDN 16 CAKRANEGARA
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.399Kata Kunci:
Analisis, Keterampilan, Menulis CerpenAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat keterampilan siswa kelas V SDN 16 Cakranegara dalam menulis cerita pendek. Pada penelitian ini diterapkan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Salah satu bentuk penilaian pada keterampilan menulis cerpen siswa adalah dengan melihat kelengkapan unsur intrinsik pada cerpen siswa. Sumber data pada penelitian ini yaitu hasil karya cerpen siswa yang berjumlah 27 cerpen. Hasil karya menulis cerpen siswa dianalisis dan dideskripikan berdasarkan usur intrinsik cerpen yaitu tema, tokoh, latar, alur, dan amanat. Berdasarkan tolak ukur penilaian ketermpilan menulis cerpen siswa dikategorikan sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang. Hasil analisis ketermpilan menulis cerpen, siswa yang berkategori sangat baik berjumlah 11 siswa dengan pesentase 40,74%. 4 siswa berkategori baik dengan persentase 14,81%. 4 siswa berkategori cukup dengan persentase 14,81%. 7 siswa berkategori kurang dengan persentase 25,92% dan 1 siswa memperoleh kategori sangat kurang dengan persentase 3,70%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampian menulis cerpen siswa kelas V SDN 16 Cakranegara berkategori baik, sesuai perhitungan jumlah nilai keseluruhan 1883 dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 69,74. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi kepada guru untuk lebih giat memberikan latihan menulis kepada siswa, terutama menulis cerpen agar kemampuan menulis cerpen siswa lebih baik. dan bagi peneliti selajutnya untuk menganalisi keterampilan menulis cerpen siswa sekolah dasar dikelas yang lain.Referensi
Ahmad Rofi’udin dan Darmiyati Zuchdi. (1999). Pendidikan Bahasa dan sastra di kelas tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud.
Akhadiah, sabarti. (1998). Pembina Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
Chairunnisa, Connie. (2017). Metode Penelitian Ilmiah. Jakarta : Mitra Wacana Media
Enny Zubaidah. (2012). Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Cerita Anak Melalui Strategi Menulis Terbimbing. Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.
Nurgiantoro, Burhan. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadja Mada University Press
Rusyana, Yus. (1984). Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: CV. Diponegoro.
Suharyanto, S. (2002). Dasar-dasar Teori Sastra. Surakarta. Widya Duta
Suparno., & Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.