Jurnal Riset Pemasaran https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp <p>Tujuan&nbsp;Jurnal Riset Pemasaran&nbsp;adalah:<br>1. Menyebarluaskan pengetahuan, penemuan, dan pengembangan ilmu pemasaran secara teori maupun praktis melalui hasil-hasil riset.<br>2. Mengakomodasi hasil-hasil riset ilmiah denga dunia bisnis yang membutuhkan.<br>3. Memotivasi para peneliti pemasaran dan praktisi bisnis untuk mempublikasikan hasil temuan dalam bidangmya.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> en-US jrp@unram.ac.id (JRP) Sun, 02 Jun 2024 23:06:42 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 JPM VOL.3 NO.2 JUNI 2024 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS MOYO HILIR https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4781 <p>ABSTRAK<br>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada <br>puskesmes Moyo Hilir penelitian ini menggunakan lima variable independen yaitu tangibles, reliability, <br>responsivines, assurance, dan empathy dengan satu variable dependen yaitu kepuasan pasien. Populasi pada <br>penelitian ini adalah pasien puskesmas Moyo Hilir pengujian ini dilakukan pada 100 responden.<br>Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Non-Probability Sampling dengan pendekatan <br>purposiv sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, untuk itu sampel yang dipilih <br>adalah yang pernah melakukan pengobatan lebih dari satu kali. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu <br>regresi linier berganda,teknik pengumpulan datanya yaitu berupa angket dan observasi dengan menggunakan alat <br>pengumpulan data berupa kuesioner.<br>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, yaitu tangibles, responsivines, assurance, <br>dan empathymempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien Puskesmas Moyo Hilir sedangkan <br>reliability tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien Puskesmas Moyo Hilir. Pernyataan <br>ini didukung dengan hasil uji t pada variable tangibles dengan nilai signifikansi sebesar 0,006&lt; 0,050 pada <br>variable reliability hasil uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0,604&gt; 0,050 pada variable responsiviness hasil uji <br>t dengan nilai signifikansi sebesar 0,020 &lt; 0,050 pada variable assurance hasil uji t dengan nilai signifikansi <br>sebesar 0,022&lt; 0,050pada variable empathy hasil uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0,047&lt; 0,050 dan nilai R² <br>pada kepuasan pasien adalah sebesar 51,1= 51,1%</p> <p>&nbsp;</p> <p>ABSTRACT<br>This study aims to examine the effect of service quality on patient satisfaction at the Moyo Downstream <br>Health Center. This study uses five independent variables namely tangibles, reliability, responsiveness, assurance, <br>and empathy with one dependent variable, namely patient satisfaction. The population in this study were patients <br>at the Moyo Downstream Public Health Center. This test was carried out on 100 respondents.<br>This study uses a sampling technique Non-Probability Sampling with an accidental sampling approach, <br>namely the technique of determining the sample by chance, that is, anyone who happens to meet with the <br>researcher can be used as a sample. The technique used in this research is multiple linear regression, the data <br>collection technique is in the form of a questionnaire and observation using a data collection tool in the form of a <br>questionnaire.<br>The results of this study show that service quality, namely tangibles, responsiveness, assurance, and <br>empathy, has a significant influence on patient satisfaction at the Moyo Hilir Community Health Center while <br>reliability does not have a significant influence on patient satisfaction at the Moyo Hilir Community Health Center. <br>This statement is supported by the results of the t test on the tangibles variable with a significance value of 0.006 <br>&lt; 0.050 on the reliability variable, the results of the t test with a significance value of 0.604 &gt; 0.050 on the variable <br>responsiveness, the results of the t test with a significance value of 0.020 &lt; 0.050 on the variable assurance, the <br>results of the t test with The significance value is 0.022 &lt; 0.050 on the empathy variable, the results of the t test <br>with a significance value of 0.047 &lt; 0.050 and the R² value on patient satisfaction is 51.1 = 51.1%</p> DINDA PRATIWI, rusminah hs Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pemasaran https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4781 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0000 JRP VOL.3 NO.1 MARET 2024 PENGARUH DIGITAL MARKETING, FLASH SALE & CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND AWARENESS SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MATARAM https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4783 <p>ABSTRAK<br>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Digital