ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBUATAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 GUGUS 1 KECAMATAN GERUNG
DOI:
https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.104Kata Kunci:
kesulitan guru, rencana pelaksanaan pembelajaran, kurikulum 2013Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 di Gugus 1 Kecamatan Gerung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui hasil angket (kuesioner), wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru masih mengalami kesulitan dalam membuat komponen RPP Kurikulum 2013. Ada beberapa catatan yang didapatkan dari hasil analisis yaitu: strategi pembelajaran (24,64%), alokasi waktu (27,05%), kompetensi dasar (13,52%), indikator pencapaian kompetensi (62,32%), tujuan pembelajaran (53,62%), materi pembelajaran (9,06%), pendekatan dan model pembelajaran (54,59%), media pembelajaran (59,42%), Langkah-langkah pembelajaran (62,32%), Sumber pembelajaran (20,29%) dan penilaian (46,38%). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa guru mengalami kesulitan membuat langkah-langkah pembelajaran, pendekatan dan model pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, media pembelajaran dan penilaian.Referensi
Ariesca, Y., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Berbasis Online Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Progres Pendidikan, 2(1), 20-25.
Ernawati, dkk. 2017. Analisis Kesulitan Guru Dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol.5, No.2, hlm. 49-56.
Ibnu Badar, Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kunandar. 2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Group. Vol 1.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kurniawan. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Kurniawati, Nur. 2018. Analisis Kesulitan Guru IPA Biologi Dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran IPA Biologi MTS Negeri Kelara Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.
Normawati, N. 2016. Pemanfaatan Komputer dalam Pembelajaran di SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 23(5):239-250.
Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.
Septina, L. D., & Istiningsih, S. (2020). Analisis Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Oleh Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 41 Ampenan. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(2), 85-89.
Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Affandi, L. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2020). Analisis Kendala Guru Di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Suwandani, Rona A. 2020. Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Di SDN Gugus 1 Kecamatan Janapria. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia,Vol. 2, No. 1, hal. 24-30.
Widyastono, Herry.2014. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiyana. 2013. Pengaruh Pengetahuan KTSP dan Pendidikan terhadap Kemampuan Menyusun RPP Guru SDN Jatiyoso Tahun 2011/2012. Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol.1, No. 2,
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Widodo, Ari dkk. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI PR.
Ernawati, dkk. 2017. Analisis Kesulitan Guru Dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol.5, No.2, hlm. 49-56.
Ibnu Badar, Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kunandar. 2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Group. Vol 1.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kurniawan. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Kurniawati, Nur. 2018. Analisis Kesulitan Guru IPA Biologi Dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran IPA Biologi MTS Negeri Kelara Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.
Normawati, N. 2016. Pemanfaatan Komputer dalam Pembelajaran di SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 23(5):239-250.
Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.
Septina, L. D., & Istiningsih, S. (2020). Analisis Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Oleh Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 41 Ampenan. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(2), 85-89.
Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Affandi, L. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2020). Analisis Kendala Guru Di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Suwandani, Rona A. 2020. Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Di SDN Gugus 1 Kecamatan Janapria. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia,Vol. 2, No. 1, hal. 24-30.
Widyastono, Herry.2014. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiyana. 2013. Pengaruh Pengetahuan KTSP dan Pendidikan terhadap Kemampuan Menyusun RPP Guru SDN Jatiyoso Tahun 2011/2012. Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol.1, No. 2,
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Widodo, Ari dkk. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI PR.
Unduhan
Diterbitkan
2021-06-04
Cara Mengutip
Wulantari, V., Ermiana, I. ., & Oktaviyanti, I. (2021). ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBUATAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 GUGUS 1 KECAMATAN GERUNG. JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(1), 72–81. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.104
Terbitan
Bagian
Articles