ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS V SDN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v3i2.381Kata Kunci:
Kemampuan Menulis, cerita pendekAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen siswa kelas V SDN 7 Mataram tahun ajaran 2020/2021 dalam hal (1) kelengkapan aspek formal, (2) unsur-unsur cerita seperti tema, tokoh, latar dan alur, (3) kalimat efektif, penggunaan ejaan, dan keterpaduan antarparagraf. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VB SDN 7 Mataram. Teknik pengambilan sampel data pada penelitian ini adalah purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan analisis dokumentasi berupa cerpen karya siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah rubrik penilaian cerpen yang telah divalidasi oleh ahli menggunakan teknik expert judgement. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi/content analysis dikarenakan penelitian ini akan menganalisis cerita pendek (cerpen) siswa kelas V SDN 7 Mataram. Hasil analisis cerpen siswa menunjukan bahwa dari segi kelengkapan aspek formal siswa-siswi kelas V SDN 7 Mataram memperoleh hasil 38,75%, dan masuk kedalam kategori rendah, dari segi unsur-unsur cerita masuk kedalam kategori sangat baik karena rata-rata yang di dapat yaitu 96,25%, dari segi kalimat efektif dapat dikategorikan cukup karena nilai rata-rata sebesar 62,5%, dari segi penggunaan ejaan yaitu sebesar 81,25% masuk kedalam kategori baik, dari segi aspek keterpaduan antarparagraf mendapatkan kategori sangat baik karena rata-rata skor sebesar 91,25%. Hasil nilai rata-rata 20 cerpen karya siswa kelas V SDN 7 Mataram dari segi kelengkapan aspek formal, adanya unsur-unsur cerpen, kalimat efektif, kelengkapan ejaan, dan keterpaduan anta paragraf yaitu 73,25% maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerpen siswa kelas V SDN 7 Mataram dalam kategori cukup baik.Referensi
Harliyana, Iba & Shella, Ayu. (2020). Teknik Pelukisan Tokoh Dalam Novel Bulan Kertas Karya Arafat Nur. Universitas Malikussaleh. 8(1)
Kristianto, Benedictus Aditya. (2017). “Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Pendidikan Lingkungan Hiduo Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas Bawahâ€. Skripsi. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidiakan Jurusan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Muhardi & Hasanuddin, WS. (2006). Prosedur Analisis Fiksi: Kajian Strukturalisme. Pa&g: Citra Budaya Indonesia.
Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahas. Solo: Cakra Books.
Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Penilaian Pembelajaran Bahasa & Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
Semi, M. Atar. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Sidiq, Umar & Miftachul Choiri. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bi&g Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.
Subroto. (2019). “Analisis Kemampuan Menulis Kalimat Deskriptif Siswa Kelas V Sekolah Dasar SDN 3 Tumang, Cepogo, Boyolaliâ€. Tesis. Magister Pengkajian Bahasa Sekolah Pascasarjana. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, & R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutarsih. (2015). Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IV SD Kota Magelang, 14(1), 71-84.
Suyanto, Edi. (2015). Membina, Memelihara, Dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar: Kajian Historis-Teoritis Dan Praktis Tulis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Yazid, Khusnul. (2016). Judul, Tema, Dan Topik Karangan. Jurusan Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Semarang.