Marketing, Flash Sale, dan <br>Celebrity Endorser terhadap kesadaran merek Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan <br>Bisnis Universitas Mataram. Dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden dari <br>Universitas Mataram Fakultas Ekonomi dan Bisnis, penelitian ini menemukan bahwa Digital <br>Marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek Shopee. <br>Sementara itu, Flash Sale dan Celebrity Endorser tidak menunjukkan pengaruh yang <br>signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa pemasaran digital marketing efektif dalam <br>meningkatkan kesadaran merek, sementara itu seperti Flash Sale dan Celebrity Endorser<br>mungkin tidak efektif dalam meningkatkan kesadaran merek shopee pada mahasiswa fakultas <br>ekonomi dan bisnis universitas mataram</p> <p>&nbsp;</p> <p>ABSTRACT<br>This research aims to determine the effect of Digital Marketing, Flash Sale, and Celebrity <br>Endorser on Shopee brand awareness among students of the Faculty of Economics and <br>Business, Mataram University. Using a sample of 100 respondents from the Faculty of <br>Economics and Business, Mataram University, this study found that Digital Marketing has a <br>positive and significant effect on Shopee brand awareness. Meanwhile, Flash Sale and <br>Celebrity Endorser did not show any significant effect. These results indicate that digital <br>marketing is effective in increasing brand awareness, while Flash Sale and Celebrity Endorser<br>may not be effective in increasing Shopee brand awareness among students of the Faculty of <br>Economics and Business, Mataram University.</p> m razhu hidayatullah, lalu edy herman mulyono Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pemasaran https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4783 Fri, 31 May 2024 01:16:47 +0000 JRP VOL.3 NO.1 MARET 2024 PENGARUH DIGITAL MARKETING, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG DI KOTA MATARAM https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4785 <p>ABSTRAK<br>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Digital Marketing, Citra Merek dan Kualitas Produk <br>terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung di kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan <br>adalah penelitian pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey dengan <br>menggunakan data yang dikumpulkan dari responden menggunakan kuisioner melalui google form. Populasi <br>penelitian ini adalah adalah konsumen Smartphone merek Samsung di kota Mataram, dengan sampel penelitian <br>sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode <br>purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan <br>program SPSS 16. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Digital Marketing berpengaruh positif signifikan terhadap <br>Keputusan Pembelian dengan signifikan t lebih kecil dari t tabel sebesar 0,021 &lt; 0,05 dan t hitung &gt; t tabel (2,353 &gt; <br>1,654) (2) Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan signifikan t lebih <br>kecil dari t tabel sebesar 0,000 &lt; 0,05 dan t hitung &gt; t tabel (6,486 &gt; 1,654). (3) Kualitas Produk berpengaruh positif <br>dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan signifikan t lebih kecil dari t tabel sebesar 0,000 &lt; 0,05 dan t <br>hitung &gt; t tabel (10,851 &gt; 1,654).<br>Kata kunci: Digital Marketing, Citra Merek, Kualitas Produk dan Keputusan Pemebelian.</p> <p>&nbsp;</p> <p>ABSTRACT<br>The purpose of this study was to analyze the influence of Digital Marketing, Brand Image and Product Quality on <br>Purchase Decisions for Samsung Brand Smartphones in Mataram city. The type of research used is a quantitative <br>research approach. The data collection method used is a survey method using data collected from respondents using <br>a questionnaire via Google Form. The population of this research is Samsung brand Smartphone consumers in <br>Mataram City, with a research sample of 100 respondents. Sampling used a nonprobability sampling technique with <br>a purposive sampling method. The analytical tool used is multiple linear regression analysis using the SPSS 16 <br>program. he results of the analysis show that: (1) Digital Marketing has a significant positive effect on Purchasing <br>Decisions with a significant t smaller than the t table of 0.021 &lt; 0.05 and t count &gt; t table (2.353 &gt; 1.654) (2) Brand <br>Image has a positive and significant effect on purchasing decisions with t significantly smaller than t table of 0.000 <br>&lt; 0.05 and t count &gt; t table (6.486 &gt; 1.654). (3) Product quality has a positive and significant effect on purchasing <br>decisions with t significantly smaller than t table of 0.000 &lt; 0.05 and t count &gt; t table (10.851 &gt; 1.654).