Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Berbantuan Padlet Pada Siswa Kelas VII SMP Harapan 1 Medan
DOI:
10.29303/kopula.v7i2.6633Published:
2025-04-29Issue:
Vol. 7 No. 2 (2025): OktoberKeywords:
Bahan Ajar, Menulis Puisi, PadletArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pembelajaran menulis puisi di kelas VII-B SMP Harapan 1 Medan masih menghadapi berbagai kendala, seperti kesulitan dalam pemilihan diksi, menemukan ide, penggunaan majas, serta rendahnya rasa percaya diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis puisi berbantuan Padlet guna meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII-B SMP Harapan 1 Medan tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Padlet membantu siswa dalam memperkaya diksi, meningkatkan kreativitas dalam menemukan ide, serta mendorong penggunaan majas yang lebih variatif. Selain itu, Padlet juga meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri siswa dalam menulis puisi. Dengan demikian, integrasi teknologi dalam pembelajaran menulis puisi terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta keterampilan menulis siswa.References
Apriliana, A. (2022). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkakan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa SMP Islam AL Kautsar. Jurnal Impresi Indonesia.
Baroroh , A. Z., Kusumastuti, D. A., & Kamal, R. (2024). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 269-286.
Beltrán-Martín, I. (2019). Using Padlet for collaborative learning. 1-8.
England, S. (2017). Collaborate and motivate with Padlet. Accents Asia, 56-60.
McKnight, K. O. (2016). Teaching in a Digital Age: How Educators Use Technlogogy to Improve Student Learning. Journal of Research on Technology in Education, 194-211.
Paino, N. P., Surip, M., Dalimunthe, S. F., & Wuriyani, E. P. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Bot Telegram Pada Materi Cerita Pendek Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Tingkat SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 22-29.
Sartono, A. Z., Hidayat, R., Hakim, L., Alhan, K., Sari, W. D., & Ika. (2023). Analisis Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 82-92.
Sukirman, S. (2020). Tes kemampuan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah. Jurnal Konsepsi, 72-81.
Wibawa, F. A., & Pritandhari, M. (2020). Pemanfaatan Nasional Penelitian dan Pengambdian Kepada Masyarakat. Seminar Nasional Peneliyian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Widianto, E., Husna, A., Sasami, A. N., Rizkia, E. F., Dewi, F. K., & Cahyani, S. A. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal Of Education and Teaching, 213-224.
Yanti, N., Gafar, A., & Rofli, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Zhi, Q., & Su, M. (2015). Enhance Collaborative Learning by Visualizing Process of Knowledge Building with Padlet. Educational Innovation through Technology, 221-225.
Author Biographies
Yulia Nadhira Yulia, Universitas Negeri Medan
Uci Rahmadhani, Universitas Negeri Medan
Rizky Fauzan Akbar, Universitas Negeri Medan
Syairal Fahmi Dalimunthe, Universitas Negeri Medan
M. Surip, Universitas Negeri Medan
License
Copyright (c) 2025 Yulia Nadhira Yulia, Uci Rahmadhani, , Rizky Fauzan Akbar, Syairal Fahmi Dalimunthe, M. Surip

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).