Analisis Komparasi Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X Terbitan Swasta Pakar Raya Dan Yrama Widya
DOI:
10.29303/kopula.v4i1.2721Published:
2022-03-17Issue:
Vol. 4 No. 1 (2022): MaretKeywords:
perbandingan, kualitas buku ajar, kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, kelayakan grafisArticles
Downloads
How to Cite
Habibullah, B., Sukri, sukri, & Effendi, M. (2022). Analisis Komparasi Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X Terbitan Swasta Pakar Raya Dan Yrama Widya. Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan, 4(1), 38–43. https://doi.org/10.29303/kopula.v4i1.2721
Abstract
Buku ajar pelengkap mempunyai peran penting sebagai penunjang sumber materi. Oleh karena itu, setiap guru atau sekolah harus mampu menyeleksi buku ajar pelengkap yang sesuai dengan materi dan kurikulum yang berlaku, sehingga menunjang tercapainya standar kompetensi inti dan kompetensi dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan grafis buku ajar pelengkap terbitan swasta Pakar Raya dan Yrama Widya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian kelayakan isi buku siswa bahasa Indonesia kelas X SMA/MA terbitan swasta Pakar raya karya Meita Sandra Santhi, Uti Darmawati, dan Anton Suparyanta jumlah persentase adalah 91%, sedangkan terbitan swasta Yrama Widya karya Yadi Mulyadi jumlah persentase adalah 95%. Kelayakan pola penyajian terbitan swasta Pakar Raya jumlah skor 95%, sedangkan terbitan swasta Yrama Widya jumlah skor 95%. Kelayakan kebahasaan terbitan swasta Pakar Raya jumlah skor 93%, sedangkan terbitan swasta Yrama Widya jumlah skor 95%. Kelayakan grafis terbitan swasta Pakar Raya dan terbitan swasta Yrama Widya sangat baik. Buku terbitan swasta Yrama Widya karya Yadi Mulyadi ini memiliki hasil skor lebih layak dibandingkan terbitan swasta Pakar Rama karya Meita Sandra Santhi, Uti Darmawati, dan Anton SuparyantaReferences
Arijalurahman. 2015. “Analisis Buku Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas IXâ€. Skripsi. Universitas Negeri Mataram.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Pendidikan dan Pusat Perbukuan. 2014. Instrumen Penilaian Tahap I dan Tahap II Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar Dan Menengah. Tersedia [Online] http://bsnp-indonesia.org/?p=1340 ¬¬(diunduh 16 Agustus 2021)
Burhan, Nurgiantoro. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Depdiknas. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Intiana, Siti Rohana Hariana. (2018). Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia. Mataram: FKIP Universitas Negeri Mataram.
Moleong, Lexy J. (2007). Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Pratiwi, Meilia. 2017. “Analisis Buku Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama (Smp) Kelas IXâ€. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Pusbuk. 2005. Pedoman Penilaian Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisa Bahasa. Yogyakarta: Duta wacana University Press.
Sugono, Dendy. (1989). Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.
Sugiyono (2012) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABET
Sumardi. 2000. Panduan Penelitian, Pemilihan, Penggunaan, dan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SD: sebagai Sarana Pengembangan Kepribadian, Penalaran, Kreativitas, dan Keterampilan Berkomunikasi Anak. Jakarta: Grasindo.
Supriadi, Dedi. 2001. Anatomi Buku Sekolah Di Indonesia Probematik Penilaian, Penyebaran dan Penggunaan Buku Pelajaran, Buku Bacaan, dan Buku Sumber. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Wagiran, W. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Budi Utama.
Yulianti, Uki Hares. 2011. “Analisis Perbandingan Kualitas Buku Teks BSE Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas VII Karya Ratna Susanti, Atikah Anindyarini-Sri Ningsih, dan Maryati-Sutopo: Kajian Isi, Penyajian, dan Bahasaâ€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Zuchdi, Darmiyati. 1993. Panduan Penelitian Analisis Konten. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Pendidikan dan Pusat Perbukuan. 2014. Instrumen Penilaian Tahap I dan Tahap II Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar Dan Menengah. Tersedia [Online] http://bsnp-indonesia.org/?p=1340 ¬¬(diunduh 16 Agustus 2021)
Burhan, Nurgiantoro. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Depdiknas. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Intiana, Siti Rohana Hariana. (2018). Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia. Mataram: FKIP Universitas Negeri Mataram.
Moleong, Lexy J. (2007). Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Pratiwi, Meilia. 2017. “Analisis Buku Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama (Smp) Kelas IXâ€. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Pusbuk. 2005. Pedoman Penilaian Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisa Bahasa. Yogyakarta: Duta wacana University Press.
Sugono, Dendy. (1989). Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.
Sugiyono (2012) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABET
Sumardi. 2000. Panduan Penelitian, Pemilihan, Penggunaan, dan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SD: sebagai Sarana Pengembangan Kepribadian, Penalaran, Kreativitas, dan Keterampilan Berkomunikasi Anak. Jakarta: Grasindo.
Supriadi, Dedi. 2001. Anatomi Buku Sekolah Di Indonesia Probematik Penilaian, Penyebaran dan Penggunaan Buku Pelajaran, Buku Bacaan, dan Buku Sumber. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Wagiran, W. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Budi Utama.
Yulianti, Uki Hares. 2011. “Analisis Perbandingan Kualitas Buku Teks BSE Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas VII Karya Ratna Susanti, Atikah Anindyarini-Sri Ningsih, dan Maryati-Sutopo: Kajian Isi, Penyajian, dan Bahasaâ€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Zuchdi, Darmiyati. 1993. Panduan Penelitian Analisis Konten. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
Author Biographies
Bukran Habibullah, a:1:{s:5:"en_US";s:19:"UNIVERSITAS MATARAM";}
sukri Sukri, UNIVERSITAS MATARAM
Mahmudi Effendi, UNIVERSITAS MATARAM
License
Authors who publish with Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Kopula: Jurnal Pendidikan dan Bahasa.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).