<br>Keywords: Digital Marketing, Brand Image, Product Quality and Purchasing Decisions</p> Aenuddin Jaelani, weni retnowati Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pemasaran https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4785 Fri, 31 May 2024 01:18:47 +0000 JRP VOL.3 NO.1 MARET 2024 PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO TABAC STORE MATARAM https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4786 <p>ABSTRACT<br>The purpose of this study is to analyze the influence of product quality and price on purchasing decisions at Toko <br>Tabacstore Mataram. The type of research used is associative, with the respondents being 100 consumers of Toko <br>Tabacstore Mataram. Data collection was carried out using a Likert scale, and hypothesis testing was conducted <br>using multiple linear regression. The results of this study indicate that the Product Quality variable (X1) affects <br>the Purchase Decision (Y). Price (X2) affects the Purchase Decision, and both Product Quality and Price influence <br>the Purchase Decision (Y) at Toko Tabacstore Mataram</p> <p>&nbsp;</p> <p>ABSTRAK<br>Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dari kualitas produk dan harga terhadap keputusan <br>pembelian pada Toko Tabacstore Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan responden <br>pada penelitian ini adalah konsumen Toko Tabacstore Mataram sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dilakukan <br>dengan menggunakan Linkert dan pengujian hipotesis menggunakan resresi linier berganda. Hasil penelitian ini <br>menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk (X1) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y). Harga (X2) <br>berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, da</p> magdalena rakvelianti dopo, junaidi sagir Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pemasaran https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4786 Fri, 31 May 2024 01:20:09 +0000 JRP VOL.3 NO.1 MARET 2024 PENGARUH lPRICE lDISCOUNT lDAN lIN-STORE lDISPLAY lTERHADAP lIMPULSE lBUYING lDI lNIAGA lSUPERMARKET lSRIWIJAYA https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4787 <p>ABSTRAK<br>Penelitian lini lbertujuan luntuk lmengetahui lPengaruh lPrice lDiscount ldan lIn1Store<br>lDisplay lTerhadap lImpulse lBuying ldi lNiaga lSupermarket lSriwijaya. lJenis lpenelitian<br>lyang ldigunakan ladalah lpenelitian lasosiatif lkausal ldengan lpendekatan lkuantitatif.<br>lPopulasi ldalam lpenelitian lini ladalah lseluruh lkaryawan lNiaga lSupermarket lSriwijaya.<br>lJumlah lsampel lyang ldigunakan ldalam lpenelitian lini ladalah l75 lorang ldengan<br>lmenggunakan lmetode lsurvey ldengan lteknik lPropotional lRandom lSampling. lTeknik<br>lpengumpulan ldata lyang ldigunakan ladalah lwawancara, ldokumentasi ldan lmenyebarkan<br>lkuesioner lyang lberisi lpertanyaan ltentang lPrice lDiscount, lIn-Store lDisplay, ldan lImpulse<br>lBuying. lAlat lanalisis lyang ldigunakan ladalah lAnalisis lRegresi lLinier lBerganda ldengan<br>lmenggunakan lprogram lSPSS l27 lfor lWindows. lHasil lanalisis ldata lmenunjukkan lbahwa;<br>l(1) lPrice lDiscount lberpengaruh lpositif lsignifikan lTerhadap lImpulse lBuying l(2) lInStore lDisplay lberpengaruh lpositif lsignifikan lTerhadap lImpulse lBuying.</p> <p>&nbsp;</p> <p>ABSTRACT<br>This lstudy laims lto ldetermine lthe lEffect lof lPrice lDiscount land lIn-Store lDisplay lon<br>lImpulse lBuying lin lSriwijaya lSupermarket lNiaga. lThe ltype lof lresearch lused lis lcausal<br>lassociative lresearch lwith la lquantitative lapproach. lThe lpopulation lin lthis lstudy lis lall<br>lemployees lof lNiaga lSupermarket lSriwijaya. lThe lnumber lof lsamples lused lin lthis lstudy<br>lwas l75 lpeople lusing lthe lsurvey lmethod lwith lthe lPropotional lRandom lSampling<br>ltechnique. lThe ldata lcollection ltechniques lused lwere linterviews, ldocumentation land<br>ldistributing lquestionnaires lcontaining lquestions labout lPrice lDiscount, lIn-Store lDisplay,<br>land lImpulse lBuying. lThe lanalysis ltool lused lis lMultiple lLinear lRegression lAnalysis<br>lusing lthe lSPSS l27 lfor lWindows lprogram. lThe lresults lof lthe ldata lanalysis lshowed<br>lthat; l(1) lPrice lDiscount lhas la lsignificant lpositive leffect lon limpulse lbuying l(2) lInStore lDisplay lhas la lsignificant lpositive leffect lon limpulse lbuying.</p> muhammad pahrul rizal, rahman dayani, muhammad ilhamudin Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pemasaran https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4787 Fri, 31 May 2024 01:21:58 +0000 JRP VOL.3 NO.1 MARET 2024 DINAMIKA INOVASI PADA KLASTER PARIWISATA MANDALIKA UNTUK MENDUKUNG PARIWISATA BERKELANJUTAN https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/3825 <p>Pariwisata merupakan industri yang dapat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi negara. Pariwisata di Pulau Lombok sendiri pertama kali dimulai pada tahun 1970-an yang diawali dengan fenomena tiga gili. Perkembangan pariwisata di Lombok pada tahun 1975 mulai terlihat dengan dibangunnya berbagai macam fasilitas pelayanan publik seperti penyediaan akomodasi perhotelan, villa, dan restoran untuk mendukung kegiatan pariwisata. