https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/issue/feed Jurnal Riset Pemasaran 2023-06-07T07:41:29+00:00 JRP jrp@unram.ac.id Open Journal Systems <p>Tujuan&nbsp;Jurnal Riset Pemasaran&nbsp;adalah:<br>1. Menyebarluaskan pengetahuan, penemuan, dan pengembangan ilmu pemasaran secara teori maupun praktis melalui hasil-hasil riset.<br>2. Mengakomodasi hasil-hasil riset ilmiah denga dunia bisnis yang membutuhkan.<br>3. Memotivasi para peneliti pemasaran dan praktisi bisnis untuk mempublikasikan hasil temuan dalam bidangmya.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/2674 PENGARUH SELEBGRAM ENDORSEMENT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA UNTUK MELAKUKAN PEMBELIAN PRODUK EMINA DI KOTA MATARAM 2023-06-07T07:41:27+00:00 DWI PUTRA BUANA SAKTI dwiputrabs@unram.ac.id lalu edy herman mulyono laluedyhermanmulyono@unram.ac.id Dwinda Suci Brigita dsucibrigita846@gmail.com <h1 style="margin-right: 2.45pt; line-height: normal;"><span style="font-size: 11.0pt;">ABSTRAK</span></h1> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>Selebgram Endorsement </em>terhadap <em>Perilaku Konsumtif Remaja </em>untuk <em>melakukan pembelian</em> produk Emina di Kota Mataram. Jenis penelitian yang dipakai ialah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai ialah metode <em>survey </em>dengan memakai data primer yang dihimpun langsung dari responden menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 60 orang.&nbsp; Hasil analisis menunjukkan bahwa <em>Selebgram Endorsement </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>perilaku konsumtif,</em> <em>Selebgram Endrosement </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan <em>Perilaku Konsumtif </em>tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil pembahasan yang penulis paparkan pada BAB IV&nbsp; dapat ditarik kesimpulan bahwa kekuatan yang dimiliki Selebgram Endorsement mampu mempengaruhi konsumen untuk membeli produk Emina. Sehingga, diharapkan perusahaan mampu mempertahankan merek Emina dengan cara memberikan penghargaan dan diskon kepada member dari produk Emina.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>This study aims to determine the effect of Celebrity Endorsement on the Consumptive Behavior of Adolescents to purchase Emina products in Mataram City. The type of research used is causal associative research with a quantitative approach. The data collection method used is a survey method using primary data collected directly from respondents using a questionnaire with a sample of 60 people. The results of the analysis show that Celebrity Endorsement has a positive and significant effect on consumptive behavior, Celebrity Endorsement has a positive and significant effect on purchasing decisions and Consumptive Behavior has no positive and significant effect on purchasing decisions. From the results of the discussion that the author described in CHAPTER IV it can be concluded that the power possessed by Selebgram Endorsement is able to influence consumers to buy Emina products. Thus, it is hoped that the company will be able to maintain the Emina brand by giving awards and discounts to members of Emina products.</em></p> 2023-06-07T07:39:13+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pemasaran https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/2675 PENGARUH GAYA HIDUP DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG BEKAS di PASAR KARANG SUKUN 2023-06-07T07:41:27+00:00 Annas Yusti Apriza akabaneyusti@gmail.com sulhaini sulhainisaadi@unram.ac.id Junaidi Sagir junaidisagir@gmail.com <h1>ABSTRAK</h1> <p>Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Gaya Hidup dan Status Sosial Ekonomi terhadap keputusan Pembelian Barang Bekas di Pasar Karang Sukun. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram yang pernah membeli barang bekas di pasar Karang Sukun.. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket/kuisioner dan online survey dengan menyebarkan kuisioner melalui google form yang berisi pernyataan tentang Gaya Hidup, Status Sosial Ekonomi dan Keputusan Pembelian.</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>This research was conducted to examine the effect of Lifestyle and Socio-Economic Status on the decision to Purchase Used Goods at the Karang Sukun Market. This type of research is associative with a quantitative approach. The population in this study were all students of the Faculty of Economics and Business, University of Mataram who had bought used goods at the Karang Sukun market. The number of samples used in this study was 100 people using the survey method. The data collection techniques used were observation, questionnaires/questionnaires and online surveys by distributing questionnaires via the Google form containing statements about Lifestyle, Socio-Economic Status and Purchasing Decisions.</em></p> 2023-06-07T07:39:51+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pemasaran https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/2676 PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA DAN KAPABILITAS INOVATIF TERHADAP KEBERHASILAN PEMASARAN USAHA MIKRO, SENTRAL KERAJINAN INDUSTRI KAIN TENUN PRINGGASELA 2023-06-07T07:41:28+00:00 Sifak Qori Annisa sifaqoriannisa@gmail.com Baiq Handayani Rinuastuti hrinuastuti@unram.ac.id Akhmad Saufi AkhmadSaufi@unram.ac.id <p>&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh karakteristik wirausaha terhadap Keberhasilan Pemasaran Usaha Mikro, Sentral Kerajinan Industri Kain Tenun Pringgasela (2) Untuk mengetahui pengaruh kapabilitas inovatif terhadap Keberhasilan Pemasaran Usaha Mikro, Sentral Kerajinan Industri Kain Tenun Pringgasela. Metode penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengusaha UMKM kain tenun di kecamatan pringgasela berjumlah 60 pengusaha<strong>. </strong>Variable terikat dalam penelitian ini adalah Keberhasilan Pemasaran Usaha Mikro, Sentral Kerajinan Industri Kain Tenun Pringgasela sedangkan variable bebas dalam penelitian ini adalah karakterstik wirausaha dan kapalitas inovatif<strong>. </strong>Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu sensus. Alat analisis data dalam penelitian ini menggunakan software SPSS versi 24. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Variabel karakteristik wirausaha mempunyai pengaruh yang positif tapi tidak signifikan terhadap keberhasilan pemasaran usaha mikro, sentral kerajinan industri kain tenun Pringgasela (2) Variabel karakteristik kapabilitas inovatif mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keberhasilan pemasaran usaha mikro, sentral kerajinan industri kain tenun Pringgasela.