PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 1 BAREJULAT

Penulis

Yunita Aryani , Ida Bagus Kade Gunayasa , Heri Hadi Saputra

DOI:

10.29303/pendas.v2i2.395

Diterbitkan:

2021-12-20

Terbitan:

Vol 2 No 2 (2021): Desember 2021

Kata Kunci:

pembelajaran Resiprokal, metode pembelajaran, keterampilan berbicara

Articles

Cara Mengutip

Aryani, Y., Gunayasa, I. B. K., & Saputra, H. H. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 1 BAREJULAT. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(2), 118–126. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.395

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 1 Barejulat. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis dan praktis. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Desain katagori Noneequivalent Kontrol Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data yaitu dengan uji prasyarat 1). Uji normalitas 2).  Uji homogenitas 3). Uji Hipotesis menggunkan uji Anakova. Hasil penelitian menunjukkan nilai nilai pretest  tertinggi  siswa kelas kontrol (Vb) adalah 70, sedangkan nilai terendah 45. Kemudian hasil tertinggi pretest kelase ksperimen (Va) adalah75, nilai terendah 43. nilai posttest  tertinggi  siswa kelas kontrol (Vb) adalah 73, sedangkan nilai terendah 50. Kemudian hasil tertinggi posttestt kelase ksperimen (Va) adalah 83, nilai terendah 65. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 1 Barejulat.

Referensi

Akhir, M. (2017). Penerapan strategi belajar reciprocal teaching terhadap kemampuan membaca pada siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 30-38.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Rosenshine, B., & Meister, C. (1994). Reciprocal teaching: A review of the research. Review of educational research, 64(4), 479-530.

Riduwan. (2014). Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sari, Y. I., Putra, I. K. A., & Suniasih, N. W. (2019). Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(2), 58-64.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sugiyono. (2019) . Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alvabeta.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Supriyadi , dkk. (2005). Pendidikan Bahasa Indonesia2. Jakarta: Depdikbud

Trianto. (2011). Model-Model Pemnelajaran Inovatif Beriorentasi Konstruktivistik (Konsep, Landasan, Teoritis-Praktis dan Implementasinya). Jakarta: Prestasi Pustaka

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Biografi Penulis

Yunita Aryani, PGSD FKIP Universitas Mataram

Ida Bagus Kade Gunayasa, PGSD FKIP Universitas Mataram

Heri Hadi Saputra, PGSD FKIP Universitas Mataram

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama