Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Comic AI Sebagai Media Kreatif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 3 Lembar Selatan

Developing Comic AI-Based Teaching Materials as a Creative Medium for Learning at SDN 3 Lembar Selatan Primary School

Penulis

Baiq Yuni Wahyuningsih , Ida Ermiana , Fitri Puji Astria , Vivi Rachmatul Hidayati , Ni Made Yeni Suranti , Wahyu Febian

DOI:

10.29303/darmadiksani.v5i2.8133

Diterbitkan:

2025-09-15

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2025): Edisi Juli-September

Kata Kunci:

Bahan Ajar, Comic AI, Interaktif, Media Kreatif

Articles

Cara Mengutip

Wahyuningsih, B. Y., Ermiana, I., Astria, F. P., Hidayati, V. R., Suranti , N. M. Y., & Febian, W. (2025). Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Comic AI Sebagai Media Kreatif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 3 Lembar Selatan: Developing Comic AI-Based Teaching Materials as a Creative Medium for Learning at SDN 3 Lembar Selatan Primary School. DARMADIKSANI, 5(2), 128–140. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v5i2.8133

Abstrak

SDN 3 Lembar Selatan terletak di kecamatan Lembar, kabupaten Lombok Barat, NTB, dengan jumlah siswa yang sebagian besar berasal dari latar belakang ekonomi menengah ke bawah. Lokasi ini berada di wilayah dengan potensi geografis dan sumber daya lokal yang mendukung pengembangan pendidikan, namun memiliki keterbatasan dalam akses terhadap teknologi dan inovasi pembelajaran modern. Tenaga pendidik di sekolah ini sebagian besar masih membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dengan cara membekali guru dengan kemampuan menyusun bahan ajar interaktif berbasis Comic AI (Artificial Intelegence), sehingga mereka dapat menciptakan media pembelajaran yang menarik dan relevan. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian dilakukan dalam 3 tahapan: sosialisai, pelatihan dan evaluasi. Respons guru terhadap kegiatan ini  sangat positif. Berdasarkan hasil survei kepuasan guru diperoleh data 85% sangat puas, 15% puas, dan tidak ada yang menyatakan kurang puas. Secara umum, hasil post-test menunjukkan tingkat keberhasilan yang tinggi, dengan mayoritas peserta mampu menjawab benar di hampir semua item pertanyaan. Rata-rata persentase jawaban benar mencapai 92,7%, yang menandakan bahwa workshop telah berhasil meningkatkan pemahaman guru tentang konsep, manfaat, dan penerapan Comic AI dalam pembelajaran. Namun demikian, terdapat beberapa aspek yang masih perlu diperkuat, khususnya pemahaman mengenai teknologi dasar Comic AI serta fungsi aplikasi pendukung seperti Canva.

Biografi Penulis

Baiq Yuni Wahyuningsih, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Ida Ermiana, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Fitri Puji Astria, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Vivi Rachmatul Hidayati, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Ni Made Yeni Suranti , Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Wahyu Febian, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.