Visual Identity Produk Susu Murni Tunas Baru Farm Padang Panjang
DOI:
10.29303/kopula.v7i1.6193Published:
2025-03-13Issue:
Vol. 7 No. 1 (2025): MaretKeywords:
Visual Identity, Desain, Logo, Brand, Tunas Baru MilkArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Visual identity adalah sebuah identitas yang berkaitan dengan image atau citra suatu perusahaan. Visual identity sebagai upaya dalam strategi promosi yang sesuai dengan target market dan solusi promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk perancangan identitas visual Tunas Baru Milk dengan menciptakan identitas visual berupa logo yang sesuai dengan prinsip desain sehingga dapat lebih dikenal masyarakat dan dapat bersaing dengan kompetitor. Metode penelitian adalah metode perancangan untuk merancang visual identity produk Susu Murni Tunas Baru Farm dengan metode Glass Box. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap: Persiapan, Inkubasi, Iluminasi dan Verifikasi. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis adalah analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threat). Hasil penelitian diperoleh Uji Validasi terhadap desain Logo yang dihasilkan terdiri dari 3 desain. Logo 1 dengan nilai 3,01, Logo 2 dengan nilai 3,35 dan Logo 3 dengan nilai 3,29. Sehingga Logo 2 menjadi alternatif pilihan desain final sebagai identitas visual utamaTunas Baru Milk yang diterapkan sesuai dengan grid systemReferences
A. R. Sabila, R. A. Siswanto, dan O. A. Supriadi, “Perancangan Identitas Visual Dan Media Promosi Kampanye Sosial Computer Vision Syndrome Untuk Meningkatkan Kesadaran Akan Kesehatan Mata Ditengah Pandemi Covid-19,” e-Proceeding of Art & Design, vol. 9, no. 3, 2022.
Wisnom, David, & Perry, Alicia. (2004). Before the Brand: Creating the Unique DNA of an Enduring Brand. New York: McGraw-Hill.
S. Rustan, Logo 2021, 1 ed. Jakarta: CV. Nulisbuku Jendela Dunia, 2021.
Heldi, H., Dwi, M. S., Hendra, A., Yofita, S., & Azis, A. C. K. (2024). UNP SIGAP Logo Design as an Earthquake and Tsunami Disaster. Journal of Community Research and Service, vol 8, no. 1, 2024.
Keller, Kevin Lane. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Pearson, 2013.
Hadi Sowerdanto. (2015). Metode Kotak Kaca: Pendekatan Rasional dalam Pengambilan Keputusan. Jakarta: Penerbit Ilmu Terapan.
Marta, W. (2021). Redesain Logo Pada Produk Kopi Sago
Author Biographies
Muhammad Leo Faldo, Universitas Negeri Padang
Dwi Mutia Sari, Universitas Negeri Padang
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Leo Faldo, Dwi Mutia Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).