</p> <h2><em>ABSTRACT </em></h2> <p><em>The aims of this study were (1) to determine the effect of entrepreneurial characteristics on the marketing success of micro-enterprises, Pringgasela woven cloth industrial craft center (2) to determine the effect of inovatif capability on the marketing success of micro-enterprises, Pringgasela woven cloth industrial craft center. This research method used an associative method using a quantitative approach. The population in this study were 60 entrepreneurs in the woven fabric entrepreneurs in Pringgasela. The dependent variable in this study was the Marketing Success of Micro Enterprises, Pringgasela Woven Fabric Industrial Craft Center, while the independent variables in this study were entrepreneurial characteristics and innovative capacity. The data collection method used was census. The data analysis tool in this study used SPSS software version 24. The conclusions in this study were (1) Variable entrepreneurial characteristics have a positive but not significant influence on the success of marketing micro-enterprises, the center of the Pringgasela woven fabric craft industry (2) Variable characteristics of innovative capabilities have a positive and significant influence on the success of micro-enterprise marketing, the center of the Pringgasela woven fabric craft industry. </em></p> 2023-06-07T07:40:09+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pemasaran https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/2677 PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP BUYING INTENTION PADA PRODUK SOMETHINC DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MODERASI 2023-06-07T07:41:28+00:00 Ardelia Sani Arvia Millatina ardeliasani@gmail.com Akhmad Saufi AkhmadSaufi@unram.ac.id Dwi Putra Buana Sakti dwiputrabs@unram.ac.id <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini guna mengetahui pengaruh <em>viral marketing</em> terhadap <em>buying intention</em> pada produk Somethinc dengan <em>brand awareness</em> sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini masyarakat Kota Mataram yang mengetahui <em>brand</em> Somethinc dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden serta teknik pengambilan sampel secara <em>non probability sampling</em> dengan metode <em>purposive sampling</em>. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan yaitu sample survey. Teknik pengambilan data memakai kuesioner online. Analisis yang digunakan <em>moderated regression analysis</em> (MRA). Sesuai hasil analisis data statistik, indikator pada penelitian ini valid dan reliabel. Hasil penelitian ini membuktikan <em>viral marketing</em> berpengaruh terhadap <em>buying intention</em>. Sedangkan pengaruh <em>brand awareness</em> sebagai variabel moderasi tidak bisa memperkuat variabel <em>viral marketing</em> terhadap <em>buying intention</em></p> <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p><em>With brand awareness serving as a moderating variable, the purpose of this study is to ascertain whether or not viral marketing influences intention to buy Something products. With a sample of 100 respondents and the non-probability sampling technique employing the purposive sampling method, this study's population consists of Mataram City residents who are familiar with the Something brand. This study employs a sample survey, uses primary and secondary data, and conducts quantitative research. An online questionnaire is used for data collection. Moderated regression analysis (MRA) is the method used. The statistical data analysis of this study's indicators shows that they are valid and reliable. This study demonstrates that viral marketing influences consumer intent to buy. In the meantime, brand awareness's moderating effect on buying intention cannot strengthen the viral marketing variable.</em></p> 2023-06-07T07:40:29+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pemasaran https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/2678 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI KE DESA WISATA HIJAU BILEBANTE YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN WISATAWAN 2023-06-07T07:41:28+00:00 Didi Riadi didi25471@gmail.com Lalu Adi Permadi laluadipermadi@unram.ac.id Weni Retnowati weni_nice@yahoo.com <p><strong>Abstrak</strong>: Penelitian inibertujuan untuk mengetahui lebih jauh tentang pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap minat berkunjung kembali (Y), pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan wisatawan (Z) dan pengaruh kepuasan wisatawan (Z) terhadap minat berkunjung kembali(Y) ke Desa Wisata Hijau Bilebante. Responden pada penelitian ini berjumlah 100 wisatawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dugunakan adalah sampel survey menggunakan angket dan <em>online </em>survey melalui kuesioner. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asusmsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali ke Desa wisata hijau Bilebante. (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan ke Desa wisata hijau Bilebante. (3) kepuasan wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali ke Desa wisata hijau Bilebante.</p> <p><strong>Abstract:</strong><em> This study aims to find out more about the effect of service quality (X) on interest in revisiting (Y), the effect of service quality (X) on tourist satisfaction (Z), and the effect of tourist satisfaction (Z) on interest in revisiting (Y) at Bilebante Green Tourism Village. The respondents in this study amounted to 100 tourists. The type of research used is causal-associative with a quantitative approach. The data collection methods used are a sample survey using a questionnaire and an online survey through a questionnaire. The technical analysis used is descriptivestatistical analysis, classical assumption tests, hypothesis testing, and path analysis. The results of this study indicate that (1) service quality has a positive and significant effect on interest in visiting Bilebante's green tourism village. (2) Service quality has a positive and significant effect on tourist satisfaction in the Bilebante green tourism village. (3) Tourist satisfaction has a positive and significant effect on interest in visiting Bilebante's green tourism village.</em></p> 2023-06-07T07:40:46+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pemasaran