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika merupakan salah satu dari 10 Bali baru yang merupakan program pemerintah untuk mengenalkan pariwisata indonesia kepada dunia. Pelayanan publik di kawasan Mandalika memiliki inovasi yang cukup beragam dimana terdapat unsur budaya pada beberapa fasilitas pelayanan publiknya. Pariwisata pada kawasan Mandalika dinilai dapat mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan melalui inovasi-inovasi pelayanan publik yang ada saat ini dan yang akan datang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana inovasi pelayanan publik pada klaster pariwisata Mandalika dapat menciptakan pariwisata yang berkelanjutan.</p> <p>Pendekatan penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat dua jenis inovasi pelayanan publik yang ada di kawasan pariwisata Mandalika yaitu inovasi pelayanan jasa dan juga fasilitas pelayanan publik. Kendala yang ditemukan adalah kurangnya anggaran dalam proses pengembangan pariwisata di Mandalika sehingga menghambat terciptanya inovasi.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Inovasi, Pelayanan Publik, Klaster Pariwisata, Pariwisata Berkelanjutan</p> <p>&nbsp;</p> <p>ABSTRACT<br>Tourism is an industry that can accelerate countries' economic growth rates. The toursm in Lombok first <br>began in the 1970's that began with the phenomenon of three Gili. Tourism developments in lombok in 1975 <br>became visible with the construction of various public services facilities such as providing hospitality to hotels, <br>villas, and restaurants to support tourism activities. The region's special economy Mandalika was one of the 10 <br>new Bali that was a government program to introduce Indonesian tourism to the world. Public services in the <br>Mandalika had quite a variety of innovations where there were cultural elements in some of its public service <br>facilities. Tourism in the Mandalika is judged to achieve sustainable tourism through current and future publicservice innovations. The purpose of this study was to understand how the innovation in public service at the <br>Mandalika could create sustainable tourism.<br>This research approach is a qualitative method with a descriptive type of research. The result that there <br>are two types of public service innovation in Mandalika service innovation as well as public service facilities. The <br>problem was the lack of budget for the development of tourism in mandalika that impeded innovation.<br>Keywords: Innovation, Public Service, Tourism Cluster, Sustainable Tourism</p> Syifa Shaunil Wafa, lalu muhammad furkan, hilmiati hilmiati Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pemasaran https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/3825 Fri, 31 May 2024 01:23:31 +0000 JRP VOL.3 NO.1 MARET 2024 PENGARUH PERSAINGAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MI INSTAN MEREK SUPERMI PT INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK DI KOTA MATARAM https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4788 <p>ABSTRAK<br>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persaingan dan promosi terhadap keputusan <br>pembelian mie instan merk Supermi PT. Indofood Cbp Sukses Makmur Tbk di Kota Mataram. Populasi <br>dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli produk Supermi di Kota Mataram. Jumlah <br>sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan <br>nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah Regresi <br>Linear Berganda untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data yang telah memenuhi uji instrumen <br>penelitian dan uji asumsi klasik kemudian diolah untuk mendapatkan persamaan regresi. Teknik analisis <br>data menggunakan program SPSS Versi 25. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa Persaingan <br>(X) dan Promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada mie instan merek <br>Supermi PT. Indofood@ Cbp Sukses Makmur Tbk di Kota Mataram. Hasil penelitian ini mengindikasikan <br>bahwa persaingan dan promosi yang dilakukan oleh Supermi dapat mempengaruhi konsumen di Kota <br>Mataram untuk Melakukan Keputusan pembelian.<br>Kata Kunci: Persaingan, Promosi, Keputusan Pembelian<br>ABSTRACT<br>This study aims to examine the influence of competition and promotion on the purchase decision <br>of instant noodles brand Supermi PT. Indofood Cbp Sukses Makmur Tbk in Mataram City. The population <br>in this study is all consumers who buy Supermi products in Mataram City. The number of samples in this <br>study amounted to 100 respondents with sampling techniques using non-probability sampling with the <br>Accidental sampling method. The data analysis used was Multiple Linear Regression to prove the research <br>hypothesis. Data that have met the test of research instruments and classical assumption tests are then <br>processed to obtain regression equations. Data analysis technique using SPSS program Version 25. Based <br>on the results of data analysis, it was obtained that Competition (X) and Promotion (X2) had a significant <br>effect on Purchase Decisions (Y) in Supermi brand instant noodles PT. Indofood Cbp Sukses Makmur Tbk <br>in Mataram City. The results of this study indicate that competition and promotion carried out by Supermi <br>can influence consumers in Mataram City to make purchasing decisions.<br>Keyword: competition, promotion, buying decision</p> lalu ade irawan, rusminah hs Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pemasaran https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4788 Fri, 31 May 2024 01:26:25 +0000 JRP VOL.3 NO.1 MARET 2024 PENGARUH KEPERCAYAAN, PROMOSI DAN USABILITY VALUE TERHADAP MINAT BELI PRODUK BLACK GARLIC KHAS SEMBALUN PADA PUSAT OLEH-OLEH MALSYE https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4789 <p>ABSTRAK <br>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, promosi dan usability value<br>terhadap minat beli produk black garlic khas sembalun pada pusat oleh oleh Malsye. Metode <br>penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan <br>asosiatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan observasi. Hasil <br>pengolahan data menunjukkan bahwa rata-rata nilai kepercayaan dari analisis deskriptif sebesar <br>4,18, hasil ststistik uji-t untuk variabel kepercayaan, diperoleh nilai t hitung sebesar 2,550 dengan <br>tingkat signifikansi 0,013 dan nilai regresi bernilai positif sebesar 0,138. Promosi memiliki rata-rata <br>nilai sebesar 4,19 dan berada pada kategori Baik. Berdasarkan hasil statistik uji t untuk variabel <br>Promosi, diperoleh nilai t hitung sebesar 2,644 dengan tingkat signifikansi 0,010 dan nilai regresi <br>bernilai positif sebesar 0,051. Dikarenakan nilai sig &lt; 0,05. hasil statistik uji t untuk variabel <br>Usability Value, diperoleh nilai t hitung sebesar 6,588 dengan tingkat signifikansi 0,000 dan nilai <br>regresi bernilai positif sebesar 0,322. Dikarenakan nilai sig &lt; 0,05.sehingga Hasil penelitian <br>menunjukkan bahwa kepercayaan, promosi dan Usability Value berpengaruh positif dan signifikan<br>terhadap Minat Beli di Pusat Oleh-Oleh Malsye<br>Kata Kunci : Kepercayaan, Promosi, Usability Value, Black Garlic<br>ABSTRACT <br>The objective of this study is to examine the impact of trust, promotion, and usability value on the <br>purchase interest of Sembalun’s unique black garlic products at Malsye’s Souvenir Center. The <br>research employed a quantitative approach with an associative method, utilizing data collection <br>through interviews and observations. Data processing results reveal that trust, promotion, and <br>usability value have a positive and significant influence on purchase interest at Malsye’s. The <br>average trust value, as per descriptive analysis, is 4.18. The t-test statistic for the trust variable <br>yields a t-value of 2.550 with a significance level of 0.013, and the regression value is positively <br>0.138. Promotion, with an average value of 4.19, falls into the ‘Good’ category. The t-test for the <br>Promotion variable produces a t-value of 2.644 with a significance level of 0.010, and the regression <br>value is positively 0.051. Since the significance value is less than 0.05, the t-test for the Usability <br>Value variable shows a t-value of 6.588 with a significance level of 0.000, and the regression value <br>is positively 0.322. As the significance value is less than 0.05, the research findings indicate that <br>trust, promotion, and usability value exert a positive and significant impact on purchase interest at <br>Malsye’s Souvenir Center.<br>Keywords: Trust, Promotion, Usability Value, Black Garlic</p> abdul syukur, Baiq Handayani Rinuastuti , lalu edy herman mulyono Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pemasaran https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4789 Fri, 31 May 2024 01:28:42 +0000 JRP VOL.3 NO.1 MARET 2024 PENGARUH PERSONAL BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MEDIASI ONLINE CUSTOMER REVIEW (Study Terhadap Produk MOP BEAUTY Tasya Farasya Di Kota Mataram) https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4790 <p>ABSTRAK<br>Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh Personal Branding terhadap Keputusan Pembelian <br>dengan mediasi online customer review (study terhadap produk MOP Beauty Tasya Frasya di kota Mataram) <br>, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan <br>kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli dan menggunakan produk <br>MOP beauty dan sampel dalam penelitian ini 80 responden, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam <br>penelitian ini menggunakan kuisioner yang di uji Validitas dan Reliabilitas. Teknik analisis data penelitian ini <br>menggunakan uji Path (analisis Jalur), Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji f) dan Koefisien <br>Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program Software SPSS (Statistic Package <br>For the Social Sciences) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial personal branding <br>memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian MOP Beauty Tasya Farasya di kota Mataram, <br>secara parsial online customer review memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian MOP <br>Beauty Tasya Farasya di Kota Mataram, secara simultan personal branding dan Online Customer Review<br>memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (study terhadap produk MOP Beauty Tasya <br>Farasya di kota Mataram), secara parsial personal branding tidak berpengaruh signifikan terhadap online <br>customer review.<br>Kata Kunci : Personal Branding, Keputusan Pembelian dan Online Customer Review<br>ABSTRACT<br>This study is intended to determine the effect of Personal Branding on Purchasing Decisions with mediation <br>of online customer reviews (study of products MOP Beauty Tasya Frasya in Mataram city), the method used <br>in this research is associative methods with a quantitative approach. the population in this study were all <br>consumers who bought and used MOP beauty products and the sample in this study were 80 respondents, The <br>data collection technique used in this study is a questionnaire which was tested for Validity and Reliability. <br>The data analysis technique of this study uses the Path test (Path analysis), Classical Assumption Test, <br>Hypothesis Test (Test t and Test f) and the Coefficient of Determination. The results of this study indicate that <br>partially personal branding has a significant influence on the Purchasing Decision of MOP Beauty Tasya <br>Farasya in Mataram city, partially online customer review has a significant influence on the Purchasing <br>Decision of MOP Beauty Tasya Farasya in the city of Mataram, simultaneously personal branding and Online <br>Customer Review have a significant influence on the Purchase Decision (the study of products MOP Beauty <br>Tasya Farasya in the city of Mataram), partially personal branding has no significant effect on online customer<br>review.<br>Keywords: Personal Branding, Purchasing Decision, online customer review.</p> Khairunnisa, muhammad ilhamudin, rahman dayani Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pemasaran https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4790 Fri, 31 May 2024 01:30:12 +0000 JRP VOL.3 NO.1 MARET 2024 PENGARUHGAYA HIDUP, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEPERCAYAANTERHADAPKEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI APLIKASI SHOPEE(STUDI PADA MAHASISWA FEB UNIVERSITAS MATARAM) https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4791 <p>ABSTRAK<br>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Hidup (X1), Kemudahan <br>Penggunaan (X2), dan Kepercayaan (X3) Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi <br>Shopee. Responden pada penelitian ini berjumlah 100 orang konsumen. Jenis penelitian yang <br>digunakan adalah penelitian asosiatif. Metode pengumpulan data menggunakan survey melalui <br>kuesioner. Teknis analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini <br>menunjukkan bahwa : (1) Gaya Hidup berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan <br>Pembelianpada Aplikasi Shopee. (2) Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif signifikan <br>terhadap Keputusan Pembelianpada Aplikasi Shopee. (3) Kepercayaan berpengaruh positif <br>signifikan terhadap Keputusan Pembelianpada Aplikasi Shopee.<br>Kata Kunci : Gaya Hidup, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Keputusan <br>Pembelian<br>ABSTRACT<br>This study aims to determine the effect of lifestyle (X1), ease of use (X2), and trust (X3) <br>on purchasing decisions on the Shopee application. Respondents in this study amounted to 100 <br>consumers. The type of research used is associative research. The data collection method uses <br>a survey through a questionnaire. The analysis technique used is Multiple Linear Regression. <br>The results of this study indicate that: (1) Lifestyle has a significant positive effect on Purchase <br>Decisions on the Shopee Application. (2) Ease of Use has a significant positive effect on <br>Purchase Decisions on the Shopee Application. (3) Trust has a significant positive effect on <br>Purchase Decisions on the Shopee Application<br>Keywords: Lifestyle, Ease of Use, Trust, and Purchase Decision</p> renanda dwi zahara, Handry Sudiartha athar Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pemasaran https://journal.unram.ac.id/index.php/jrp/article/view/4791 Fri, 31 May 2024 01:31:29 +0000