JRP VOL.3 NO.1 MARET 2024 PENGARUH PERSAINGAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MI INSTAN MEREK SUPERMI PT INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK DI KOTA MATARAM

Penulis

  • lalu ade irawan
  • rusminah hs FEB UNRAM

DOI:

https://doi.org/10.29303/jrp.v3i2.4788

Kata Kunci:

Persaingan, Promosi, Keputusan Pembelian, competition, promotion, buying decision

Abstrak

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persaingan dan promosi terhadap keputusan pembelian mie instan merk Supermi PT. Indofood Cbp Sukses Makmur Tbk di Kota Mataram. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli produk Supermi di Kota Mataram. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data yang telah memenuhi uji instrumen penelitian dan uji asumsi klasik kemudian diolah untuk mendapatkan persamaan regresi. Teknik analisis data menggunakan program SPSS Versi 25. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa Persaingan (X) dan Promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada mie instan merek Supermi PT. Indofood@ Cbp Sukses Makmur Tbk di Kota Mataram. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa persaingan dan promosi yang dilakukan oleh Supermi dapat mempengaruhi konsumen di Kota Mataram untuk Melakukan Keputusan pembelian.Kata Kunci: Persaingan, Promosi, Keputusan PembelianABSTRACTThis study aims to examine the influence of competition and promotion on the purchase decision of instant noodles brand Supermi PT. Indofood Cbp Sukses Makmur Tbk in Mataram City. The population in this study is all consumers who buy Supermi products in Mataram City. The number of samples in this study amounted to 100 respondents with sampling techniques using non-probability sampling with the Accidental sampling method. The data analysis used was Multiple Linear Regression to prove the research hypothesis. Data that have met the test of research instruments and classical assumption tests are then processed to obtain regression equations. Data analysis technique using SPSS program Version 25. Based on the results of data analysis, it was obtained that Competition (X) and Promotion (X2) had a significant effect on Purchase Decisions (Y) in Supermi brand instant noodles PT. Indofood Cbp Sukses Makmur Tbk in Mataram City. The results of this study indicate that competition and promotion carried out by Supermi can influence consumers in Mataram City to make purchasing decisions.Keyword: competition, promotion, buying decision

Diterbitkan

2024-05-31