PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 1 BAREJULAT
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.395Kata Kunci:
pembelajaran Resiprokal, metode pembelajaran, keterampilan berbicaraAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 1 Barejulat. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis dan praktis. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Desain katagori Noneequivalent Kontrol Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data yaitu dengan uji prasyarat 1). Uji normalitas 2). Uji homogenitas 3). Uji Hipotesis menggunkan uji Anakova. Hasil penelitian menunjukkan nilai nilai pretest tertinggi siswa kelas kontrol (Vb) adalah 70, sedangkan nilai terendah 45. Kemudian hasil tertinggi pretest kelase ksperimen (Va) adalah75, nilai terendah 43. nilai posttest tertinggi siswa kelas kontrol (Vb) adalah 73, sedangkan nilai terendah 50. Kemudian hasil tertinggi posttestt kelase ksperimen (Va) adalah 83, nilai terendah 65. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 1 Barejulat.Referensi
Akhir, M. (2017). Penerapan strategi belajar reciprocal teaching terhadap kemampuan membaca pada siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 30-38.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Rosenshine, B., & Meister, C. (1994). Reciprocal teaching: A review of the research. Review of educational research, 64(4), 479-530.
Riduwan. (2014). Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sari, Y. I., Putra, I. K. A., & Suniasih, N. W. (2019). Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(2), 58-64.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sugiyono. (2019) . Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alvabeta.
Suprijono, Agus. (2012). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Supriyadi , dkk. (2005). Pendidikan Bahasa Indonesia2. Jakarta: Depdikbud
Trianto. (2011). Model-Model Pemnelajaran Inovatif Beriorentasi Konstruktivistik (Konsep, Landasan, Teoritis-Praktis dan Implementasinya). Jakarta: Prestasi Pustaka
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional